Selasa, 13 September 2022

Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Pengawas Alat dan Mesin Pertanian

Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Pengawas Alat dan Mesin Pertanian


1. Dalam rangka perlindungan mutu, keselamatan serta keamanan, maka diperlukan pengujian alat dan mesin budidaya tanaman. Salah satu bentuk pengujian alat dan mesin budidaya tanaman tersebut dapat dilakukan melalui uji berikut ini, kecuali....

a. uji verifikasi

b. uji unjuk kerja

c. uji pengamatan

d. uji beban berkesinambungan

e. uji kesesuaian


Pembahasan Jawaban

Untuk dapat menjawab soal ini secara tepat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu bentuk-bentuk pengujian alat dan mesin budidaya tanaman. Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 05/Permentan/OT.140/1/2007 tentang Syarat dan Tata Cara Pengujian dan Pemberian Sertifikat Alat dan Mesin Budidaya Tanaman, dijelaskan terdapat lima bentuk pengujian dalam menguji alat dan mesin budidaya tanaman.


1. Uji Verifikasi

Uji verifikasi merupakan pengujian alat dan mesin budidaya tanaman yang bertujuan untuk memeriksa kesesuaian antara spesifikasi teknis yang tercantum dalam brosur dibandingkan dengan alat dan mesin sebenarnya.


2. Uji Unjuk Kerja

Uji unjuk kerja merupakan pengujian alat dan mesin budidaya tanaman yang bertujuan untuk menilai kinerja serta keamanan penggunaan alat dan mesin yang diuji. 


3. Uji Beban Berkesinambungan

Uji beban berkesinambungan merupakan pengujian alat dan mesin budidaya tanaman yang bertujuan untuk menilai ketahanan dari alat dan mesin pada kondisi operasi optimal dalam waktu tertentu.


4. Uji Pelayanan

Uji pelayanan merupakan pengujian alat dan mesin budidaya tanaman yang bertujuan untuk menilai mudah tidaknya suatu alat dan mesin dioperasikan


5. Uji Kesesuaian

Uji kesesuaian merupakan pengujian alat dan mesin budidaya tanaman yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian alat dan mesin yang sedang diuji pada berbagai kondisi uji atau spesifikasi lokasi.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.