Senin, 01 Juni 2020

PEMBAHASAN CREATE DATABASE DAN DROP DATABASE STATEMENT

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang CREATE DATABASE dan DROP DATABASE statement dalam SQL. Untuk mempermudah proses pembelajaran, sebaiknya terlebih dahulu Anda membaca artikel berikut ini: Pengertian SQL dan Pembahasan Sintaksisnya.

CREATE DATABASE statement adalah blok kode yang berisi perintah untuk membuat sebuah database baru. Apa yang dimaksud dengan database? Database (dalam bahasa Indonesia disebut dengan basis data) adalah kumpulan data yang saling berkaitan dan disusun sedemikian rupa, yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengelolaan kumpulan data yang terdapat di dalamnya.

Terdapat beberapa jenis basis data, salah satu nya adalah basis data relasional. Apa yang dimaksud dengan basis data relasional? Basis data relasional adalah salah satu jenis basis data yang menyimpan data-data dalam bentuk tabel (disebut relation). Tabel yang dimaksud adalah tabel sebagaimana biasanya, yang terdiri dari kolom dan baris.
PEMBAHASAN CREATE DATABASE DAN DROP DATABASE STATEMENT
Dalam basis data relasional, terdapat istilah khusus yang digunakan untuk menamai kolom, yaitu disebut dengan field atau atribut. Adapun, istilah khusus yang digunakan untuk menamai baris, yaitu disebut dengan record atau tuple. Field/kolom/atribut biasanya tersusun secara horizontal (dari kiri ke kanan), sedangkan record/baris/tuple biasanya tersusun secara vertikal (dari atas ke bawah).

Setelah kita mengetahui tentang basis data relasional, maka kita akan membuat basis data relasional dimaksud. Untuk membuat sebuah basis data relasional, kita bisa menggunakan CREATE DATABASE statement. Untuk membuat CREATE DATABASE statement, maka kita harus menggunakan klausa CREATE DATABASE pada awal statement.

Contoh CREATE DATABASE Statement
Berikut ini kami sampaikan contoh dari CREATE DATABASE statement dalam SQL.
CREATE DATABASE data_universitas;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk membuat sebuah basis data baru dengan nama data_universitas.

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
CREATE DATABASE : klausa yang digunakan untuk membuat sebuah basis data baru.
data_universitas : nama basis data baru yang dibuat.
Tanda titik koma (;) : tanda untuk mengakhiri suatu statement.

Setelah kita membahas tentang cara membuat sebuah basis data baru, selanjutnya kita akan membahas pula cara untuk menghapus basis data yang telah dibuat tersebut. Untuk menghapus basis data yang telah dibuat, kita bisa menggunakan DROP DATABASE statement. Apa yang dimaksud dengan DROP DATABASE statement?

DROP DATABASE statement adalah blok kode yang berisi perintah untuk menghapus suatu basis data yang telah dibuat. Untuk membuat DROP DATABASE statement, kita harus menggunakan klausa DROP DATABASE pada awal statement.

Contoh DROP DATABASE Statement
DROP DATABASE data_universitas;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menghapus suatu basis data yang telah dibuat.

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
DROP DATABASE : klausa yang digunakan untuk menghapus suatu basis data yang telah dibuat.
data_universitas : nama basis data yang akan dihapus.
Tanda titik koma (;) : tanda untuk mengakhiri suatu statement.

Demikian pembahasan tentang CREATE DATABASE dan DROP DATABASE statement yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar