Minggu, 11 September 2022

[Update] Latihan Soal Tes PPPK | Pekerja Sosial (Kompetensi Teknis)

Latihan Soal Tes PPPK | Kompetensi Teknis Pekerja Sosial Ahli Pertama

1. Berikut ini hal-hal yang tepat berkaitan dengan pelaksanaan pengangkatan anak, kecuali....

a. calon orang tua angkat boleh berbeda agama, selama mereka bersedia menandatangani surat pernyataan akan mengurus anak secara baik dengan dibubuhi materai.

b. pengangkatan anak tidak dapat menghilangkan hubungan darah antara orang tua kandung dengan anak yang akan diangkat oleh orang tua angkat.

c. warga negara asing dapat melakukan pengangkatan anak yang memiliki kewarganegaraan Indonesia.

d. syarat anak yang akan diangkat untuk menjadi anak angkat salah satunya adalah belum berusia 18 tahun.   

e. calon orang tua angkat yang akan mengadopsi anak harus berstatus menikah paling singkat 5 tahun.


Pembahasan Jawaban

Bila kita analisis, soal tersebut berisi permasalahan tentang pelaksanaan pengangkatan anak. Salah satu aturan yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan pengangkatan anak, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak.


Dalam peraturan pemerintah tersebut, terdapat ketentuan-ketentuan terkait pelaksanaan pengangkatan anak, sehingga kita bisa menganalisis pilihan jawaban yang tepat.


Bila kita analisis pilihan-pilihan jawaban yang tersedia dalam soal tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a. Alasannya, karena dalam Pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007, dijelaskan bahwa calon orang tua angkat harus seagama dengan calon anak angkat, kecuali asal-usul anak dan agama anak tidak diketahui.


Oleh sebab itu, meskipun calon orang tua angkat bersedia menandatangani surat pernyataan akan mengurus anak secara baik dengan dibubuhi materai, hal tersebut tidak dapat dilakukan apabila calon orang tua angkat berbeda dengan calon anak angkat. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.


Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: