Selasa, 07 Mei 2019

Contoh Soal Tes Wawancara P3K Tahap 1 Tahun 2019

Soal Tes Seleksi P3K - untuk mempersiapkan diri dalam rangka pelaksanaan seleksi P3K Tahap 2 Tahun 2019, Kami informasikan berdasarkan Field Report (FR) salah seorang peserta yang telah mengikuti seleksi, bahwa dalam soal tes kompetensi dan Wawancara P3K, setiap soal memiliki empat pilihan jawaban, berbeda dengan soal tes CPNS yang biasanya terdapat lima pilihan jawaban.

Adapun gambaran soal tes wawancara P3K adalah sebagai berikut :
1. Anda ditunjuk sebagai Ketua Rapat dan ketika rapat sedang berlangsung ada salah seorang peserta rapat yang menerima telepon. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan ?
a. Membiarkannya 
b. Menegurnya supaya keluar dari rapat
c. Membiarkannya menerima telepon
d. Berbisik kepadanya supaya berhenti menerima telepon

Jawaban Soal Tes Wawancara P3K :
Bila kita analisis soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai ketua rapat. Seorang ketua rapat harus mempunyai wibawa, tegas, tanggung jawab dan bijaksana dalam mengatur jalannya rapat.

Kemudian, bila kita lihat pilihan jawaban a yaitu membiarkannya, jawaban kurang tepat karena tindakan seperti itu memiliki kesan bahwa Anda sebagai ketua rapat tidak tegas serta tidak peduli dengan bagaimana seharusnya rapat berjalan.

Adapun bila kita melihat pilihan jawaban b yaitu menegurnya supaya keluar dari rapat, jawaban juga kurang tepat. Alasannya meskipun tindakan seperti itu tegas namun tidak bijaksana karena mungkin saja peserta rapat tersebut menerima telepon yang sangat penting dan mendesak.

Selanjutnya, pilihan jawaban c yaitu membiarkannya menerima telepon merupakan jawaban yang paling tepat, karena tindakan tersebut merupakan tindakan bijaksana serta dapat dimaklumi karena peserta rapat tersebut bisa saja menerima telepon yang sangat penting penting dari keluarga, rekan kerja atau pihak lain. Berbeda dengan pilihan jawaban a yang tidak spesifik, pada pilihan jawaban c ada keterangan spesifik tentang tindakan yang dilakukan.

Terakhir bila kita melihat pilihan jawaban d, yaitu berbisik kepadanya supaya berhenti menerima telepon juga merupakan tindakan yang kurang tepat. Alasannya meskipun terlihat sopan tapi ada kesan kita tidak menghargai kepentingan orang lain juga yang bisa saja peserta rapat tersebut menerima telepon yang sangat penting dan mendesak.
Contoh Soal Tes Wawancara P3K
2. Anda merupakan seorang asisten yang bertugas membantu dokter dalam proses operasi bedah. Saat itu Anda ditugaskan untuk membantu dokter yang akan melaksanakan operasi bedah, namun Anda mengetahui bahwa dokter tersebut dalam keadaan mabuk minuman alkohol. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan ?
a. Menegur dokter tersebut
b. Melaporkan kepada atasan bahwa dokter dalam keadaan mabuk
c. Membiarkannya yang penting pelaksanaan tercapai
d. Tetap membantu dokter tersebut dan bila terjadi apa-apa Anda punya alasan supaya tidak disalahkan

Jawaban Soal Tes Wawancara P3K :
Bila kita analisis bahwa posisi Anda pada soal ini yaitu sebagai seorang Asisten yang harus profesional dan berdedikasi dalam membantu tugas dokter. Namun disisi lain, posisi Anda sebagai pelayan kesehatan juga harus memperhatikan betul-betul kesehatan dan keselamatan pasien serta SOP (Standar Operasional Prosedur).

Pilihan jawaban a, kurang tepat karena posisi dokter dalam keadaan mabuk. Dalam keadaan mabuk akal sehat dan nalarnya kurang jalan, sehingga meski Anda menegurnya kemungkinan besar akan dihiraukan.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat karena pada posisi mabuk, biasanya akal sehat dan nalar seseorang kurang jalan dan berpotensi membahayakan orang lain sehingga untuk mencegah tindakan malapraktik melaporkan kepada atasan merupakan tindakan yang tepat.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat karena membiarkannya berarti Anda juga ikut terlibat dalam tindakan malapraktik yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan pasien.

Pilihan jawaban d juga merupakan pilihan yang kurang tepat karena Anda telah membantu seseorang yang bisa saja mencelakakan pasien dan berbuat malapraktik dan tidak mencerminkan sikap sebagai seorang pelayan kesehatan yang profesional.

Demikian, contoh soal tes wawancara P3K beserta jawaban yang dapat Kami informasikan. Baca juga artikel lainnya untuk menambah kesiapan kita dalam menghadapi seleksi P3K Tahap 2 yang segera akan dilaksanakan.
Daftar Isi - Informasi Lengkap dan Contoh Soal P3K Terbaru
Informasi tentang nilai ambang batas seleksi P3K
Grup Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

1 komentar: