Selasa, 30 Agustus 2022

Latihan Soal Tes PPPK | Kompetensi Sosial Kultural #1

Latihan Soal Tes PPPK | Kompetensi Sosial Kultural

1. Dalam lingkungan pekerjaan, saya akan bertemu dengan orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang suku, budaya dan kebiasaan yang berbeda. Ada orang yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya tentang saya, namun ada pula orang yang cuek dan tidak terlalu peduli terhadap saya. Menanggapi situasi tersebut, ketika bertemu dengan orang yang sangat aktif mengkritik, saya akan bersikap terbuka dan menjadikan kritik sebagai masukan yang bersifat membangun agar saya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi?

a. sangat setuju

b. setuju

c. ragu-ragu

d. tidak setuju

e. sangat tidak setuju


Pembahasan jawaban

Untuk menjawab soal tersebut secara tepat, kita harus mencari kalimat yang menjadi kunci permasalahan dalam soal yang sedang dianalisis. Kalimat yang menjadi kunci permasalahan dalam soal tersebut, yaitu saya akan bersikap terbuka dan menjadikan kritik sebagai masukan yang bersifat membangun agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Bila kita analisis, kalimat tersebut merupakan kalimat positif. Alasannya, karena kalimat tersebut mencerminkan bahwa saya adalah orang yang baik dan terbuka terhadap kritik, sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban yang mengandung kata-kata positif. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a. sangat setuju.


Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: