Jumat, 10 Mei 2019

Siapkan Persyaratan Ini Sebelum Pengumuman Tes Seleksi P3K

Syarat Administrasi Tes Seleksi P3K - sambil menunggu pengumuman tes seleksi P3K Tahap 2 Tahun 2019, sebaiknya kita persiapkan syarat-syarat Administrasi yang dapat kita penuhi sekarang untuk pendaftaran mengikuti seleksi tersebut, dengan menganalisis persyaratan pendaftaran pada seleksi P3K Tahap 1 Tahun 2019 yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Adapun persyaratan yang dapat kita persiapkan dari awal, sebelum pengumuman tes seleksi P3K adalah sebagai berikut :
1. Alamat E-Mail
Pada seleksi Tahap I kemarin, kita diminta untuk mempunyai e-mail sebagai syarat untuk mendapatkan akun peserta seleksi P3K. Oleh sebab itu, bagi calon peserta yang belum membuat e-mail agar membuatnya sekarang. Walaupun bukan bagian dari penilaian, Persiapkan nama e-mail yang baik sehingga alamat e-mail kita terlihat profesional.

2. Scan Ijazah dan Transkrip Nilai Asli
Persyaratan tiap-tiap instansi pemerintah tidaklah sama, ada instansi yang persyaratan administrasinya harus diunggah secara online atau ada juga instansi yang persyaratannya harus dikirimkan lewat Pos. Bagi instansi yang persyaratan administrasinya harus diunggah secara online, kita bisa persiapkan dari sekarang untuk menscan Ijazah dan Transkrip Nilai Asli kita di mesin scanner. 

Hasil dari Scan Ijazah dan Transkrip Nilai Asli, kita simpan dalam bentuk .jpg sehingga jika pengumuman seleksi P3K Tahap 2 sudah ada, kita tinggal sesuaikan format file apa yang diminta (biasanya antara .jpg atau .pdf) dan kita bisa mengedit berapa ukuran minimal atau maksimal file yang harus diunggah tersebut dengan aplikasi editing foto seperti : adobe photoshop, dll.

3. Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai
Bagi yang kangen dengan sekolah atau kampus tempat kita menimba ilmu, kita bisa mengunjungi sekolah atau kampus sambil melegalisir Ijazah dan Transkrip Nilai. Sediakan fotokopi Ijazah dan Transkrip sesuai kebutuhan kita kemudian berikan kepada bagian administrasi / TU agar fotokopi ijazah dan transkrip kita di proses untuk dilegalisir. 

Mempersiapkan legalisir ijazah dan transkrip nilai dari sekarang juga memiliki keuntungan, karena biasanya proses legalisir kadangkala tidak bisa dilakukan pada hari itu juga, mengingat Pejabat yang mengesahkan kadangkala tidak ada ditempat. Proses legalisir bisa berhari-hari sehingga lebih baik persyaratan administrasi yang dapat kita persiapkan sekarang, maka persiapkanlah terlebih dahulu.

Kemudian pada saat legalisir dari pihak sekolah atau kampus telah dilaksanakan, teliti kembali jangan sampai tanda tangan Pejabat yang mengesahkan adalah tanda tangan hasil scan, karena banyak instansi pemerintah khususnya yang persyaratannya harus dikirim lewat pos langsung menggugurkan persyaratan yang tanda tangan Pejabatnya di scan.

Apabila tanda tangan legalisir pejabatnya asli menggunakan tinta pulpen serta di cap basah, scan legalisir tersebut untuk nanti kita gunakan pada proses pendaftaran seleksi P3K atau bahkan seleksi CPNS juga jika instansi mengharuskan dokumen diunggah secara online.

4. Scan Kartu Tanda Penduduk
Bagi yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) segera urus pembuatannya di Dinas Kependudukan Kabupaten/Kota masing-masing. Proses pembuatan KTP bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu sehingga ada baiknya kita segera ajukan pembuatannya agar pada saat pengumuman pendaftaran kita tidak panik untuk mempersiapkan KTP dimaksud.

Adapun bagi yang sudah punya KTP, scan KTP dan masukan file hasil scan kedalam satu folder dengan persyaratan administrasi lainnya sehingga ketika dibutuhkan kita bisa langsung pakai.
5. Foto
Pada saat difoto gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi kemudian simpan file foto kita dikomputer dan satukan dalam satu folder agar praktis. Kemudian agar semua file aman backup juga semua file yang telah discan beserta foto dalam penyimpanan berbasis cloud sehingga bila sewaktu-waktu komputer, laptop atau flash disk kita kena virus atau filenya mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, filenya sudah tersimpan dalam penyimpanan berbasis cloud (contoh : google drive).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, baca juga artikel lainnya untuk menambah wawasan dan kesiapan dalam menghadapi seleksi P3K tahap 2 secara lebih matang.
Menu Utama - Informasi Seleksi P3K Tahun 2019
Nilai Minimal Seleksi P3K yang harus dicapai oleh setiap peserta

Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Tahun 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar