Sabtu, 20 Juli 2019

Soal dan Kunci Jawaban TKP CPNS 2018 - 4

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS  - Berikut ini kami sampaikan soal TKP CPNS berdasarkan hasil Field Report (FR) yang diberikan oleh peserta CPNS tahun 2018.

Soal TKP CPNS #1 - Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Anda merupakan seorang pegawai pada perusahaan jasa. Ketika Anda sedang mengerjakan sebuah tugas penting, tiba-tiba Anda menemukan kejanggalan pada sistem informasi yang digunakan. Adapun kejanggalan tersebut dapat menyebabkan data perusahaan bocor kepada publik. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut terlebih dahulu, kemudian melaporkan kepada atasan perihal kejanggalan tersebut.
b. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut terlebih dahulu, kemudian menghentikan penggunaan sistem informasi dimaksud.
c. Saat itu juga Anda menghentikan penggunaan sistem informasi tersebut.
d. Melaporkan kepada atasan apakah harus berhenti menggunakan sistem informasi dimaksud.
e. Menyuruh semua rekan kerja untuk menghentikan penggunakan sistem informasi tersebut.

Pembahasan Jawaban Soal TKP CPNS #1
Berdasarkan soal tersebut, Anda adalah seorang pegawai perusahaan jasa yang sedang mengerjakan sebuah tugas penting.

Adapun ketika sedang bekerja, Anda menemukan kejanggalan pada sistem informasi yang digunakan dan kejanggalan tersebut dapat menyebabkan data perusahaan bocor kepada publik.

Bila dianalisis, soal ini bertujuan untuk mengukur aspek teknologi informasi dan komunikasi peserta. Tindakan tepat yang dapat dilakukan dalam posisi ini adalah menghentikan penggunaan sistem informasi dimaksud, tetapi karena pada soal ini Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai, tentu saja sebelum Anda menghentikan penggunaan sistem informasi tersebut, Anda harus melaporkan serta meminta petunjuk kepada atasan terlebih dahulu.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, apabila Anda menggunakan Sistem Informasi tersebut terlebih dahulu untuk menyelesaikan pekerjaan, maka resiko data yang akan bocor semakin banyak serta tindakan Anda untuk melaporkan kepada atasan pun sudah terlambat.

Pilihan jawaban b hampir sama dengan pilihan jawaban a. Adapun pilih jawaban b lebih buruk, karena selain menggunakan Sistem Informasi yang bermasalah untuk menyelesaikan pekerjaan,  Anda pun tidak memberitahu orang lain dan atasan tentang kejanggalan pada Sistem Informasi yang digunakan oleh perusahaan sehingga berakibat data perusahaan semakin banyak yang bocor.

Pilihan jawaban c merupakan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda tidak memberitahu orang lain serta melapor kepada atasan tentang kejanggalan Sistem Informasi yang digunakan oleh perusahaan sehingga beresiko data perusahaan semakin banyak yang bocor.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, apabila Anda adalah seorang pegawai yang mempunyai atasan serta menemukan kejanggalan pada Sistem Informasi yang digunakan, maka tindakan tepat yang dilakukan adalah melaporkan kepada atasan apakah harus berhenti menggunakan sistem informasi dimaksud

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya karena Anda melakukan tindakan diluar kapasitas sebagai seorang pegawai perusahaan. Tindakan pengambilan keputusan tersebut sebaiknya dilakukan melalui pertimbangan atasan Anda.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Soal TKP CPNS #2 - Kemampuan Mengendalikan Diri
2. Salah satu anggota tim Anda melakukan kesalahan fatal dalam tugasnya karena kurang memahami penggunaan teknologi informasi. Apa yang akan Anda lakukan sebagai Ketua Tim ?
a. Mengeluarkannya dari tim
b. Mengumpulkan semua anggota tim kemudian membahas serta mencari jalan keluar dari permasalahan tim tersebut.
c. Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada tim tentang cara penggunaan teknologi informasi.
d. Mengumpulkan semua anggota tim kemudian membahas serta mencari jalan keluar dari anggota tim yang bermasalah tersebut
e. Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada tim tentang pentingnya teknologi informasi dan pelatihan cara penggunaan teknologi informasi.

Pembahasan Soal TKP CPNS #2
Berdasarkan soal tersebut, Anda adalah seorang Ketua Tim yang sedang mendapatkan masalah, karena salah satu anggota tim melakukan kesalahan fatal dalam melaksanakan tugas, yang diakibatkan oleh kurangnya pemahaman penggunaan teknologi informasi.

Tindakan tepat yang dapat dilakukan pada kondisi ini adalah dengan tetap tenang, serta memikirkan solusi pemecahan terbaik atas permasalahan anggota tim tersebut. Soal ini bertujuan untuk mengukur aspek pengendalian diri peserta dalam menghadapi masalah.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, meskipun Anda marah terhadap anggota tim tersebut sehingga ingin langsung mengeluarkannya tanpa melalui prosedur musyawarah. Namun, tindakan tersebut membuat Anda terlihat arogan serta kurang mampu melakukan pengendalian diri.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, apabila ada suatu masalah dalam tim, maka tindakan logis yang dilakukan adalah mendiskusikan masalah secara bersama dengan cara mengumpulkan semua anggota tim untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tim tersebut.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena kesalahan fatal tersebut sudah terjadi, sehingga mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada tim tentang cara penggunaan teknologi informasi sudah terlambat.

Memang benar bahwa dengan mengundang ahli IT, pengetahuan tim tentang cara penggunaan teknologi informasi dapat meningkat, sehingga kesalahan fatal yang sebelumnya terjadi dapat terhindari dimasa yang akan datang.

Namun apabila kita melihat soal, masalah yang dihadapi bukan mencegah kesalahan fatal, tetapi bagaimana cara menangani kesalahan fatal yang sudah terjadi.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasanya, apabila ada suatu masalah dalam tim, maka tindakan logis yang dilakukan yaitu mendiskusikan masalah secara bersama, dengan cara mengumpulkan semua anggota tim untuk mencari jalan keluar dari permasalahan anggota tim tersebut.

Pilihan jawaban e merupakan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena kesalahan fatal tersebut sudah terjadi, sehingga mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan serta pelatihan kepada tim tentang cara penggunaan teknologi informasi sudah terlambat serta kurang relevan dengan konteks yang diinginkan soal.

Berdasarkan uraian tersebut, pilihan jawaban b dan pilihan jawaban d merupakan jawaban yang tepat. Namun apabila diperhatikan secara lebih teliti, pilihan jawaban d lebih spesifik karena diakhir kalimat menggunakan kata "mencari jalan keluar dari masalah anggota tim tersebut" sedangkan pada jawaban b, penggunaan katanya tidak spesifik mengarah pada permasalahan soal karena menggunakan kata "mencari jalan keluar dari permasalahan tim tersebut".

Bila kita melihat soal, maka pilihan jawaban yang lebih tepat adalah pilihan jawaban d. Alasannya, karena permasalahan yang akan diselesaikan adalah permasalahan tentang anggota tim yang bermasalah sebagaimana dimaksud pada soal.

Soal TKP CPNS #3 - Sosial Budaya
3. Rekan kerja di Kantor Anda terdiri dari berbagai latar belakang suku yang berbeda dengan Anda. Kemudian, Anda ditugaskan oleh atasan untuk membuat sebuah tim dalam menyelesaikan masalah pekerjaan di Kantor Anda. Apa yang Anda lakukan ?
a Memilih orang-orang dari berbagai latar belakang suku yang berbeda agar dapat memperoleh berbagai macam saran dan masukan
b. Memilih orang-orang dari berbagai latar belakang suku yang berbeda agar tidak ada kecemburuan sosial
c. Membuat sebuah kelompok yang solid dari orang-orang yang sepemahaman dengan saya karena kekompakan itu penting
d. Membuka kesempatan pada siapapun yang memiliki kemampuan dan kemauan bekerja dalam tim
e. Membuka kesempatan pada siapapun yang memiliki kemampuan dan kemauan bekerja dalam tim tanpa membedakan latar belakang suku

Pembahasan Soal TKP CPNS #3
Berdasarkan soal tersebut, Anda mendapatkan kepercayaan dari atasan untuk membuat sebuah tim dalam menyelesaikan pekerjaan di Kantor. Adapun kondisi di Kantor tempat Anda bekerja, rekan kerjanya terdiri dari berbagai latar belakang suku yang berbeda. Bagaimana Anda membuat tim berdasarkan kondisi tersebut?

Bila dianalisis, soal ini bertujuan untuk mengukur aspek sosial budaya peserta. Alasannya, karena pilihan jawaban yang diberikan pada soal, cenderung ingin melihat apakah peserta terbuka terhadap perbedaan sosial budaya (suku) sehingga memilih anggota tim dari berbagai suku atau lebih memilih anggota dari anggota yang sesuku.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, apabila Anda diberikan kepercayaan untuk membuat sebuah tim, maka tindakan logis untuk melaksanakannya adalah dengan memilih orang-orang yang akan masuk kedalam tim tersebut.

Selanjutnya, pilihan jawaban a juga relevan dengan konteks soal yaitu bertujuan untuk mengukur aspek sosial budaya peserta. Dalam hal ini peserta memilih orang-orang dari berbagai latar belakang suku yang berbeda agar dapat memperoleh berbagai macam saran dan masukan.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya sama seperti pilihan jawaban a. Namun, pada pilihan jawaban b tujuan peserta untuk memilih orang-orang yang berbeda suku yaitu agar tidak ada kecemburuan sosial.

Bila pilihan jawaban b dibandingkan dengan pilihan jawaban a, maka jawaban a lebih tepat. Alasannya, karena alasan dibalik pemilihan orang berlatar belakang suku berbeda pada pilihan jawaban a lebih relevan dengan tujuan pembentukan tim, yaitu untuk menyelesaikan permasalahan Kantor.

Saran dan masukan memiliki sifat lebih membangun bila dibandingkan hanya untuk menjaga supaya tidak ada kecemburuan sosial. Selanjutnya, alasan agar tidak ada kecemburuan sosial sifatnya lebih subjektif.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena kurang relevan dengan konteks soal yang ditanyakan.

Pilihan jawaban d dan e bisa langsung dieliminasi. Alasannya, karena pada soal kita ditugaskan untuk membuat sebuah tim, sehingga cenderung kurang efektif serta terlalu pasif apabila kita hanya membuka kesempatan. Kata membuka kesempatan memiliki arti bahwa yang masuk kedalam tim adalah yang berminat untuk ikut.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang paling tepat adalah pilihan jawaban a.

Soal TKP CPNS #4 - Kreativitas dan Inovasi
4. Perusahaan Anda mengalami penurunan keuntungan tahun ini. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Mempelajari hal yang menjadi penyebab penurunan tersebut.
b. Membuat strategi baru untuk meningkatkan kinerja dan keuntungan.
c. Tetap bekerja dengan baik seperti tahun lalu.
d. Memberhentikan sebagian pegawai karena pegawai membebani keuangan perusahaan
e. Tetap konsisten dengan perencanaan kerja yang telah dibuat

Pembahasan Soal TKP CPNS #4
Berdasarkan soal tersebut, pada tahun ini perusahaan Anda mengalami masalah. Adapun masalah yang dialami adalah penurunan keuntungan.

Pilihan jawaban a adalah jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena mempelajari hal yang menjadi penyebab masalah untuk menangani masalah merupakan tindakan yang masuk akal.

Pilihan jawaban b adalah jawaban yang tepat. Alasannya, karena membuat strategi baru untuk meningkatkan kinerja dan keuntungan merupakan cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah.

Selanjutnya, pilihan jawaban b mencakup pilihan jawaban a. Karena untuk membuat strategi, tentunya Anda harus mempelajari masalah yang dihadapi serta apa penyebabnya. Ketika semua hal tersebut telah diketahui, maka Anda bisa merumuskan strategi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Proses untuk merumuskan strategi baru, sulit ditempuh jika menggunakan pemikiran-pemikiran lama, sehingga dibutuhkan kreativitas dan inovasi serta pemikiran yang luar biasa (out of the box) agar strategi baru tersebut berhasil meningkatkan kinerja dan keuntungan.

Pilihan jawaban c, d dan e bisa langsung dieliminasi. Alasannya, karena tindakan tersebut tidak efektif untuk menyelesaikan sesuai dengan maksud soal yang ditanyakan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Soal TKP CPNS #5 - Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas
5. Anda meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebuah proyek, namun ditengah proses kelihatannya teman Anda kurang bersemangat mengerjakannya. Apa yang akan Anda lakukan ?
a. Menyemangati teman untuk mengerjakannya.
b. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya.
c. Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya.
d. Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat.  
e. Mencari cara agar proyek tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Pembahasan Soal TKP CPNS #5
Berdasarkan soal tersebut, Anda memiliki sebuah proyek pekerjaan dan meminta bantuan kepada teman untuk mengerjakan proyek tersebut. Namun, ditengah proses teman Anda kurang bersemangat mengerjakannya.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena tindakan yang logis apabila Anda memberikan semangat kepada teman yang sedang kurang bersemangat.

Pilihan jawaban b adalah pilihan  jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda terlalu bergantung kepada teman Anda sehingga harus mengobrol dan mengingatkan teman mengenai target pengerjaan seharusnya.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena mencari tahu akar permasalahan terkait menurunnya semangat teman Anda sehingga bisa membuat Anda memahami bagaimana cara meningkatkan semangatnya kembali.

Pilihan jawaban d intinya sama dengan pilihan jawaban c. Anda berusaha untuk mengetahui apa penyebab teman Anda tidak bersemangat mengerjakan proyek tersebut.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban e menggambarkan bahwa Anda memiliki orientasi pemikiran untuk menyelesaikan proyek tersebut tepat waktu walaupun kondisi semangat teman Anda sedang menurun.

Tindakan tersebut memberi kesan bahwa Anda adalah seseorang yang tidak tergantung pada orang lain serta ingin bekerja secara tuntas dalam menyelesaikan pekerjaan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e.

Demikian latihan soal TKP CPNS yang dapat kami sampaikan. Bila ada kekeliruan dalam pembahasan jawaban yang kami berikan. Silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Baca juga artikel kami lainnya untuk menambah informasi serta kesiapan diri dalam menghadapi tes CPNS, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

3 komentar:

  1. upload TKP profesionalisme dan jejaring kerja donh

    BalasHapus
  2. Untuk contoh soal TKP CPNS tentang profesionalisme, silahkan kunjungi link artikel berikut:
    https://www.studipedia.net/2019/08/aspek-penilaian-soal-tkp-cpns-bagian-satu.html

    Adapun untuk contoh soal TKP CPNS tentang jejaring kerja, silahkan kunjungi link artikel berikut:
    https://www.studipedia.net/2019/09/aspek-penilaian-soal-tkp-cpns-bagian-dua.html

    BalasHapus