Sabtu, 06 Juni 2020

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database #4

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
1. Operator dalam SQL yang berfungsi untuk mencari data dengan cara mencocokkan data yang ingin dicari terhadap suatu pola karakter atau rangkaian karakter tertentu adalah….
a. LIKE
b. IN   
c. BETWEEN
d. LIMIT
e. AS

Pembahasan Jawaban
Dalam SQL, operator adalah simbol atau kata kunci yang memiliki fungsi tertentu yang digunakan dalam operasi perhitungan serta perbandingan nilai/data. Terdapat banyak operator yang dapat digunakan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

LIKE
adalah operator dalam SQL yang berfungsi untuk mencari data dengan cara mencocokkan data yang ingin dicari terhadap suatu pola karakter (huruf, angka, simbol) atau rangkaian karakter tertentu.  

Contoh Penggunaan Operator LIKE dalam Statement SQL
SELECT * FROM data_pegawai
WHERE nama_pegawai LIKE 'A%';

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menampilkan semua data pada tabel data_pegawai yang memenuhi syarat, yaitu nama_pegawai berawalan huruf A.



IN
adalah operator dalam SQL yang berfungsi untuk mencari data dengan syarat lebih dari satu. Operator IN pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan operator OR. Perbedaannya, dengan menggunakan operator IN, penulisan syarat untuk pencarian data lebih ringkas jika dibandingkan dengan operator OR.

Contoh Penggunaan Operator IN dalam Statement SQL
SELECT * FROM data_mahasiswa
WHERE alamat_asal IN ('Bandung', 'Jakarta', 'Depok', 'Bekasi');

Contoh Penggunaan Operator OR dalam Statement SQL
SELECT * FROM data_mahasiswa
WHERE alamat_asal = 'Bandung' OR alamat_asal = 'Jakarta'
OR alamat_asal = 'Depok' OR alamat_asal = 'Bekasi';

Pembahasan Statement
Dua Statement tersebut sama-sama berisi perintah untuk menampilkan data dari tabel data_mahasiswa yang memenuhi syarat, yaitu alamat_asal dari Bandung atau Jakarta atau Depok atau Bekasi.



BETWEEN
adalah operator dalam SQL yang berfungsi mencari data dari suatu rentang tertentu.

Contoh Penggunaan Operator BETWEEN dalam Statement SQL
UPDATE data_mahasiswa
SET semester = '6'
WHERE NIM BETWEEN '6110101001' AND '6110101005'

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk mengubah record pada kolom semester yang memenuhi syarat, yaitu rentang NIM berada diantara 6110101001 sampai dengan 6110101005.



LIMIT adalah klausa yang memuat perintah untuk membatasi jumlah record yang muncul pada tabel output sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

Contoh Penggunaan Klausa LIMIT dalam Statement SQL
SELECT * FROM data_mahasiswa
WHERE alamat_asal = 'Bandung'
LIMIT 5;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menampilkan lima record dari tabel data_mahasiswa yang memenuhi syarat, yaitu alamat_asal dari Bandung. Klausa limit dapat dipergunakan pada RDBMS (nama perangkat lunak untuk membuat dan mengelola basis data relasional), yaitu MySQL dan SQLite. 



AS
adalah klausa yang memuat perintah untuk memberikan nama panggilan sementara pada tabel output dari suatu tabel atau kolom tabel. Klausa ini bermanfaat untuk memberikan nama yang ringkas pada tabel atau kolom tabel yang memiliki nama panjang untuk ditampilkan pada tabel output.

Contoh Penggunaan Klausa AS dalam Statement SQL
SELECT nama_mahasiswa AS nama, alamat_asal AS alamat
FROM data_mahasiswa;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah agar membuat nama panggilan sementara untuk kolom nama_mahasiswa menjadi nama, dan kolom alamat_asal menjadi alamat. Setelah membuat nama panggilan sementara, kemudian hasilnya ditampilkan pada tabel output. 

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Database 4
 Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
2. Perhatikan tabel data_mahasiswa berikut ini !
Tabel Count SQL
Berapakah nilai output yang dihasilkan dari perintah SQL berikut ini?
SELECT COUNT (*) FROM data_mahasiswa;
a. 25 
b. 30
c. 6
d. 5
e. 1

Pembahasan Jawaban
COUNT() adalah salah satu function yang terdapat dalam SQL, yang berfungsi untuk menghitung jumlah baris sesuai dengan kriteria yang ditetapkan (menggunakan klausa WHERE). Jika function COUNT() tidak ditambah dengan klausa WHERE, maka nilai output adalah jumlah total baris pada suatu tabel (kolom judul tidak dihitung).

Berdasarkan tabel di dalam soal, jumlah baris yang ada adalah lima baris (kolom judul tidak dihitung). Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d
 
Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
3. Perhatikan tabel nilai_mahasiswa berikut ini!
Tabel MAX SQL
Berapakah nilai output yang dihasilkan dari perintah SQL berikut ini?
SELECT MAX (nilai_fisika) FROM nilai_mahasiswa;
a. 90
b. 70
c. 74
d. 78 
e. 88

Pembahasan Jawaban
MAX () adalah salah satu function yang terdapat dalam SQL, yang berfungsi untuk mencari nilai terbesar pada suatu kolom yang ditentukan. Berdasarkan perintah SQL dalam soal, kolom tabel yang ingin dicari nilai terbesarnya adalah kolom nilai_fisika. Adapun nilai terbesar yang terdapat dalam kolom nilai_fisika adalah 90.

Oleh sebab itu, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
4. Reserved word dalam SQL yang berfungsi untuk menggabungkan hasil dua buah SELECT statement atau lebih, menjadi satu tabel output dengan ketentuan sebagai berikut:
1). Jumlah kolom yang ditetapkan pada masing-masing SELECT statement berjumlah sama;
2). Kolom tabel yang digabungkan harus memiliki tipe data yang setara.
3. Hasil tabel output memuat record data tanpa duplikat.
Berdasarkan syarat-syarat tersebut, maka reserved word yang tepat digunakan adalah….
a. UNION ALL
b. GROUP BY
c. HAVING
d. UNION
e. CASE

Pembahasan Jawaban
Secara etimologi (bahasa), reserved word memiliki arti yaitu kata-kata yang telah dipesan. Artinya, kata-kata tersebut sudah dipesan untuk tidak dapat digunakan dalam keperluan lain (misalnya, untuk penamaan variabel), karena kata-kata tersebut telah memiliki makna atau kegunaan tertentu. Contoh dari reserved word dalam SQL, yaitu klausa dan operator.

UNION ALL adalah operator dalam SQL yang berfungsi untuk menggabungkan dua buah SELECT statement atau lebih, menjadi satu tabel output dengan ketentuan sebagai berikut:
1). Jumlah kolom yang ditetapkan pada masing-masing SELECT statement berjumlah sama;
2). Kolom tabel yang digabungkan harus memiliki tipe data yang setara.
3. Hasil tabel output memuat semua record dari kolom tabel yang digabungkan, walaupun terdapat data duplikat.

Contoh Penggunaan Operator UNION ALL dalam Statement SQL
SELECT alamat_asal
FROM data_mahasiswa
UNION ALL
SELECT alamat_asal
FROM data_dosen;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menggabungkan kolom alamat_asal yang terdapat dalam tabel data_mahasiswa dengan kolom alamat_asal yang terdapat dalam data_dosen menjadi satu tabel output. Jika terdapat data yang duplikat, maka data tersebut akan tetap ditampilkan.

GROUP BY adalah klausa yang memuat perintah untuk mengelompokkan baris yang memiliki nilai-nilai yang sama menjadi satu baris.

Contoh Penggunaan Klausa GROUP BY dalam Statement SQL
SELECT alamat_asal AS Kota Asal, COUNT (alamat_asal) AS Jumlah
FROM data_mahasiswa
GROUP BY alamat_asal;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah, yaitu sebagai berikut:
  1. tampilkan kolom alamat_asal yang berasal dari tabel data_mahasiswa. Namun karena terdapat klausa AS, maka pada tabel output, nama kolom tersebut diubah menjadi Kota Asal.  
  2. tampilkan kolom alamat_asal yang berasal dari tabel data_mahasiswa. Namun karena terdapat klausa AS, maka pada tabel output, nama kolom tersebut diubah menjadi Jumlah.
  3. Pada kolom Jumlah, terdapat function COUNT() yang berfungsi untuk menghitung jumlah record yang terdapat dalam kolom alamat_asal. Namun, karena terdapat klausa GROUP BY, maka jumlah record tersebut dikelompokkan berdasarkan alamat_asal.
  4. Berdasarkan statement tersebut, akhirnya akan diketahui jumlah mahasiswa berdasarkan kota asalnya.
HAVING adalah klausa yang memuat perintah untuk menyaring data sesuai syarat yang ditetapkan. Klausa ini memiliki fungsi yang sama seperti klausa WHERE, oleh sebab itu klausa ini digunakan sebagai pengganti klausa WHERE ketika dikombinasikan dengan aggregate function (karena klausa WHERE tidak bisa dikombinasikan dengan aggregate function). Apa yang dimaksud dengan aggregate function?

Aggregate function adalah function yang melaksanakan operasi perhitungan pada data yang jumlahnya banyak, untuk menghasilkan satu data output. Contoh dari aggregate function adalah MIN(), MAX(), AVG(), SUM() dan COUNT().

Contoh Penggunaan klausa HAVING dalam Statement SQL
SELECT alamat_asal AS Kota Asal, COUNT (alamat_asal) AS Jumlah
FROM data_dosen
GROUP BY alamat_asal
HAVING COUNT (alamat_asal) > 3;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah, yaitu sebagai berikut:
  1. tampilkan kolom alamat_asal yang berasal dari tabel data_dosen. Namun karena terdapat klausa AS, maka pada tabel output, nama kolom tersebut diubah menjadi Kota Asal.   tampilkan kolom alamat_asal yang berasal dari tabel data_dosen. Namun karena terdapat klausa AS, maka pada tabel output, nama kolom tersebut diubah menjadi Jumlah.
  2. Pada kolom Jumlah, terdapat function COUNT() yang berfungsi untuk menghitung jumlah record yang terdapat dalam kolom alamat_asal. Namun, karena terdapat klausa GROUP BY, maka jumlah record tersebut dikelompokkan berdasarkan alamat_asal.
  3. Dalam statement tersebut, terdapat klausa HAVING yang digabung dengan function COUNT(), yang memiliki arti bahwa harus lebih dari tiga dosen yang tinggal di satu kota tertentu agar muncul pada tabel output.
  4. Berdasarkan statement tersebut, akhirnya akan diketahui jumlah dosen berdasarkan kota asalnya. Namun, data Kota Asal yang ditampilkan, hanya Kota Asal yang ditinggali oleh lebih dari tiga dosen.
UNION adalah operator dalam SQL yang berfungsi untuk menggabungkan dua buah SELECT statement atau lebih, menjadi satu tabel output dengan ketentuan sebagai berikut:
1). Jumlah kolom yang ditetapkan pada masing-masing SELECT statement berjumlah sama;
2). Kolom tabel yang digabungkan harus memiliki tipe data yang setara.
3. Hasil tabel output memuat record data tanpa duplikat.

Contoh Penggunaan Operator UNION dalam Statement SQL
SELECT alamat_asal
FROM data_mahasiswa
UNION
SELECT alamat_asal
FROM data_dosen;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk menggabungkan kolom alamat_asal yang terdapat dalam tabel data_mahasiswa dengan kolom alamat_asal yang terdapat dalam data_dosen menjadi satu tabel output. Jika terdapat data yang duplikat, maka hanya satu data yang ditampilkan (tanpa duplikat).

CASE adalah klausa yang berisi perintah untuk memeriksa suatu kondisi tertentu, jika kondisi tertentu terpenuhi, maka kita bisa menentukan tindakan sesuai dengan keinginan, jika kondisi tidak terpenuhi, maka kita bisa menentukan tindakan sesuai dengan keinginan. Penggunaan klausa CASE ini mirip dengan penggunaan function IF pada Microsoft Excel.

Contoh Penggunaan klausa CASE dalam Statement SQL
SELECT NIM, nilai_geografi,
CASE
WHEN nilai_geografi >= 70 THEN  'Lulus'
ELSE 'Tidak Lulus'
END AS status
FROM nilai_mahasiswa;

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah sebagai berikut:
  1. tampilkan kolom NIM, nilai_geografi, dan status (kolom output dari hasil klausa CASE) yang terdapat dalam tabel nilai_mahasiswa;
  2. Jika nilai_geografi yang dimiliki mahasiswa (dilihat berdasarkan NIM) lebih dari sama dengan tujuh puluh, maka munculkan tulisan Lulus pada kolom status.
  3. Jika nilai_geografi kurang dari tujuh puluh, maka munculkan tulisan Tidak Lulus pada kolom status.
Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d
 
Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Database
5. Perhatikan statement SQL berikut ini!
CREATE TABLE pelayanan_KTP (
nomor_pelayanan INT NOT NULL,
nama_pemohon VARCHAR DEFAULT 'Anton',
tanggal_pelayanan DATE NOT NULL,
umur_pemohon INT CHECK (umur_pemohon >= 17)
);
Berikut ini merupakan penjelasan yang tepat dari statement SQL tersebut, kecuali….
a. membuat tabel baru dengan nama pelayanan_KTP
b. membuat kolom tabel baru dengan nama, yaitu nomor_pelayanan, nama_pemohon, tanggal_pelayanan, dan umur_pemohon
c. umur pemohon pelayanan KTP harus lebih dari 17 tahun
d. pada kolom tanggal_pelayanan, tidak diizinkan untuk membuat data kosong.
e. jika data pada kolom nama_pemohon kosong, maka nama_pemohon disetting nilainya menjadi Anton.

Pembahasan Jawaban
Statement tersebut berisi perintah-perintah sebagai berikut.
  1. Membuat tabel baru dengan nama pelayanan_KTP;
  2. Membuat kolom tabel baru dengan nama, yaitu nomor_pelayanan, nama_pemohon, tanggal_pelayanan, dan umur_pemohon;
  3. Pada kolom pelayanan, tipe data adalah integer. Kemudian, tidak diizinkan untuk membuat data kosong (NOT NULL).
  4. Pada kolom nama_pemohon, jika data kosong, maka nama_pemohon disetting nilainya menjadi Anton.
  5. Pada kolom tanggal_pelayanan, tipe data adalah date. Kemudian, tidak diizinkan untuk membuat data kosong (NOT NULL).
  6. Umur pemohon pelayanan KTP minimal 17 tahun atau lebih.
Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Jawaban c

Demikian latihan soal SKB CPNS tentang Jabatan Pengelola Database yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

1 komentar: