Minggu, 15 September 2019

16 aspek penilaian dalam soal TKP CPNS - bagian dua

Soal TKP CPNS HOTS - Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang aspek-aspek penilaian TKP CPNS yang meliputi : pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi serta profesionalisme. Adapun pada pembahasan kali ini, aspek-aspek penilaian TKP CPNS yang akan dibahas meliputi : jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi serta kreativitas dan inovasi.
5. Jejaring Kerja
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam menjaga keharmonisan hubungan kerja antar sesama rekan kerja/tim/kelompok maupun pihak luar. Ciri-ciri soal TKP ini :
- Permasalahan dalam soal biasanya terdapat konflik yang menyebabkan keharmonisan hubungan kerja tersebut terganggu.
- Pilihan jawaban berisi berbagai tindakan yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik sebagaimana tercantum dalam soal.
- Cara memilih jawaban yang tepat adalah utamakan penyelesaian konflik yang tidak menimbulkan masalah baru dan tetap menjaga keharmonisan hubungan kerja antar sesama rekan kerja/tim/kelompok maupun pihak luar.

Contoh soal TKP jejaring kerja: 
Rian adalah seorang ketua kelompok motor vespa. Sebenarnya ia belum lama bergabung, namun karena sifatnya luwes dan mudah bergaul sehingga ia terpilih menjadi ketua. Adapun setelah menjadi ketua sifatnya mulai berubah, ia cenderung otoriter dan keputusannya sulit diubah. Jika Anda sebagai bagian dari kelompok motor vespa dimaksud, apa yang akan Anda lakukan ?
a. Mendengarkan secara seksama cerita Rian mengapa ia sekarang berubah dan memberinya masukan.
b. Meminta Rian agar tidak otoriter di forum formal sehingga menjadi suatu kesepakatan bersama.
c. Mengajak dialog secara personal.
d. Mengajak anggota lain untuk memberi masukan kepada Rian sehingga kelompok yang sudah solid tidak terpecah
e. Membentuk kelompok khusus untuk berdiskusi dengan Rian.


Pembahasan jawaban - contoh soal TKP jejaring kerja:
Untuk menjawab soal tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana tindakan yang secara umum tepat untuk menyelesaikan permasalahan dimaksud. Adapun secara umum, masalah yang terdapat dalam soal dapat diselesaikan melalui jalinan komunikasi yang baik.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya karena dengan mendengarkan secara seksama cerita Rian mengapa sekarang ia berubah, Anda dapat mengetahui akar permasalahannya sehingga dapat memberikan masukan kepada Rian.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya karena meminta hal tersebut di dalam forum formal yang dihadiri anggota lainnya dapat menimbulkan ketersinggungan bagi pihak yang dikritik yaitu Rian.

Pada dasarnya manusia cenderung tidak ingin disalahkan, walaupun ia melakukan kesalahan dan dalam hatinya ia mengakui telah berbuat salah. Bila tindakan pada pilihan jawaban b dilakukan, Rian akan cenderung melakukan pembelaan dengan memberikan argumen-argumen, sehingga menimbulkan debat yang berpotensi mengganggu keharmonisan hubungan dalam organisasi.

Oleh sebab itu, untuk memahami akar permasalahannya lebih baik dilakukan dengan dialog secara personal, karena dengan dialog secara personal pendekatan bisa dilakukan secara halus dan lebih mudah diterima.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya karena dengan melakukan dialog secara personal, Anda dapat menggali akar permasalahan yang menyebabkan Rian berbuat seperti itu dan mencari solusi tepat terkait hal tersebut.

Pilihan jawaban d dan e pada dasarnya mirip dengan pilihan jawaban b. Oleh sebab itu, bisa langsung kita eliminasi.

Berdasarkan uraian tersebut, terdapat dua jawaban yang tepat yaitu pilihan jawaban a dan pilihan jawaban c. Adapun bila dianalisis, pilihan jawaban c lebih tepat alasannya karena tindakan yang terdapat pada pilihan jawaban c ruang lingkupnya lebih luas dari pada pilihan jawaban a.

Pada pilihan jawaban a, tindakan yang dilakukan hanya mendengarkan dan memberi masukan, sedangkan pada pilihan jawaban c tindakan yang dilakukan bisa ditafsirkan secara lebih luas misalnya : mendengarkan, memahami, memberi masukan, menyampaikan keluh kesah anggota lain, memberi solusi terbaik, memberikan gambaran tentang bagaimana perkembangan organisasi kedepannya, dll.

Dengan kata lain, bahwa pilihan jawaban a sudah terwakili dalam pilihan jawaban c.

Jawaban yang lebih tepat pilihan jawaban c. mengajak dialog secara personal.

6. Integritas diri
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai kualitas kepribadian seseorang dalam bersikap jujur, tanggung jawab, tidak korupsi atau tidak melakukan manipulasi/kecurangan. Ciri-ciri soal TKP ini, yaitu :
- Permasalahan dalam soal biasanya terdapat dilema antara memilih mempertahankan integritas diri walaupun menanggung akibat tertentu atau mengabaikan integritas diri agar terhindar dari tanggung jawab tertentu.
- Pilihan soal berisi tentang berbagai tindakan yang bertujuan untuk merespon permasalahan tentang integritas diri.
- Cara memilih jawaban yang tepat utamakan tindakan yang bertujuan untuk mempertahankan integritas diri walaupun menanggung akibat tertentu.  

Contoh soal TKP integritas diri: 
Rekan tim Anda dimarahi oleh atasan karena mengumpulkan laporan tugas terlambat. Hal ini disebabkan karena rekan yang dimarahi tersebut bertugas merekapitulasi data-data yang dikumpulkan oleh Anda dan rekan tim lainnya yang juga terlambat menyerahkan hasil pengumpulan data kepada rekan yang sedang dimarahi tersebut. Apa yang akan Anda lakukan ?   
a. mengajak rekan tim lainnya untuk menghibur rekan yang dimarahi oleh atasan.
b. meminta maaf kepada rekan yang dimarahi oleh atasan karena keterlambatan disebabkan oleh Anda dan rekan kerja lainnya.
c. mengakui kesalahan kepada teman yang dimarahi tersebut dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
d. mendengarkan rekan Anda yang sedang dimarahi kemudian setelah itu memberikan semangat agar jangan terlalu dimasukkan kedalam hati kata-kata atasan tersebut.
e. mengakui kepada atasan bahwa Anda juga turut berkontribusi terhadap keterlambatan penyerahan laporan tersebut. 


Pembahasan jawaban - contoh soal TKP integritas diri:
Berdasarkan soal tersebut, ada rekan kerja Anda yang dimarahi oleh atasan karena mengumpulkan laporan tugas terlambat. Adapun keterlambatan tersebut, juga disebabkan oleh Anda dan rekan-rekan kerja Anda lainnya. Apa yang Anda lakukan dalam keadaan tersebut?

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena dengan menghibur rekan kerja yang dimarahi oleh atasan, diharapkan akan membantu mengurangi rasa sedih atau kesal yang dialami oleh rekan kerja tersebut.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena meminta maaf kepada rekan kerja yang dimarahi merupakan salah satu bentuk tanggung jawab atas kesalahan yang juga telah Anda dan rekan-rekan kerja lainnya perbuat.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena mengakui kesalahan kepada teman yang dimarahi dan berjanji untuk tidak mengulangi merupakan salah satu bentuk pengakuan dan tanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena tindakan Anda kurang bertanggung jawab, padahal Anda juga berperan menyumbang kesalahan yang menyebabkan rekan kerja Anda dimarahi oleh atasan.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena bila dibandingkan dengan pilihan jawaban lainnya, pilihan jawaban e lebih menunjukan tanggung jawab yang besar, karena berani mengakui kesalahan kepada atasan dalam hal keterlambatan penyerahan laporan tersebut.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e. mengakui kepada atasan bahwa Anda juga turut berkontribusi terhadap keterlambatan penyerahan laporan tersebut.

7. Semangat berprestasi
Soal TKP ini bertujuan untuk menilai semangat peserta dalam meraih prestasi atau menjadi orang yang terbaik. Ciri-ciri soal TKP ini, yaitu :
- Terdapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dalam meraih prestasi atau menjadi orang yang terbaik.
- Permasalahan dalam soal biasanya terdapat gangguan/hambatan untuk meraih prestasi atau menjadi orang yang terbaik.
- Pilihan jawaban berisi tentang berbagai tindakan dalam meraih prestasi atau menjadi yang orang terbaik.
- Cara memilih jawaban yang tepat yaitu utamakan tindakan yang bertujuan untuk meraih prestasi atau menjadi orang yang terbaik.

Contoh soal TKP semangat berprestasi:
Sebagai peserta lomba dalam HUT perusahaan di tempat saya bekerja, yang diikuti oleh semua kolega perusahaan, maka saya akan….
a. yang penting saya akan berpatisipasi mewakili perusahaan saya 
b.tak cukup berpartisipasi saja, saya harus menjadi juara 
c. paling penting tingkatkan kebersamaan antara tim dan kolega 
d. kompetisi menjadi juara itu utama, agar menjaga nama baik perusahaan 
e. apapun yang saya lakukan untuk menjaga kebaikan perusahaan


Pembahasan jawaban - Contoh soal TKP semangat berprestasi:
Berdasarkan soal tersebut, Anda mengikuti lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Perusahaan. Dalam kegiatan lomba, hal logis yang biasanya menjadi tujuan adalah kemenangan atau ingin menjadi juara.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban tersebut tidak menunjukkan semangat yang tinggi, karena yang penting hanya berpartisipasi saja, tanpa memiliki tujuan yang lebih baik, misalnya menjadi juara atau meraih kemenangan.

Pilihan jawaban b adalah jawaban yang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban tersebut menunjukkan semangat tinggi untuk berprestasi yaitu menjadi juara.

Pilihan jawaban c adalah pilihan yang cukup tepat. Alasannya, karena salah satu alasan diadakan lomba dalam HUT perusahaan yaitu untuk meningkatkan kebersamaan antar tim dan kolega. Namun akan lebih baik, jika Anda juga mempunyai target yang lebih baik dengan menunjukkan semangat tinggi dalam rangka meraih prestasi.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban kurang relevan dengan konteks soal. Lomba HUT Perusahaan dilakukan dengan kolega perusahaan, sehingga kurang relevan bila dihubungkan dengan menjaga nama baik perusahaan, mengingat lomba tidak dilakukan dengan pihak perusahaan lain.

Pilihan jawaban e mirip dengan pilihan jawaban d sehingga bisa langsung dieliminasi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah b. tak cukup berpartisipasi saja, saya harus menjadi juara.

8. Kreativitas dan inovasi
Soal ini bertujuan untuk menilai kreativitas dan inovasi peserta dalam mengatasi suatu permasalahan secara efektif dan efisien. Ciri-ciri soal TKP ini, yaitu :
- Permasalahan dalam soal biasanya berisi tentang masalah yang harus ditangani dengan menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif.
- Pilihan jawaban terdiri dari berbagai tindakan untuk mengatasi suatu permasalahan dengan cara tertentu.
- Cara memilih jawaban yang tepat adalah utamakan tindakan yang menggunakan pemikiran kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah. 

