Rabu, 03 Juni 2020

PEMBAHASAN TENTANG INSERT INTO STATEMENT DALAM SQL

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang INSERT INTO statement dalam SQL. Untuk mempermudah proses pembelajaran, sebaiknya terlebih dahulu Anda membaca artikel berikut ini: Pengertian SQL dan Pembahasan Sintaksisnya.

INSERT INTO statement adalah blok kode yang berisi perintah untuk menambah record baru pada suatu tabel. Dalam basis data relasional, record adalah istilah khusus untuk menyebut baris. Untuk membuat INSERT INTO statement, maka kita harus menggunakan klausa INSERT INTO pada awal statement.
PEMBAHASAN INSERT INTO STATEMENT DALAM SQL
Sebelum kita membuat INSERT INTO statement, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui tabel yang akan kita tambahkan recordnya.
Perhatikan contoh tabel berikut ini!
CONTOH TABEL INSERT INTO STATEMENT DALAM SQL 1
Tabel tersebut terdiri dari lima kolom (field), yaitu kolom NIM, nama_mahasiswa, jurusan, fakultas, dan alamat_asal (penulisan huruf besar dan huruf kecil tidak berpengaruh pada SQL), dan terdiri dari empat baris (record). Untuk menambah record baru pada tabel tersebut, perhatikan contoh INSERT INTO statement berikut ini!

Contoh INSERT INTO Statement
1. Menambahkan record baru tanpa menyebutkan kolom
INSERT INTO data_mahasiswa
VALUES ('6110101005', 'Bambang', 'Akuntansi', 'Manajemen', 'Tangerang');

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menambah record baru pada tabel data_mahasiswa. Mohon diperhatikan, bahwa urutan penulisan data pada klausa VALUES harus sesuai dengan urutan kolom (NIM, nama_mahasiswa, jurusan, fakultas, dan alamat_asal).

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
INSERT INTO : klausa yang digunakan untuk menambah record baru pada suatu tabel.
data_mahasiswa : nama tabel yang akan ditambah recordnya.
VALUES : klausa yang digunakan untuk memasukkan data-data pada record yang akan ditambahkan pada suatu tabel.
Tanda kurung buka dan kurung tutup : menandai awal dan akhir data-data yang akan dimasukkan pada record.
'6110101005', 'Bambang', 'Akuntansi', 'Manajemen', 'Tangerang' : expression (nilai/data) yang akan dimasukkan pada record. Perlu diperhatikan, apabila expression memuat tipe data berbentuk text atau kalimat (string), maka di awal dan di akhir text menggunakan tanda petik satu (bisa juga menggunakan tanda petik dua). Adapun, apabila expression memuat tipe data berbentuk angka untuk digunakan pada operasi perhitungan (integer), maka di awal dan di akhir angka tidak perlu menggunakan tanda petik.
Tanda titik koma : tanda untuk mengakhiri suatu statement.

Setelah kita menggunakan INSERT INTO statement sebagaimana contoh tersebut, maka akan muncul baris (record) baru, sesuai data yang dimasukkan. 
Perhatikan tabel berikut ini!
CONTOH TABEL INSERT INTO STATEMENT DALAM SQL 2
 2. Menambahkan record baru dengan menyebutkan kolom
INSERT INTO data_mahasiswa (NIM, nama_mahasiswa, jurusan)
VALUES ('6110101006', 'Wandi', 'Ilmu Pemerintahan');

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menambahkan record baru pada tabel data_mahasiswa. Adapun pada record baru tersebut, hanya kolom NIM, nama_mahasiswa, dan jurusan yang mendapatkan data baru, sedangkan kolom lainnya tidak mendapatkan data apapun. Kolom yang tidak mendapatkan data apapun nilainya adalah NULL. 
Perhatikan tabel berikut ini!
CONTOH TABEL INSERT INTO STATEMENT DALAM SQL 3
NULL adalah nilai yang menerangkan bahwa pada suatu record tidak terdapat data apapun (tidak ada data sama sekali). NULL berbeda dengan angka nol atau record kosong yang mengandung spasi.

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
Untuk pembahasan elemen-elemen penyusun statementnya, hampir sama dengan contoh INSERT INTO statement pada bagian pertama.  

Demikian pembahasan tentang INSERT INTO statement yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.