Senin, 24 Oktober 2022

Latihan Soal Tes PPPK | Kompetensi Manajerial #2

Latihan Soal Tes PPPK | Kompetensi Manajerial
1. Anda adalah seorang staf di suatu instansi pemerintah. Anda mengetahui terdapat beberapa orang yang berlaku curang terhadap sistem kehadiran pegawai. Bagaimana tindakan Anda?
a. memberikan toleransi terhadap tindakan tersebut, karena tidak merugikan hak pegawai lainnya.
b. mengingatkan rekan kerja agar tidak berbuat curang.
c. memberikan sanksi terhadap pegawai yang berlaku curang.
d. berharap agar ada orang lain yang mengetahui kecurangan tersebut.

Pembahasan Jawaban
Bila kita analisis, terdapat beberapa jawaban yang dapat langsung dieliminasi. Pilihan jawaban a dapat langsung dieliminasi. Alasannya, karena memberikan toleransi terhadap tindakan yang melanggar ketentuan merupakan suatu hal yang tidak tepat, sehingga bukan merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 1).

Selanjutnya, pilihan jawaban c juga dapat langsung dieliminasi. Alasannya, karena dalam soal dijelaskan bahwa Anda adalah seorang staf, sehingga tidak memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi terhadap pegawai yang berlaku curang (nilai 2).

Berdasarkan hasil eliminasi, tersisa dua pilihan jawaban, yaitu pilihan jawaban b dan pilihan jawaban d. Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena mengingatkan rekan kerja agar tidak berbuat curang merupakan tindakan yang mencerminkan seorang pegawai yang memiliki integritas.

Salah satu bentuk kompetensi manajerial adalah integritas. Kemudian, salah satu indikator perilaku dalam integritas adalah mengingatkan rekan kerja untuk bertindak sesuai nilai, norma dan etika (nilai 4).

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun Anda cenderung tidak setuju dengan kecurangan yang terjadi, tetapi Anda tidak melakukan tindakan nyata dalam rangka menghentikan kecurangan tersebut (nilai 3).

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: