Jumat, 16 Agustus 2019

16 aspek penilaian dalam soal TKP CPNS - bagian satu

Bila kita mengamati pelaksanaan seleksi kompetensi dasar pada tes CPNS tahun 2018, soal TKP adalah salah satu penyebab utama banyak peserta gugur dalam tes tersebut. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas aspek-aspek penilaian dalam soal TKP berdasarkan Permenpan Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

Pembahasan ini dibuat sebagai bahan persiapan bagi peserta tes CPNS 2019. Adapun untuk soal TKP CPNS 2019, bisa saja aspek penilaiannya bertambah, berkurang atau berubah. Namun, melalui pembahasan ini peserta diharapkan mendapat gambaran bagaimana pelaksanaan tes pada tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2018. 
Berdasarkan Permenpan Nomor 36 Tahun 2018 tersebut, terdapat 16 aspek penilaian dalam soal TKP, yaitu :
1. Pelayanan publik
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam memberikan pelayanan publik yang optimal. Ciri-ciri soal TKP yang menilai aspek ini, yaitu :
- Subjek dalam soal (saya, Anda, seseorang) adalah petugas yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan pelayanan publik, contoh : petugas pengurusan akta kelahiran, petugas pengurusan Kartu Keluarga, petugas penjual tiket kereta api, petugas yang mengatur antrean dan customer service
- Permasalahan yang terdapat dalam soal berkaitan dengan dilema antara memilih memberikan pelayanan yang adil dan sesuai prosedur atau memilih memberikan perlakukan khusus kepada masyarakat dengan sebab-sebab tertentu.
- Pilihan Jawaban yang tersedia berkaitan dengan berbagai tindakan dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.
- Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang adil dan sesuai prosedur dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

Contoh soal TKP pelayanan publik :
Anda merupakan seorang petugas pelayanan dalam bidang pengurusan perekaman E-KTP. Suatu hari, datang nenek tua yang didampingi cucunya meminta melakukan perekaman E-KTP tanpa harus mengantri dan saat itu situasi ruang tunggu penuh dengan orang sehingga sesak dan panas. Bagaimana sikap Anda?
a. Memintanya mengambil antrian dan menunggu untuk dipanggil.
b. Meminta pertimbangan atasan Anda.
c. Memintanya memberi alasan untuk didahulukan sembari menjelaskan prosedur aturan yg berlaku.
d. Mendahulukannya karena iba dengan si nenek
e. Menyarankannya untuk pulang dan datang esok hari dengan penjelasan bahwa nenek tak perlu didampingi cucunya.


Pembahasan jawaban soal TKP pelayanan publik :
Berdasarkan soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai petugas pelayanan publik yang sedang menghadapi dilema antara memilih tetap melaksanakan pelayanan sesuai antrean atau mendahulukan pelayanan kepada nenek tua yang didampingi cucunya.

Untuk menjawab soal tersebut, pertama kita harus mengetahui bahwa seorang petugas pelayanan publik berkewajiban untuk menunjukkan perilaku yang adil dan tidak diskriminatif (sesuai Pasal 34 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik).

Kedua, meskipun nenek tua tersebut termasuk kedalam kelompok rentan lanjut usia yang menurut Undang-Undang Pelayanan Publik berhak untuk mendapatkan fasilitas dan perlakuan khusus dalam menerima pelayanan publik, tetapi bentuk fasilitas dan perlakuan khusus tersebut tidak boleh mencederai keadilan.

Ketiga, dalam soal tersebut tidak dijelaskan bahwa ada loket pelayanan khusus bagi kelompok rentan sehingga asumsinya nenek tua tersebut minta didahulukan pelayanannya di loket pelayanan E-KTP yang semua jenis masyarakat di satukan pelayanannya.

Keempat, dalam soal tersebut dijelaskan bahwa suasana di tempat pelayanan tersebut sedang penuh dan sesak karena banyak yang antre dalam pelayanan, sehingga bila nenek tua ini dikabulkan permohonannya maka akan menimbulkan ketidakadilan dalam pelayanan.

Pilihan Jawaban e bisa langsung dieliminasi karena tidak menunjukkan perilaku petugas pelayanan publik yang baik.

Pilihan jawaban a merupakan jawaban yang tepat karena menunjukan sikap adil dan tidak diskriminatif dalam melaksanakan pelayanan publik.

Pilihan jawaban b sekilas merupakan jawaban yang tepat, namun dengan meminta pertimbangan atasan, maka artinya Anda belum mengetahui bagaimana cara menangani masalah tersebut, yang kemungkinannya dapat disebabkan karena SOP belum mengatur hal dimaksud atau Anda belum membaca SOP nya sampai tuntas.

Jika masalahnya adalah belum ada SOP yang mengatur hal dimaksud, maka SOP tersebut harus segera disempurnakan karena penanganan kelompok rentan merupakan standar pelayanan yang harus diatur dalam SOP.

Kemudian, jika masalahnya karena Anda belum membaca SOP sampai tuntas, maka hal tersebut menunjukan Anda belum memiliki pengetahuan yang memadai dalam melakasanakan pelayanan publik tersebut.

Adapun berkaitan dengan konteks soal, tetap nenek tersebut tidak dapat dikabulkan permohonannya karena akan mengakibatkan ketidakjelasan dalam sistem antrean pelayanan.

Pilihan jawaban c adalah jawaban yang kurang tepat, karena pada akhirnya sama pilihan jawaban tersebut akan mengakibatkan ketidakjelasan dalam sistem antrean pelayanan.

Pilihan jawaban d merupakan jawaban yang kurang tepat, karena mendahulukan pelayanan terhadap nenek tua karena merasa iba merupakan alasan yang subjektif serta menimbulkan ketidakadilan dalam pemberian pelayanan publik.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah a. memintanya mengambil antrian dan menunggu untuk dipanggil.

2. Sosial budaya
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai sikap peserta dalam merespon keanekaragaman nilai-nilai sosial budaya. Ciri-ciri soal TKP ini, yaitu :
- Terdapat nilai-nilai sosial budaya.
- Permasalahan dalam soal berkaitan dengan dilema antara menerima atau menolak nilai-sosial budaya tersebut.
- Pilihan soal berisi tentang berbagai tindakan untuk merespon nilai-nilai sosial budaya tersebut.
- Cara memilih jawaban yang tepat utamakan menghargai keanekaragaman nilai-nilai sosial budaya tersebut. Apabila nilai-nilai sosial budaya bertentangan dengan keyakinan Anda tolak secara halus tanpa harus menyinggung perasaan orang lain.

Contoh soal TKP sosial budaya :
Anda ditugaskan oleh atasan bekerja untuk bekerja beberapa minggu di luar daerah. Setelah tiba di daerah tersebut ternyata mayoritas wanitanya berhijab, sedangkan Anda belum berhijab. Bagaimana Anda menyikapi situasi tersebut ?
a. Ikut menggunakan hijab walaupun Anda merasa risih untuk menghargai budaya tersebut.
b. Anda merasa belum pantas menggunakan hijab, sehingga lebih baik untuk menghijab hati terlebih dahulu.
c. Ikut memakai hijab dan melakukannya secara berkesinambungan
d. Ikut memakai hijab sebagai wujud penghargaan terhadap budaya daerah tersebut.
e. Tetap pada pendirian dan berpenampilan seperti biasanya.


Pembahasan jawaban soal TKP sosial budaya :
Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang berhijab. Secara umum, dapat kita katakan bahwa berhijab bagi wanita adalah sesuatu hal yang baik. Oleh sebab itu, karena berhijab merupakan sesuatu hal yang baik, maka sudah semestinya kita melaksanakannnya walaupun sebelumnya belum berhijab.

Pilihan jawaban a adalah jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda tidak secara sukarela berhijab padahal berhijab merupakan sesuatu hal yang baik.

Pilihan jawaban b adalah jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda menolak sesuatu nilai yang baik serta alasan penolakan pun kurang masuk akal.

Pilihan jawaban c adalah jawaban yang tepat. Alasannya karena Anda menerima secara sukarela berhijab dan bahkan melakukannya secara berkesinambungan.

Pilihan jawaban d merupakan jawaban yang tepat. Alasannya karena Anda melakukan sesuatu hal yang baik serta menghargai terhadap budaya daerah tersebut.

Pilihan jawaban e kurang tepat. Alasannya, karena kurang membuka diri terhadap nilai-nilai yang secara umum dipandang baik.

Berdasarkan jawaban tersebut, terdapat  dua pilihan jawaban yang tepat, yaitu pilihan jawaban c dan pilihan jawaban d. Adapun diantara dua pilihan jawaban tersebut, pilihan jawaban d lebih sesuai dan logis dengan situasi dan kondisi subjek pada soal.

Alasannya, karena dalam soal dijelaskan bahwa subjek dalam soal sebelumnya tidak menggunakan hijab, namun karena ditugaskan bekerja di daerah yang mayoritas wanitanya berhijab, maka subjek ikut memakai hijab sebagai wujud penghargaan terhadap budaya daerah tersebut. 

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah d. ikut memakai hijab sebagai wujud penghargaan terhadap budaya daerah tersebut.

3. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai pengetahuan dasar, pemanfaatan, dampak positif serta dampak negatif berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Ciri-ciri dari soal TKP ini, yaitu :
- Terdapat unsur yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi.
- Permasalahan dalam soal berkaitan dengan keputusan terbaik yang harus diambil berlandaskan pengetahuan dasar tentang aspek teknologi informasi dan komunikasi serta pertimbangan dampak positif dan negatifnya.
- Pilihan jawaban berisi tentang berbagai tindakan dalam merespon permasalahan dalam aspek teknologi informasi dan komunikasi.
- Cara memilih jawaban yang tepat, utamakan pertimbangan dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunikasi dalam menentukan jawaban.
  
Contoh soal TKP Teknologi Informasi dan Komunikasi :
Anda menerima pesan dari grup whatsapp yang berisi informasi tentang suatu hal yang belum tentu kebenarannya. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Menyebarkan pesan tersebut hanya pada keluarga dan teman dekat karena kebenaran informasinya belum dapat diverikasi.
b. Menghapus pesan tersebut karena Anda yakin pasti hoax
c. Mencari kebenaran informasi tersebut melalui internet
d. Menyimpan pesan dan jika terbukti benar suatu saat akan Anda sebarkan
e. Membagikan pesan di grup whatsapp lainnya untuk melihat reaksi anggota grup terkait pesan tersebut


Pembahasan jawaban soal TKP teknologi informasi dan komunikasi :
Untuk menjawab soal tersebut, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana tindakan yang tepat ketika mendapatkan pesan dari WA yang kebenarannya belum dapat ditentukan. Adapun tindakan yang tepat dalam merespon hal tersebut adalah mencari kebenaran informasi tersebut, kemudian jika informasi tersebut benar serta bernilai positif/bermanfaat maka dibagikan kepada keluarga, rekan, dll.

Oleh sebab itu, maka pilihan jawaban a dan pilihan jawaban e bisa langsung dieliminasi. Alasannya karena tidak memperlihatkan aspek pemahaman dan pemanfaatan terhadap teknologi informasi dan komunikasi.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda menghapus langsung pesan tersebut sebelum mencari tahu kebenaran informasi yang Anda terima, padahal bila dicari secara seksama dapat diperoleh pengetahuan tentang kebenaran informasi dimaksud.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya karena Anda dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menangani permasalahan yang Anda hadapi yaitu mencari tahu kebenaran informasi.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda terlalu pasif dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah c. mencari kebenaran informasi tersebut melalui internet.

4. Profesionalisme
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai profesionalisme peserta dalam melaksanakan pekerjaan. Ciri-ciri dari soal TKP ini, yaitu :
- Terdapat gangguan, hambatan atau hal lain yang bersifat personal sehingga pelaksanaan pekerjaan terhenti untuk sementara waktu.
- Permasalahan yang terdapat dalam soal berkaitan dengan dilema antara memilih untuk tetap melaksanakan pekerjaan atau memilih menyelesaikan gangguan, hambatan atau lain yang bersifat personal tersebut.
- Pilihan jawaban berisi tentang berbagai tindakan untuk melaksanakan pekerjaan atau menyelesaikan gangguan, hambatan atau hal lain yang bersifat personal.
- Cara memilih jawaban yang tepat, utamakan pilihan jawaban yang mencerminkan tindakan yang mengedapankan pelaksanaan pekerjaan. Jika terdapat dilema, pertimbangkan alasan yang sangat penting dan sangat mendesak untuk menghentikan pelaksanan pekerjaan tersebut.

Contoh soal TKP profesionalime :
Anda adalah seorang koki di sebuah restoran besar. Ketika restoran sedang ramai pembeli, tiba-tiba saudara Anda datang ke tempat kerja dan meminta bantuan untuk mengantarkannya ke bandara. Bagaimana Sikap Anda?
a. Meminta bantuan teman untuk mengantarkan saudara Anda ke bandara karena restoran ramai sehingga anda tidak dapat mengantarkan sendiri
b. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara Anda ke bandara sebentar kemudian kembali lagi ke restoran
c. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara anda ke bandara karena tidak ada yg bisa mengantarkan
d. Meminta saudara Anda untuk menunggu karena restoran ramai dan mengantarkan ke bandara setelah restoran selesai
e. Menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai

Pembahasan jawaban soal TKP profesionalisme :
Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana tindakan yang tepat apabila ada sesuatu hal yang menjadi hambatan/gangguan atau hal lain pada saat kita melaksanakan pekerjaan.

Secara umum pekerjaan adalah prioritas utama untuk dilaksanakan dibandingkan hal lain kecuali apabila ada sesuatu yang gawat darurat dan mendesak.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang cukup tepat apabila teman yang Anda minta sedang tidak memiliki pekerjaan/kepentingan yang harus mereka laksanakan. Namun bila teman Anda juga sama sedang sibuk, maka pilihan jawaban tersebut tidak dapat dilakukan.
 
Pilihan jawaban b dan c adalah jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena dalam soal dijelaskan bahwa kondisi restoran sedang ramai pembeli, sehingga Anda tidak dapat meninggalkan begitu saja pekerjaan Anda.

Kemudian masih ada alternatif lain yang lebih baik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dibandingkan dengan Anda sendiri yang sedang sibuk untuk mengantarkan Saudara Anda secara langsung. 

Pilihan jawaban d adalah jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut dapat membuat Saudara Anda terlambat sampai ke Bandara.

Pilihan jawaban e adalah jawaban yang tepat. Alasannya, karena pada soal dijelaskan bahwa kondisi restoran sedang ramai pembeli sehingga Anda tidak dapat meninggalkan begitu saja pekerjaan Anda.

Kemudian, Anda dapat menjelaskan perihal kondisi tersebut sehingga Saudara Anda dapat memahami kondisi yang sedang dialami.

Pilihan jawaban e. menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai.

Demikian pembahasan mengenai aspek-aspek penilaian dalam TKP CPNS 2018, semoga bermanfaat. Bila ada kekeliruan, pertanyaan dan saran mohon agar disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

7 komentar:

  1. Min kapan lanjutan 16 aspek penilaian TKP diposting? Bagus banget materi - materinya,, mudahan segera di psoting ya min,, Thanks

    BalasHapus
  2. iya siap terima kasih, untuk lanjutan pembahasan 16 aspek penilaian TKP akan diposting hari minggu besok, 15 September 2019

    BalasHapus
  3. yang bagian ketiga bagaimana min?

    BalasHapus
  4. Untuk pembahasan aspek penilaian dalam soal TKP CPNS bagian tiga, silahkan kunjungi link berikut ini, terima kasih.
    https://www.studipedia.net/2019/10/aspek-penilaian-soal-tkp-cpns-bagian-tiga.html

    BalasHapus
  5. Mohon ijin saya review di youtube

    BalasHapus
  6. @Unknown : Silahkan Mas/Mba, mohon cantumkan juga link website kami di deskripsi videonya, terima kasih.

    BalasHapus
  7. Mohon info, bolehkah materi Tanya dan jawab di atas saya bikin konten youtube?

    BalasHapus