Senin, 01 Juni 2020

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan #3

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
1. Ahmad dan kawan-kawan adalah sebuah tim yang ahli di bidang jaringan komputer. Mereka mendapatkan tugas untuk membuat jaringan komputer yang saling terhubung dengan cakupan meliputi satu kota. Jaringan komputer yang dibuat oleh mereka termasuk ke dalam kategori…
a. LAN
b. MAN
c. WAN
d. PAN
e. WLAN

Pembahasan Jawaban
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat komputer pada suatu area terbatas. Ruang lingkup dari LAN, misalnya suatu gedung perkantoran, sekolah, kampus universitas, laboratorium, maupun komplek perumahan. 

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan banyak perangkat komputer dengan ruang lingkup jaringan meliputi satu kota. Istilah MAN juga digunakan untuk menyebut gabungan LAN yang saling berhubungan dalam sebuah kota menjadi sebuah jaringan yang besar. 

WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan banyak perangkat komputer dengan ruang lingkup jaringan yang sangat luas, yaitu antar negara di seluruh dunia.

PAN (Personal Area Network) adalah jaringan informasi dan komunikasi yang menghubungkan suatu perangkat komputer dengan perangkat milik pribadi (contoh handphone). Ruang lingkup PAN sangat dekat, yaitu hanya beberapa sentimeter atau beberapa meter saja.

WLAN (Wireless Local Area Network) adalah LAN yang dihubungkan secara nirkabel (tanpa kabel). 

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Sistem dan Jaringan 3
 Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
2. Untuk menghubungkan suatu komputer dengan modem, maka diperlukan kabel LAN yang dibuat dari kabel UTP dan konektor RJ-45. Adapun susunan warna pada satu ujung kabel, yaitu putih-oranye, oranye, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat-coklat, maka susunan warna pada ujung kabel lain adalah….
a. putih-hijau, hijau, putih-oranye, biru, putih-biru, oranye, putih-coklat, coklat
b. putih-coklat, coklat, biru, putih-biru, putih-hijau, hijau, putih-oranye, oranye
c. putih-biru, biru, putih-coklat, coklat, putih-oranye, oranye, putih-hijau, hijau
d. putih-oranye, oranye, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat
e. hijau, putih-hijau, oranye, putih-oranye, putih-biru, biru, coklat, putih-coklat

Pembahasan Jawaban
Secara garis besar, terdapat dua cara pemasangan kabel UTP (Unshielded Twister Pair) ke dalam konektor RJ-45, yaitu dengan cara straight dan crossover.

Pemasangan kabel UTP secara straight adalah pemasangan kabel UTP yang mana antara ujung kabel satu dengan ujung kabel lainnya memiliki urutan warna yang sama. Pemasangan kabel UTP secara straight digunakan untuk menyambungkan dua perangkat yang berbeda. Misalnya, menghubungkan komputer dengan switch, menghubungkan komputer dengan modem, dan lain-lain. 

Pemasangan kabel UTP secara crossover adalah pemasangan kabel UTP yang mana antara ujung kabel satu dengan ujung kabel lainnya memiliki urutan warna yang berbeda. Pemasangan kabel UTP secara crossover digunakan untuk menyambungkan dua perangkat yang sama. Misalnya, menghubungkan komputer dengan komputer, menghubungkan switch dengan switch, dan lain-lain. 

Terdapat dua standar yang dapat digunakan untuk pemasangan kabel UTP secara straight, yaitu standar T-568A dan T-568B.

Untuk T-568A, kabel UTP pada ujung kabel satu, dengan ujung kabel lain, memiliki susunan warna yang sama. Adapun susunan warna kabel UTP T-568A, yaitu sebagai berikut:
1. putih-hijau;
2. hijau;
3. putih-oranye;
4. biru;
5. putih-biru;
6. oranye;
7. putih-coklat;
8. coklat.

Untuk T-568B, kabel UTP pada ujung kabel satu, dengan ujung kabel lain, memiliki susunan warna yang sama. Adapun susunan warna kabel UTP T-568B, yaitu sebagai berikut
1. putih-oranye;
2. oranye;
3. putih-hijau;
4. biru;
5. putih-biru;
6. hijau;
7. putih-coklat;
8. coklat.

Selanjutnya, untuk pemasangan kabel UTP secara crossover, yaitu dengan menggunakan urutan warna T-568A pada satu ujung kabel, dan menggunakan urutan warna T-568B pada ujung kabel lainnya.

Berdasarkan uraian tersebut, maka bisa kita analisis, bahwa untuk mengetahui pilihan jawaban yang tepat, maka pemasangan kabel UTP yang digunakan adalah dengan cara straight. Untuk pemasangan kabel UTP secara straight, susunan warna pada satu ujung kabel dengan ujung kabel lainnya memiliki susunan warna yang sama, yaitu pilihan jawaban d.

Jawaban d 

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
3. Perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal Wi-Fi, sehingga sinyal Wi-Fi dapat menjangkau area yang lebih luas, yaitu….
a. repeater
b. router
c. switch
d. hub
e. port

Pembahasan Jawaban
Repeater adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal, termasuk sinyal Wi-Fi, sehingga sinyal Wi-Fi tersebut dapat menjangkau area yang lebih luas.

Router adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menerima, menganalisa dan meneruskan transmisi data diantara jaringan komputer. Perbedaan antara hub, switch, dan router, yaitu router memiliki fungsi tambahan selain fungsi yang dimiliki hub dan switch. Fungsi tambahan tersebut, yaitu router lebih canggih daripada dua perangkat lainnya. Router memiliki software untuk menganalisis data, sehingga mampu menentukan cara terbaik untuk mentransmisikan data.

Switch adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mentransmisikan data dari suatu perangkat komputer ke perangkat lainnya. Perbedaan antara hub, switch, dan router, yaitu switch memiliki fungsi tambahan selain fungsi yang dimiliki hub. Fungsi tambahan tersebut, yaitu mentransmisikan data ke tujuan secara spesifik.

Hub adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mentransmisikan data dari suatu perangkat komputer ke perangkat lainnya. Perbedaan antara hub, switch, dan router, yaitu hub hanya memiliki fungsi dasar untuk mentransmisikan data saja, tanpa ada fungsi tambahan yang dimiliki switch dan router. 

Port (dalam perangkat elektronik) adalah colokan berbentuk lubang dalam suatu perangkat elektronik, yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat tersebut dengan perangkat lainnya. Port biasanya dihubungkan melalui kabel.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
4. Pesan error request time out dapat diperbaiki dengan beberapa cara. Berikut ini cara-cara yang dapat ditempuh untuk memperbaiki pesan error request time out, kecuali….
a. mengubah pengaturan atau mematikan firewall
b. memperbaiki koneksi internet
c. memeriksa dan memperbaiki kembali URL yang di ping
d. Memperbaiki jaringan dengan menginstal XAMPP
e. Restart Router

Pembahasan Jawaban
Request time out adalah pesan error yang disebabkan karena server tidak merespon permintaan koneksi dari client dalam setelah beberapa lama (jangka waktu time out bervariasi). Request time out dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
1. adanya firewall yang dapat menghalangi ping ke suatu situs atau server tertentu;
2. koneksi jaringan yang tidak stabil atau mati.
3. terdapat kesalahan pengetikan URL situs yang dituju.

Berdasarkan penyebab request time out tersebut, maka dapat diketahui cara-cara yang dapat ditempuh untuk memperbaiki pesan error dimaksud, yaitu sebagai berikut:
1. Jika permasalahan terdapat pada firewall, maka kita bisa mengubah pengaturan atau mematikan firewall tersebut;
2. Jika permasalahan terdapat pada koneksi jaringan yang tidak stabil, maka kita bisa memperbaiki koneksi jaringan internet atau melakukan restart pada router;
3. Jika permasalahan terdapat pada kesalahan pengetikan URL situs yang dituju, maka kita bisa memeriksa dan memperbaiki kembali URL yang dituju.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d. Alasannya, karena XAMPP atau singkatan dari X (Cross Platform) A (Apache) M (MariaDB), P (PHP) P (Perl)  bukan merupakan aplikasi untuk memperbaiki jaringan.

Jawaban d
 
Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
5. Bahasa pemrograman Python menyediakan beberapa tipe data untuk array, yaitu list, tuple, set, dan dictionary. Perhatikan list berikut ini!
Mahasiswa = [ “Andi”, “Budi”, “Hendra”, “Santi”, “Maman”]
Jika setelah mengetik list tersebut, kita menggunakan function print, yaitu sebagai berikut:
print(mahasiswa[-2])
Maka tulisan yang muncul sebagai output adalah….
a. Andi
b. Budi 
c. Hendra
d. Santi
e. Maman

Pembahasan Jawaban
List adalah salah satu tipe data dalam Python yang digunakan untuk menampung data berbentuk array. List adalah tipe data array yang memiliki urutan dan data nya dapat diubah (ditambah atau di delete). 

Untuk menggunakan data yang terdapat dalam list, bisa menggunakan indeks. Nilai indeks dari list dimulai dari 0 (pengambilan data diambil dari kiri). Artinya list[0] adalah urutan data pertama, list[1] adalah urutan data kedua, dan seterusnya. Adapun bila nilai negatif digunakan, maka pengambilan data urutannya dari kanan. 

Berdasarkan uraian tersebut, maka list dalam soal, yaitu
Mahasiswa = [ “Andi”, “Budi”, “Hendra”, “Santi”, “Maman”]
Jika menggunakan function
print(mahasiswa[0] hasilnya adalah Andi.
print(mahasiswa[1] hasilnya adalah Budi.
print(mahasiswa[2] hasilnya adalah Hendra.
print(mahasiswa[3] hasilnya adalah Santi.
print(mahasiswa[4] hasilnya adalah Maman.
print(mahasiswa[-1]) hasilnya adalah Maman.
print(mahasiswa[-2]) hasilnya adalah Santi.
print(mahasiswa[-3]) hasilnya adalah Hendra, dan seterusnya.

Berdasarkan analisis tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d

Perhatian
Mohon diperhatikan, bahwa jabatan pengelola sistem dan jaringan adalalah jabatan pelaksana yang memiliki rumpun jabatan yang berkaitan dengan ilmu komputer.

Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan serta kesiapan diri dalam menghadapi SKB CPNS dimaksud, sangat disarankan untuk mempelajari juga latihan soal SKB CPNS jabatan pelaksana yang memiliki rumpun jabatan yang sama dengan jabatan pengelola sistem dan jaringan, yaitu berkaitan dengan ilmu komputer.

Alasannya, karena berdasarkan hasil tanya jawab kami dengan salah satu peserta yang mengikuti SKB CPNS tahun 2018 pada jabatan pengelola sistem dan jaringan, soal-soal yang didapatkan pada saat mengikuti tes, tidak hanya berkaitan dengan sistem dan jaringan saja, melainkan berkaitan juga dengan istilah-istilah dalam bidang IT terkini, bahasa pemrograman, pengelolaan database, pengembangan website, dan hal-hal lain berkaitan dengan komputer.

Demikian latihan soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Sistem dan Jaringan yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar