Minggu, 20 Oktober 2019

Rangkuman Materi - Integritas [TWK CPNS HOTS]

Rangkuman materi tentang integritas - pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas mengenai poin-poin penting yang berkaitan dengan salah satu aspek penilaian dalam TWK CPNS yaitu nasionalisme dalam bentuk rangkuman materi. Adapun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu aspek penilaian TWK CPNS lainnya, yaitu tentang integritas.


Pengertian Integritas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Integritas diartikan sebagai keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua kalimat yang dapat dijadikan kunci untuk memahami tentang Integritas, yaitu:

1. Integritas adalah keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh.
Bila kita cermati kalimat ini, maka kita akan mengetahui bahwa integritas tercipta dari dua unsur atau lebih yang membentuk suatu kesatuan yang utuh. Unsur-unsur tersebut bisa berupa apa saja tergantung dari kata integritas dilekatkan.

Bila kata integritas dilekatkan dengan konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, maka unsur-unsur tersebut bisa berupa masyarakat dari dua suku atau lebih yang berbeda yang membentuk suatu kesatuan utuh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Rangkuman Materi - Integritas [TWK CPNS HOTS]

2. Integritas bertujuan agar unsur-unsur yang membentuk suatu kesatuan utuh tersebut dapat memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan.
Bila kita cermati kalimat ini, maka kita akan mengetahui bahwa inti tujuan dari integritas yaitu membawa kebaikan atau nilai-nilai positif bagi unsur-unsur yang membentuk suatu kesatuan yang utuh tersebut.


Integritas di Indonesia

Setelah kita mengetahui pengertian tentang Integritas, maka kita akan hubungkan integritas tersebut dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, Integritas dapat menyatukan keanekaragaman suku, agama, ras, budaya dan bahasa yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Suku-suku yang tersebar di wilayah Indonesia, diantaranya yaitu: suku Sunda, suku Batak, suku Madura, suku Bugis, suku Betawi, suku Baduy, suku asmat, Suku dani, Suku Ambon, suku Minangkabau, dan lain-lain.

Agama yang tersebar di Indonesia, yaitu: Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Chu. Ras yang tersebar di wilayah Indonesia, diantaranya yaitu: ras Melayu Mongoloid, ras Weddoid, ras Negroid, ras Papua Melanezoid

Budaya yang tersebar di wilayah Indonesia, diantaranya yaitu: tari daerah, lagu daerah dan bahasa daerah. Bahasa yang tersebar di wilayah Indonesia, diantaranya yaitu:  bahasa Sunda, bahasa Jawa, bahasa Betawi, bahasa Madura, bahasa Batak, bahasa Melayu, dan lain-lain.

Keanekaragaman unsur-unsur yang terdapat di wilayah Indonesia harus disatukan dalam suatu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan semboyan Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tapi satu tujuan) sehingga tercipta Integritas (kesatuan yang utuh) yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan Pancasila.

Demikian rangkuman materi tentang Integritas, semoga dapat menambah wawasan dan kesiapan dalam menghadapi tes CPNS terutama tes CPNS tahun ini yang banyak terdapat tipe soal HOTS.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

13 komentar:

  1. iya mas andrie, sama-sama terima kasih juga

    BalasHapus
  2. Terimakasih sangat membantu

    BalasHapus
  3. iya mba wike, sama-sama
    senang bisa membantu, terima kasih

    BalasHapus
  4. Teriamkasih Untuk Referensi ini. Bermafaat.Semoga menyusul Soal-soal laithan. GB

    BalasHapus
  5. Terima kasih kakak... materinya mudah d buka...

    BalasHapus
  6. terimakasih banyak Bung...

    BalasHapus
  7. terimakasih kak... semsngat merangkum...๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  8. Terima Kasih semoga bermanfaat

    BalasHapus
  9. Subhanallah...semoga menjadi amal jariyah. Sangat bermanfaat sekali. Terima kasih

    BalasHapus
  10. Makasih kakak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. @Ema : Alhamdulillah Mbak Ema, iya siap terima kasih ๐Ÿ˜„.

    @Unknown : Iya mas/mba, alhamdulillah apabila artikel kami dapat bermanfaat bagi mas/mba ๐Ÿ˜„.

    BalasHapus