Selasa, 18 Oktober 2022

Latihan Soal PPPK Pranata Komputer Terampil

Latihan Soal PPPK Pranata Komputer Terampil
1. Object Oriented Programming adalah konsep pemrograman berbasis objek. Berikut ini yang merupakan pilar-pilar yang terdapat dalam Object Oriented Programming adalah....
a. Encapsulation, Hoisting, Inheritance, Abstraction
b. Inheritance, Encapsulation, Abstraction, Polymorphism
c. Convolutional, Abstraction, Inheritance, Hoisting
d. Abstraction, Polymorphism, Inheritance, Multiparadigm
e. Hoisting, Inheritance, functional, Encapsulation

Pembahasan Jawaban
Pilar-pilar yang terdapat dalam Object Oriented Programming (OOP), yaitu Encapsulation, Abstraction, Inheritance dan Polymorphism.

1. Encapsulation
Encapsulation adalah pilar dalam OOP yang mengadopsi fungsi kapsul obat dalam membungkus zat-zat yang terkandung di dalamnya. Dengan encapsulation, maka objek diibaratkan sebagai kapsul obat yang memiliki fungsi untuk membungkus informasi-informasinya yang terkandung didalamnya, sehingga terlindungi dari pengaruh luar (terubahnya informasi yang terdapat dalam objek atau membatasi akses informasi yang terdapat dalam objek).

2. Abstraction
Abstraction adalah pilar dalam OOP yang bertujuan menyembunyikan kinerja detail suatu objek, agar penggunaan objek lebih sederhana. Dalam kehidupan nyata, contoh penerapan abstraction ini dapat kita lihat pada penggunaan dispenser (dispenser dapat kita ibaratkan sebagai objek).

Ketika kita ingin menuangkan air panas dari dispenser, maka yang perlu kita lakukan adalah menekan tombol air panas pada dispenser saja, tanpa perlu mengetahui bagaimana proses-proses detail cara kerja dispenser dalam memanaskan air tersebut.

3. Inheritance
Inheritance adalah pilar dalam OOP yang menyatakan bahwa karakteristik suatu objek dapat diturunkan kepada objek turunannya.

4. Polymorphism
Polymorphism adalah pilar dalam OOP yang menyatakan bahwa suatu objek yang sama dapat memiliki bentuk yang berbeda.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: