Senin, 01 Juni 2020

PEMBAHASAN CREATE, DROP, DAN TRUNCATE TABLE STATEMENT

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang CREATE TABLE, DROP TABLE, dan TRUNCATE TABLE statement dalam SQL. Untuk mempermudah proses pembelajaran, sebaiknya terlebih dahulu Anda membaca artikel berikut ini: Pengertian SQL dan Pembahasan Sintaksisnya.

CREATE TABLE statement adalah blok kode yang berisi perintah untuk membuat sebuah tabel baru. Tabel yang dimaksud adalah tabel sebagaimana biasanya, yang terdiri dari kolom dan baris.

Dalam basis data relasional, terdapat istilah khusus yang digunakan untuk menamai kolom pada sebuah tabel, yaitu disebut dengan field atau atribut. Adapun, istilah khusus yang digunakan untuk menamai baris pada sebuah tabel, yaitu disebut dengan record atau tuple. Field/kolom/atribut biasanya tersusun secara horizontal (dari kiri ke kanan), sedangkan record/baris/tuple biasanya tersusun secara vertikal (dari atas ke bawah).
PEMBAHASAN CREATE DROP DAN TRUNCATE TABLE STATEMENT
Untuk membuat sebuah tabel, kita bisa menggunakan CREATE TABLE statement. Untuk membuat CREATE TABLE statement, maka kita harus menggunakan klausa CREATE TABLE pada awal statement.

Contoh CREATE TABLE Statement
Berikut ini kami sampaikan contoh dari CREATE TABLE statement dalam SQL.
CREATE TABLE data_mahasiswa 
(
NIM VARCHAR,
nama_mahasiswa VARCHAR,
jurusan VARCHAR,
fakultas VARCHAR,
alamat_asal VARCHAR
);

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk membuat sebuah tabel baru dengan nama data_mahasiswa, dan lima buah field (kolom) dengan nama NIM, nama_mahasiswa, jurusan, fakultas, dan alamat_asal.

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
CREATE TABLE : klausa yang digunakan untuk membuat sebuah tabel baru.
data_mahasiswa : nama tabel baru yang dibuat.
Tanda kurung buka dan kurung tutup : tanda untuk memisahkan nama tabel dengan nama field.
NIM, nama_mahasiswa, jurusan, fakultas, alamat_asal : nama-nama field yang dibuat.
Tanda koma : tanda untuk memisahkan tiap-tiap nama field.
VARCHAR : menentukan bahwa tipe data yang digunakan dalam field tersebut adalah string (data berbentuk text atau kalimat).
Tanda titik koma (;) : tanda untuk mengakhiri suatu statement.

Setelah membuat tabel, kita dapat mengisi data pada tabel tersebut dengan menggunakan INSERT INTO statement.

Selanjutnya, apabila kita hendak menghapus tabel yang telah dibuat beserta data-data yang terdapat di dalamnya, kita bisa menggunakan DROP TABLE statement. Apa yang dimaksud dengan DROP TABLE statement? 

DROP TABLE statement adalah blok kode yang berisi perintah untuk menghapus tabel yang telah dibuat beserta data-data yang terdapat di dalamnya. Untuk membuat DROP TABLE statement, kita harus menggunakan klausa DROP TABLE pada awal statement.

Contoh DROP TABLE statement
DROP TABLE data_mahasiswa;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menghapus tabel dengan nama data_mahasiswa. Mohon diperhatikan, apabila kita menghapus suatu tabel, maka data-data yang terdapat pada tabel tersebut juga ikut terhapus.

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
DROP TABLE : klausa yang digunakan untuk menghapus tabel beserta data-data yang terdapat di dalamnya.
data_mahasiswa : nama tabel yang akan dihapus.
Tanda titik koma (;) : tanda untuk mengakhiri suatu statement.

Kemudian, apabila kita hendak menghapus seluruh data yang terdapat dalam tabel, tanpa menghapus tabel nya, kita bisa menggunakan TRUNCATE TABLE statement. Apa yang dimaksud dengan TRUNCATE TABLE statement?

TRUNCATE TABLE statement adalah blok kode yang berisi perintah untuk menghapus seluruh data yang terdapat dalam tabel, tanpa menghapus tabel nya (tabel berubah kembali menjadi tabel kosong tanpa data). Untuk membuat TRUNCATE TABLE statement, kita harus menggunakan klausa TRUNCATE TABLE pada awal statement.

Mohon diperhatikan, TRUNCATE TABLE statement tidak tersedia dalam SQLite, sehingga kita tidak dapat menggunakan statement tersebut. Apa yang dimaksud dengan SQLite? SQLite adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data. Versi online SQLite dapat di akses melalui link berikut ini : SQLite Online

Contoh TRUNCATE TABLE statement
TRUNCATE TABLE data_mahasiswa;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menghapus seluruh data yang terdapat dalam tabel data_mahasiswa, tanpa menghapus tabelnya.

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
TRUNCATE TABLE : klausa yang digunakan untuk menghapus seluruh data yang terdapat dalam suatu tabel, tanpa menghapus tabelnya.  
data_mahasiswa : nama tabel yang akan dihapus seluruh datanya.
Tanda titik koma (;) : tanda untuk mengakhiri suatu statement.

Demikian pembahasan tentang CREATE TABEL, DROP TABLE, dan TRUNCATE TABLE statement yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.