Sabtu, 03 September 2022

Latihan Soal Wawancara Tes PPPK Bagian 1

Latihan Soal Wawancara Tes PPPK


1. Apabila Anda telah lulus menjadi PPPK, apa kontribusi yang akan diberikan untuk instansi tempat bekerja?

a. Saya akan bekerja sesuai dengan arahan pimpinan, sehingga tugas dapat dilaksanakan secara baik. 

b. Saya akan bekerja sesuai target yang telah ditetapkan, agar visi dan misi instansi dapat tercapai.

c. saya akan bekerja semaksimal mungkin agar instansi tempat saya bekerja mendapatkan prestasi-prestasi terbaik.

d. saya akan bekerja lebih giat dari teman-teman satu angkatan agar menjadi teladan dalam melaksanakan tugas.


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena bekerja sesuai dengan arahan pimpinan merupakan hal yang penting, agar tugas dapat dilaksanakan secara baik, dalam rangka memberikan kontribusi positif bagi instansi tempat bekerja (nilai 2).


Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena sebagai seorang pegawai memiliki kewajiban untuk bekerja dalam rangka memenuhi target yang ditetapkan, sehingga visi dan misi instansi yang ditetapkan dapat tercapai (nilai 3).


Pilihan jawaban b lebih baik dari pilihan jawaban a. Alasannya, karena tindakan dalam pilihan jawaban a mencerminkan Anda adalah orang yang cenderung pasif dalam bekerja, sehingga hanya menuruti arahan pimpinan saja. Meskipun hal tersebut tepat, tetapi terdapat tindakan yang lebih baik dalam konteks menyelesaikan pekerjaan serta memberikan kontribusi positif bagi instansi.


Adapun dalam pilihan jawaban b, Anda cenderung lebih aktif karena memiliki pola pemikiran bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan sesuai target, sehingga Anda terdorong membuat ide/gagasan dalam pencapaian target kinerja tersebut, agar visi dan misi instansi dapa tercapai.


Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang paling tepat. Alasannya, karena bekerja semaksimal mungkin menandakan bahwa Anda memiliki keinginan untuk melaksanakan kinerja melebihi target yang ditetapkan. Ketika Anda melaksanakan kinerja melebihi target yang ditetapkan, maka instansi tempat bekerja mendapatkan prestasi-prestasi terbaik (nilai 4).


Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pilihan jawaban ini kurang sesuai dengan konteks soal yang ditanyakan. Soal yang ditanyakan terkait kontribusi apa yang dapat Anda diberikan bagi instansi tempat bekerja, tetapi fokus kerja Anda tidak berorientasi pada instansi, melainkan pada teman-teman seangkatan (nilai 1).


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.


6. Dalam melaksanakan pekerjaan, apakah Anda lebih senang bekerja sendirian atau bekerja secara berkelompok?
a. saya dapat bekerja sendiri maupun bekerja kelompok dalam berbagai kondisi.
b. saya dapat bekerja kelompok dengan orang yang sudah saya kenal secara baik.
c. saya dapat bekerja secara lebih maksimal ketika bekerja sendiri, karena pekerjaan lebih fokus.
d. saya dapat bekerja kelompok secara lebih maksimal, saat mengerjakan pekerjaan yang berat.

Pembahasan Jawaban
Untuk dapat mengetahui pilihan jawaban yang paling tepat secara cepat, maka Anda dapat memilih pilihan jawaban yang menyatakan bahwa Anda dapat bekerja sendirian maupun bekerja secara kelompok. Alasannya, karena tujuan soal ini ingin menilai integritas dan kemampuan adaptasi yang Anda miliki.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang paling tepat adalah pilihan jawaban a.

Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: