Sabtu, 19 Oktober 2019

16 aspek penilaian dalam soal TKP CPNS - bagian tiga

Soal TKP CPNS HOTS - pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang aspek-aspek penilaian TKP CPNS yang meliputi: jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi serta kreativitas dan inovasi. Adapun pada pembahasan kali ini, kita akan membahas aspek-aspek penilai TKP CPNS yang meliputi: orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi dan kemampuan mengendalikan diri.

Soal Latihan HOTS TKP CPNS
9. Orientasi pada pelayanan
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai tingkat kepedulian peserta dalam menciptakan produk layanan (barang atau jasa)  yang berkualitas dan memuaskan. Ciri-ciri dari soal TKP yang bertujuan menilai aspek ini, yaitu :
- Permasalahan dalam soal biasanya berkaitan dengan faktor-faktor penghambat dalam menciptakan produk layanan yang berkualitas dan memuaskan.
- Pilihan jawaban berisi tentang berbagai tindakan yang dapat dilakukan dalam rangka menangani faktor penghambat tersebut.
- Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang rasional dan etis dalam menangani faktor penghambat tersebut.     

Contoh soal HOTS TKP orientasi pada pelayanan:
Anda adalah seorang pemimpin disebuah perusahaan kerajinan dan cendera mata yang memberdayakan masyarakat sekitar sebagai pekerja. Suatu hari, salah seorang masyarakat sekitar yang difabel ingin melamar pekerjaan di tempat Anda. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Menerimanya bekerja agar dipandang baik oleh masyarakat sekitar.
b. Menerimanya jika dia memiliki keahlian seperti yang dibutuhkan.
c. Menerimanya bekerja karena kasihan.
d. Menolaknya dan memilih masyarakat normal.
e. Menolaknya bekerja karena dia tidak bisa bekerja normal


Pembahasan Jawaban
Berdasarkan uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai seorang pemimpin perusahaan kerajinan dan cendera mata. Sebagai seorang pemimpin perusahaan, tentunya Anda menginginkan produk kerajinan dan cendera mata yang Anda jual dibeli oleh banyak orang.

Salah satu kriteria produk yang banyak dibeli oleh orang adalah produk yang berkualitas. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, maka pekerja yang membuat produk tersebut harus memiliki keahlian yang baik.

Adapun permasalahannya, ada seorang difabel ingin melamar pekerjaan di tempat Anda. Apa yang seharusnya Anda lakukan?

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pertimbangan Anda dalam menerima orang difabel tersebut, hanya ingin dipandang baik oleh masyarakat sekitar, tanpa mempertimbangkan keahlian yang dimilikinya. Apabila hal tersebut dilakukan, maka dikhawatirkan akan terjadi penurunan kualitas produk yang perusahaan Anda jual.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena pertimbangan Anda dalam menerima orang difabel tersebut dengan melihat keahlian yang dimiliki, sehingga meskipun orang tersebut difabel, jika memiliki keahlian yang baik sesuai dibutuhkan, maka produk yang dihasilkan akan baik pula.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pertimbangan Anda untuk menerima orang difabel tersebut, hanya karena kasihan tanpa mempertimbangkan keahlian yang dimilikinya. Apabila hal tersebut dilakukan, maka dikhawatirkan akan terjadi penurunan kualitas produk yang perusahaan Anda jual.

Pilihan jawaban d dan pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda langsung menolak orang difabel tersebut tanpa memperhatikan keahlian yang dimilikinya, karena bisa saja meskipun difabel, dia memiliki keahlian sesuai yang dibutuhkan perusahaan Anda. 

Jawaban b

10. Orientasi kepada orang lain
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri dalam batas-batas yang wajar dan masuk akal. Ciri-ciri soal TKP yang menilai aspek ini, yaitu :
- Permasalahan yang terdapat dalam soal biasanya berkaitan dengan apakah peserta bersedia untuk memberikan sumber daya (waktu, tenaga, pikiran) atau fasilitas demi kepentingan orang lain.
- Pilihan Jawaban berkaitan dengan berbagai tindakan untuk memberikan sumber daya atau fasilitas tersebut kepada orang lain.
- Cara memilih jawaban yang tepat, yaitu utamakan kepentingan orang lain dalam batas-batas yang wajar dan masuk akal. 

Contoh soal HOTS TKP orientasi kepada orang lain:
Anda sedang duduk di kereta api ekonomi yang sangat sesak serta banyak orang berdiri dalam gerbong tersebut. Tiba-tiba ada seorang nenek yang masuk dan berdiri karena tempat duduk sudah penuh. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Menawarkan kursi yang kamu duduki untuk ditempati nenek tersebut
b. Menanyakan kepada nenek tersebut apakah mau duduk ditempat duduk Anda.
c. Membantu mencarikan tempat duduk untuk nenek tersebut.
d. Berdiri dan memanggil nenek tersebut untuk duduk ditempat Anda
e. Berdiri dan menuntun nenek tersebut untuk duduk ditempat Anda

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan uraian soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai seorang penumpang kereta api ekonomi yang beruntung karena memiliki tempat duduk di saat orang lain berdiri sesak dalam gerbong.

Namun, pada saat itu Anda melihat seorang nenek tua yang tidak mendapatkan tempat duduk di kereta api ekonomi karena tempat duduknya telah telah terisi penuh. Apa yang akan Anda lakukan dalam keadaan tersebut?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda memiliki kepedulian terhadap nenek tua dengan menawarkan kursi yang sedang Anda duduki untuk digunakan oleh nenek tua tersebut.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda cenderung ragu-ragu dalam membantu orang lain. Dalam kondisi penuh dan sesak sebagaimana dijelaskan pada soal, akan lebih baik jika Anda memberikan tempat duduk tersebut kepada nenek tua, tanpa bertanya terlebih dahulu apakah dia mau duduk ditempat duduk Anda atau tidak.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena dalam soal dijelaskan tempat duduk telah penuh, sehingga mencarikan tempat duduk untuk nenek tua tersebut tidak sesuai dengan konteks soal.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda memiliki kepedulian terhadap nenek tua dengan berdiri dan memanggilnya untuk duduk di tempat Anda.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda memiliki kepedulian terhadap nenek tua tersebut dengan berdiri dan menuntunnya untuk duduk di tempat Anda.

Berdasarkan uraian tersebut, terdapat tiga pilihan jawaban yang tepat. Adapun diantara tiga pilihan jawaban tersebut yang paling tepat adalah pilihan jawaban e. Alasannya, karena pada pilihan jawaban e Anda tidak hanya menawarkan tempat duduk, tetapi menunjukkan kepedulian Anda lebih besar dibandingkan pilihan jawaban lainnya, dengan menuntun nenek tersebut untuk duduk di tempat Anda.

Apabila Anda berpikir, bagaimana apabila saat menuntun dan menghampiri nenek tua ada orang yang tiba-tiba merebut tempat duduk Anda. Hal tersebut mungkin saja terjadi, namun bila melihat konteks soal yang mana keadaan sesak penuh, maka orang yang tiba-tiba merebut tempat duduk Anda akan dimarahi oleh orang lain dan Anda pun dapat menasihatinya karena telah merebut tempat duduk yang akan diberikan pada nenek tua.

Jawaban e

11. Kemampuan beradaptasi
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam merespon situasi, kondisi, lingkungan, atau hal-hal lainnya yang bersifat baru. Ciri-ciri soal TKP yang bertujuan menilai aspek ini, yaitu:
- Permasalahan dalam soal biasanya berkaitan dengan situasi, kondisi, lingkungan atau hal-hal lainnya yang bersifat baru yang harus dihadapi oleh peserta.
- Pilihan jawaban berisi tentang berbagai respon dalam menghadapi situasi, kondisi, lingkungan atau hal-hal lainnya yang bersifat baru tersebut.
- Cara memilih jawaban yang tepat utamakan respon yang menunjukkan sikap yang mudah menyesuaikan terhadap situasi, kondisi, lingkungan atau hal-hal lainnya yang bersifat baru tersebut apabila hal baru merupakan sesuatu yang positif/membawa kebaikan. 

Contoh soal HOTS TKP kemampuan beradaptasi:
Anda diterima bekerja pada sebuah perusahaan di daerah pinggiran kota. Kemudian, Anda memutuskan untuk mencari kontrakan disekitar lokasi perusahaan. Karena Anda sebelumnya terbiasa hidup di daerah perkotaan, tinggal disana membuat Anda kurang nyaman seperti jauhnya mini market dari kontrakan dan jarangnya tempat rekreasi untuk melepas penat pada saat libur kerja. Namun disisi lain, dekatnya kontrakan ke tempat kerja membuat Anda datang tepat waktu untuk bekerja. Bagaimana sikap Anda dalam menghadapi hal ini?
a. menerima keadaan ini sebagai resiko dan berusaha untuk merasa nyaman tinggal di daerah pinggiran kota.
b. mencari kontrakan lain yang lebih nyaman walaupun jauh dari lokasi tempat Anda bekerja.
c. mencoba bertahan semampunya untuk tetap tinggal di pinggiran kota karena akan membuat Anda lebih dekat ketempat kerja.
d. mencari cara agar dapat menikmati kehidupan di daerah pinggiran kota yang lokasinya dekat ketempat Anda bekerja.
e. Segera resign dan mencari pekerjaan lain yang ada di daerah perkotaan.

Pembahasan Jawaban 
Berdasarkan uraian soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai seorang pekerja yang baru diterima pada sebuah perusahaan yang terletak di daerah pinggiran kota. Situasi dan kondisi di daerah pinggiran kota, membuat Anda harus membuat keputusan, antara memilih untuk mengontrak di daerah tersebut dengan resiko jauh dari mini market dan jauh dari fasilitas lainnya yang biasa Anda dapatkan apabila tinggal didaerah perkotaan, namun dengan keuntungan Anda bisa tepat waktu datang ke tempat kerja, atau membuat keputusan lainnya dengan resiko tempat kerja yang jauh dan kemungkinan keterlambatan ke tempat kerja?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban tersebut menunjukkan bahwa Anda cenderung terpaksa menerima keadaan sebagaimana dijelaskan pada soal.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena mengontrak di daerah yang jauh dari tempat kerja bisa membuat Anda datang terlambat ke tempat kerja dan menunjukkan Anda kurang dapat beradaptasi dengan keadaan.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban tersebut menunjukkan bahwa Anda cenderung terpaksa menerima keadaan sebagaimana dijelaskan pada soal.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban tersebut menunjukkan bahwa Anda mampu beradaptasi dengan keadaan sebagaimana dijelaskan pada soal.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena menunjukkan ketidakmampuan Anda dalam beradaptasi dengan keadaan sebagaimana dijelaskan pada soal.

Jawaban d   

12. Kemampuan mengendalikan diri
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam bersikap tenang, tidak tergesa-gesa, sabar dan dewasa apabila mendapatkan hal yang kurang menyenangkan serta tidak sombong apabila mendapatkan sesuatu hal yang baik dibandingkan dengan orang lain. Ciri-ciri soal TKP ini, yaitu:
- Permasalahan dalam soal biasanya berkaitan dengan berbagai keadaan yang bersifat menyenangkan atau tidak menyenangkan yang harus dihadapi.
-  Pilihan jawaban berisi tentang berbagai respon dalam menghadapi suatu keadaan yang menyenangkan atau tidak menyenangkan.
- Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang mencerminkan sikap tenang, tidak tergesa-gesa, sabar dan dewasa apabila mendapatkan hal yang kurang menyenangkan serta tidak sombong apabila mendapatkan sesuatu hal yang baik dibandingkan dengan orang lain.

Contoh soal HOTS TKP kemampuan mengendalikan diri:
Anda adalah seorang pegawai yang sedang ditugaskan untuk dinas luar ke sebuah daerah dengan menggunakan pesawat terbang. Pada saat Anda sudah tiba ditempat tujuan, Anda hendak mengambil barang ditempat penitipan dan ternyata koper yang berisi barang bawaan Anda hilang. Bagaimana sikap Anda?
a. Marah dan meminta pertanggungjawaban kepada pihak maskapai penerbangan bahwa barang bawaan Anda hilang.
b. Sedih dan menanyakan kenapa barang bawaan Anda hilang.
c. melapor kepada petugas yang berwenang menangani kehilangan barang.
d. melapor kepada polisi dan menuntut kerugian atas kelalaian pihak maskapai penerbangan.
e. Tidak akan menggunakan maskapai penerbangan yang sama pada perjalan dinas berikutnya.

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan uraian yang terdapat dalam soal tersebut, permasalahan yang terjadi yaitu Anda kehilangan koper pada saat hendak mengambilnya ditempat penitipan barang. Bagaimana sikap Anda sebaiknya ketika mengalami kejadian tersebut?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, meskipun marah adalah sesuatu yang wajar, namun pada situasi seperti ini akan lebih bijaksana bila Anda bisa menahan diri dan tidak membuat keadaan menjadi lebih buruk serta memilih alternatif tindakan lainnya yang lebih baik.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban tersebut menunjukkan Anda kurang aktif dan tidak terlihat pasrah karena hanya menanyakan mengapa barang Anda hilang?

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda melakukan tindakan yang logis, tidak terburu-buru serta sesuai prosedur. Apabila barang bawaan Anda hilang, maka laporkanlah kepada petugas yang berwenang menangani kehilangan barang.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda terlalu terburu-buru dalam bertindak. Apabila kita mengalami kehilangan barang bawaan, ada prosedur yang dapat ditempuh sebelum melaporkan kepada polisi dan menuntut kerugian.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena terlalu berlebihan dan kurang mampu melakukan pengendalian diri.

Jawaban c

Demikian pembahasan mengenai aspek-aspek penilaian dalam TKP CPNS 2018, semoga bermanfaat. Bila ada kekeliruan, pertanyaan dan saran mohon agar disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

8 komentar:

  1. sangat membantu sekali,
    saya mohon bantuannya untuk melengkapi lagi 4 komponen lagi agar lengkap menjadi 16
    sehingga saya dapat belajar lagi
    terima kasih,
    semoga admin selalu dalam lindungan Tuhan YME

    BalasHapus
  2. aamiin yaa robbal alaamiin, iya mas terima kasih banyak doanya,
    Insya Allah untuk aspek penilaian TKP bagian empat akan diposting secepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat membantu.
      Namun Poin 9-12 tidak ada pembahasannya. Mohon dilengkapi pembahasan seperti poin yang lain. Terima kasih

      Hapus
    2. Iya siap mba, pembahasan jawaban untuk poin 9-12 akan diupdate secepatnya,
      terima kasih

      Hapus
  3. Terimakasih, sangat membantu... semoga berkah

    BalasHapus
  4. iya siap mas faisal
    alhamdulillah, sama-sama terimakasih

    BalasHapus
  5. Trmksh.. Ini sgt mmbntu saya dlm mgrjakn soal TKP.. sblmnya pda tahun 2018 sya jg kena di nilai TKP kurang 3 point utk mmnhi PS,pdhal sya sdah sgt ykin dg jwbn sya.. Trnyta ad cr utk mnjwbnya.. Trmaksh bnyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya siap mas/mba, alhamdulillah apabila artikel ini bermanfaat
      semoga lulus tes CPNS, terima kasih

      Hapus