Rabu, 10 Juli 2019

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Persiapan CPNS 2019 - TWK #4

Tes Wawasan Kebangsaan CPNS 2019 - berikut ini kami sampaikan latihan soal persiapan tes CPNS 2019 untuk sub tes wawasan kebangsaan (TWK).

Latihan Soal TWK CPNS [Pancasila]
1. Pak Andi mengupayakan sumber daya energi alternatif dengan cara mengubah kompos menjadi biogas. Dengan usahanya tersebut, pemerintah dan warga masyarakat sekitar mengapresiasi inovasi pak Andi tersebut. Tindakan mengapresiasi hasil karya dan inovasi orang lain merupakan pengamalan sila Pancasila ke....
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
e. Lima

Pembahasan Jawaban Latihan Soal TWK CPNS [Pancasila]
Berdasarkan uraian soal tersebut, kata kunci yang dapat digunakan untuk menjawab soal adalah tindakan mengapresiasi karya dan inovasi orang lain. Adapun tindakan tersebut, bila dilihat dari pengamalan sila Pancasila merupakan pengamalan sila kelima.

Alasannya karena salah satu pengamalan sila kelima adalah suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama. Jawaban e.

Latihan Soal TWK CPNS [Undang-Undang Dasar 1945]
2. Undang-Undang Dasar 1945 memuat ketentuan-ketentuan dasar dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketentuan-ketentuan dasar tersebut, dalam amandemen keempat Undang-Undang Dasar 1945 termaktub dalam 16 bab. Adapun berikut ini merupakan hal yang dibahas dalam bab XV, kecuali ....
a. Semboyan Negara
b. Asas Negara
c. Lambang Negara
d. Bendera Negara
e. Bahasa Negara

Pembahasan Latihan Soal TWK CPNS [Undang-Undang Dasar 1945]
Berdasarkan uraian tersebut, hal yang ditanyakan dalam soal adalah tentang ketentuan yang tidak diatur dalam bab XV Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945). Untuk menjawab hal dimaksud, kita perlu mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang diatur pada bab XV UUD 1945.

Hal-hal yang diatur pada bab XV UUD 1945 yaitu :
Pasal 35 berbunyi : "Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih".
Pasal 36 berbunyi : "Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia".
Pasal 36A berbunyi : "Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika"
Pasal 36B berbunyi : "Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya".
Pasal 36C berbunyi : "Ketentuan lebih lanjut mengenai Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan diatur dengan undang-undang".

Bila dilihat isi dari bab XV UUD 1945, bisa kita buat suatu kesimpulan bahwa hal yang tidak bahas dalam bab tersebut yaitu tentang asas negara. Jawaban b.

Latihan Soal TWK CPNS [Bela Negara]
3. Warga negara yang belum pernah diberikan latihan militer atau dipersiapkan dalam rangka menghadapi peperangan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dapat diklasifikasikan sebagai ....
a. Komponen Cadangan
b. Komponen Pendukung
c. Komponen Sipil
d. Komponen Sekunder
e. Komponen Tambahan

Pembahasan Latihan Soal TWK CPNS [Bela Negara]
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, dalam pasal 8 ayat (1) dan ayat (2) dijelaskan sebagai berikut :

Pasal 8 ayat (1) : "Komponen cadangan, terdiri atas warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama".

Pasal 8 ayat (2) : "Komponen pendukung, terdiri atas warga negara, sumber daya alam, sumberdaya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang secara langsung atau tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan".

Berdasarkan isi dari pasal 8 ayat (1) dan ayat (2) tersebut, maka warga negara yang belum pernah diberikan latihan militer atau dipersiapkan dalam rangka menghadapi peperangan termasuk kedalam kategori komponen pendukung. Jawaban b.

Latihan Soal TWK CPNS [Bahasa Indonesia]
4. Berikut ini yang merupakan kata tidak baku, kecuali ....
a. Azas
b. Atmosfir
c. Ihwal
d. Apotik
e. Berfikir

Untuk mengetahui apakah suatu kata termasuk kata baku atau tidak baku bisa diperiksa dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Adapun permasalahannya, bahwa dalam tes kita tidak diperkenankan untuk memeriksa KBBI tersebut. Oleh sebab itu, solusinya adalah menghafal kata-kata tidak baku yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa daftar kata tidak baku yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari :
- Apotik seharusnya apotek.
- Atmosfir seharusnya atmosfer.
- Azas seharusnya asas.
- Berfikir seharusnya berpikir.
- Dipersilahkan seharusnya dipersilakan.
- Ekstrim seharusnya ekstrem.
- Esok seharusnya besok.
- Hapal seharusnya hapal.
- Hembus seharusnya embus.
- Himbau seharusnya imbau.
- Ijasah seharusnya ijazah.
- Nasehat seharusnya nasihat.
- Photo seharusnya foto.

Adapun pilihan jawaban yang tepat, yaitu ihwal. Alasannya karena ihwal merupakan kata baku yang artinya adalah hal atau perihal. Jawaban c.
  
Latihan Soal TWK CPNS [Pancasila]
5. Pada tahun 2018, Indonesia berduka dengan adanya bencana yang menimpa Kabupaten Donggala dan Palu. Bantuan demi bantuan diberikan oleh relawan kepada korban bencana, baik itu berupa makan, minuman, pakaian dan bantuan lainnya. Tindakan relawan tersebut termasuk pengamalan pancasila sila ke .....
a. Lima
b. Empat
c. Tiga
d. Dua
e. Satu

Pembahasan Jawaban Latihan Soal TWK CPNS [Pancasila]
Berdasarkan uraian soal tersebut, kata kunci yang dapat digunakan untuk menjawab soal adalah bantuan demi bantuan diberikan oleh relawan kepada korban bencana. Adapun tindakan tersebut, bila dilihat dari pengamalan sila Pancasila merupakan pengamalan sila kedua.

Alasannya karena salah satu pengamalan sila kedua adalah gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. Jawaban d.

Demikian latihan soal TWK CPNS yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kami lainnya untuk menambah informasi serta kesiapan diri dalam menghadapi tes CPNS, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

1 komentar:

  1. Kalau boleh ada link download atau soft file pdf nya ka, boleh dikirim ke saya.
    Sangat bermanfaat.
    Terima kasih.
    Ya.islas@yahoo.com

    BalasHapus