Contoh soal TKP kreativitas dan inovasi:
Ramdan mendapatkan tugas dari atasannya untuk menyiapkan stand pameran dalam rangka mempromosikan produk-produk perusahaan untuk melihat respon para pengunjung. Pameran tersebut akan diikuti oleh banyak perusahaan yang sama-sama akan mempromosikan produk-produk mereka, diantara produk-produk tersebut ada yang setipe dengan Anda dan ada juga yang berbeda. Apa yang akan Anda lakukan untuk menarik pengunjung ?
a. membuat stand pameran yang luas dan besar agar semua pengunjung yang datang bisa tertampung di stand Anda.
b. menampilkan produk-produk yang berkualitas di stand agar banyak pengunjung yang tertarik.
c. membuat pengunjung nyaman dengan menyediakan fasilitas tempat duduk di stand
d. bersikap ramah terhadap pengunjung yang lewat dan mempersilahkan untuk mampir ke stand Anda.
e. membuat konsep stand pameran yang menarik. 


Pembahasan jawaban - Contoh soal TKP kreativitas dan inovasi:
Berdasarkan soal tersebut, Ramdan mendapatkan tugas untuk menyiapkan stand pameran dalam rangka mempromosikan produk-produk perusahaan yang mana dalam pameran tersebut juga diikuti oleh perusahaan lainnya. Bagaiamana cara Ramdan agar stand pameran yang telah dibuatnya dapat menarik pengunjung?

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena tujuan yang diungkapkan dalam pilihan jawaban tersebut kurang relevan dengan konteks soal. Dalam soal, hal yang menjadi fokus permasalahan adalah bagaimana cara menarik pengunjung bukan menampung semua pengunjung yang datang.

Adapun yang perlu menjadi catatan, meskipun tujuannya kurang relevan, namun cara yang dilakukan berdasarkan pilihan jawaban a (membuat stand yang luas dan besar) cukup tepat, karena stand yang luas dan besar lebih mudah terlihat oleh pengunjung serta menimbulkan kesan bahwa produk yang dimiliki lebih lengkap, sehingga menarik pengunjung untuk mampir ke stand.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban ini adalah kebalikan dari pilihan jawaban a. Pada pilihan jawaban a caranya cukup tepat, tetapi tujuannya kurang tepat. Adapun pada pilihan jawaban b, caranya kurang tepat, tetapi tujuannya tepat.

Alasan mengapa cara yang dilakukan pada pilihan jawaban b kurang tepat, yaitu karena kualitas produk biasanya akan diketahui setelah pengunjung tersebut mengamati dan bertanya kepada penjaga stand.

Adapun biasanya pengunjung lebih tertarik pada stand yang unik dan membuat penasaran.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya karena menyediakan fasilitas tempat duduk bisa saja menarik pengunjung untuk mampir ke stand pameran yang telah dipersiapkan oleh Ramdan.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya karena bersikap ramah terhadap pengunjung yang lewat dan mempersilahkan pengunjung untuk mampir dapat meningkatkan ketertarikan pengunjung terhadap stand pameran yang telah dipersiapkan.

Piliha jawaban e adalah pilihan jawaban yang paling tepat dibandingkan dengan pilihan jawaban lainnya. Alasannya, karena membuat konsep stand yang menarik, dapat menarik rasa penasaran pengunjung terhadap stand yang telah dipersiapkan dan memberi kesan lebih baik daripada stand perusahaan lain yang konsepnya biasa saja.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah pilihan jawaban e. membuat konsep stand pameran yang menarik

Demikian pembahasan mengenai aspek-aspek penilaian dalam TKP CPNS 2018, semoga bermanfaat. Bila ada kekeliruan, pertanyaan dan saran mohon agar disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

3 komentar:

  1. Pembahasannya mantep..top markotop..
    keren adminnya... moga sehat selalu?? biar bisa nambahin nyampe 16 aspek penilaiannya ya min...
    ditunggu kpn ni?

    BalasHapus
  2. Iya Alhamdulillah pa, Insya Allah update terbaru untuk pembahasan TKP di posting hari Minggu tanggal 6 Oktober 2019, terima kasih

    BalasHapus
  3. Sesuai janji, untuk update pembahasan TKP bagian kedua sudah diposting, terima kasih

    BalasHapus