Sabtu, 31 Agustus 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Persiapan CPNS 2019 - TWK #5

Soal TWK simulasi tes CPNS 2019 - berikut ini kami sampaikan beberapa soal yang keluar dalam simulasi tes CPNS 2019 pada sub tes wawasan kebangsaan. Soal-soal tersebut kami dapatkan dari para peserta yang telah berhasil mendaftar dan mengikuti simulasi dimaksud. Meskipun tidak termasuk kedalam kategori soal HOTS, tapi bisa menjadi tambahan pengetahuan dalam rangka mempersiapkan diri pada tes CPNS 2019 yang sesungguhnya.

Latihan soal TWK - UUD 1945
1. Pada amandemen keempat UUD 1945, terjadi perdebatan terkait perubahan isi pasal 29 agar disesuaikan dengen isi piagam jakarta yang mencantumkan "dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya". Adapun hasil amandemen keempat UUD 1945 disepakati bahwa....
a. penjelasan isi pasal dibuat lebih terperinci
b. adanya penambahan ayat baru pada pasal 29 tersebut
c. adanya amandemen pada pasal 29 ayat (1)
d. adanya amandemen pada pasal 29 ayat (2)
e. tidak ada perubahan pada pasal 29 tersebut

Pembahasan jawaban :
Setelah terjadi perdebatan sengit berkaitan dengan rencana amandemen pasal 29, pada akhirnya disepakati bahwa pasal 29 tidak mengalami perubahan. Hal ini bisa dilihat dari isi pasal 29 sebelum amandemen dan sesudah amandemen keempat yang isinya tetap sama.

Pasal 29 sebelum amandemen dan sesudah amandemen :
Pasal 29 ayat (1) : Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.
Pasal 29 ayat (2) : Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.

Jawaban e. tidak ada perubahan pada pasal 29 tersebut.

Latihan soal TWK - NKRI
2. Negara dapat dimaknai secara beragam tergantung sudut pandang pemaknaan terhadap negara tersebut. Adapun negara sebagai kas negara menurut van Apeldoorn bermakna....
a. harta negara digunakan untuk cadangan pembiayaan negara
b. harta negara digunakan untuk pejabat
c. harta negara yang dipegang penguasa digunakan untuk kepentingan umum
d. harta negara untuk negara
e. harta negara untuk simpanan kekayaan negara

Pembahasan jawaban :
Menurut van Apeldoorn, negara dapat dimaknai secara beragam sesuai sudut pandang pemaknaannya. Adapun makna dari negara sebagai kas negara yaitu harta negara yang dipegang penguasa digunakan untuk kepentingan umum.

Jawaban c. harta negara yang dipegang penguasa digunakan untuk kepentingan umum.

Latihan soal TWK - NKRI
3. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia tidak mengenal adanya fasisme, sebab fasisme bertitik tolak pada....
a. pemusatan kekuasaan pada satu orang
b. pemberian kebebasan individu yang seluas-luasnya
c. mengutamakan tindakan sama rata sama rasa
d. memaksakan praktek kolonialisme pada bangsa asing
e. modern, materialisme dan hedonisme

Pembahasan jawaban :
Fasisme adalah sebuah ideologi yang memandang bahwa kekuasaan pimpinan merupakan suatu hal yang mutlak (absolut) dan kekuasaannya dipusatkan pada satu orang. Dalam fasisme perintah pimpinan tidak boleh diganggu gugat.

Kemudian, dalam fasisme masyarakat tidak boleh memiliki identitas yang beragam seperti di Indonesia. Identitas masyarakat dalam fasisme harus seragam mengikuti pimpinan.

Jawaban a. pemusatan kekuasaan pada satu orang.

Latihan soal TWK - NKRI
4. Tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo diperingati sebagai....
a. Hari Pendidikan Nasional
b. Hari Kebangkitan Nasional
c. Hari Koperasi
d. Hari Bela Negara
e. Hari HAM Sedunia

Pembahasan jawaban :
Budi utomo adalah organisasi pergerakan nasional yang terbentuk pada tanggal 20 mei 1908. Adapun tanggal terbentuknya organisasi tersebut diperingati sebagai hari kebangkitan nasional.

Jawaban b. Hari Kebangkitan Nasional.

Latihan soal TWK - UUD 1945
5. Pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang ketentuan penggantian Presiden dan/atau Wakil Presiden tercantum dalam....
a. pasal 7
b. pasal 7A
c. pasal 7B
d. pasal 8
e. pasal 9

Pembahasan Jawaban :
Ketentuan penggantian presiden dan/atau wakil presiden tercantum dalam pasal 8 UUD 1945. Adapun isi dari pasal 8 UUD 1945, yaitu sebagai berikut :
Pasal 8 ayat (1) : Jika Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya, ia digantikan oleh Wakil Presiden sampai habis masa  jabatannya.

Pasal 8 ayat (2) : Dalam hal terjadi kekosongan Wakil Presiden, selambat-lambatnya dalam waktu enam puluh hari,  Majelis  Permusyawaratan Rakyat menyelenggarakan sidang untuk memilih Wakil Presiden dari dua calon yang diusulkan oleh Presiden.

Pasal 8 ayat (3) : Jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan, pelaksana tugas kepresidenan adalah Menteri Luar Negeri, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pertahanan secara bersama-sama. Selambat-lambatnya tiga puluh hari setelah itu, Majelis Permusyawaratan Rakyat menyelenggarakan sidang untuk   memilih   Presiden  dan Wakil Presiden dari dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang pasangan calon Presiden dan Wakil Presidennya meraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan umum sebelumnya, sampai berakhir masa jabatannya.

Jawaban d. Pasal 8

Demikian latihan soal TWK CPNS yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kami lainnya untuk menambah informasi serta kesiapan diri dalam menghadapi tes CPNS, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar