Selasa, 23 Agustus 2022

Latihan Soal Tes PPPK | Kompetensi Manajerial #1

Latihan Soal Tes PPPK | Kompetensi Manajerial
1. Hari ini Anda diminta oleh pimpinan untuk menggantikan sementara waktu pegawai yang bertugas dibagian gudang, sehubungan pegawai yang bertugas dibagian tersebut sedang sakit. Kondisi ruangan kerja di gudang panas serta pengap. Hal ini berbeda dengan kondisi ruangan kerja Anda biasanya. Bagaimana Anda menyikapi hal tersebut?
a. menerima pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan untuk bertugas dibagian gudang.
b. menolak pekerjaan tersebut secara halus, karena merasa tidak cocok bekerja di ruangan yang panas dan pengap.
c. merasa tertantang untuk mengerjakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya.
d. menolak pekerjaan tersebut dan mengusulkan kepada pimpinan untuk menugaskan pegawai lain dalam menyelesaikan tugas dibagian gudang.

Pembahasan Jawaban
Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda bersedia menerima pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan, untuk bertugas dibagian gudang dalam rangka menggantikan sementara waktu pegawai yang sedang sakit (nilai 3). 

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena tindakan yang Anda lakukan mencerminkan pegawai yang kurang mampu beradaptasi dengan situasi kerja baru (nilai 2).

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang paling tepat. Alasannya, karena Anda menerima pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan serta berusaha mengerjakan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. 

Hal tersebut sesuai dengan salah satu kompetensi manajerial, yaitu berorientasi pada hasil. Salah satu indikator perilaku yang mencerminkan berorientasi pada hasil adalah menetapkan dan berupaya mencapai standar kerja pribadi yang lebih tinggi dari standar kerja yang ditetapkan organisasi (nilai 4).

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda telah diberikan kepercayaan oleh atasan untuk melaksanakan suatu tugas, tetapi Anda tidak percaya diri untuk melaksanakan tugas tersebut, sehingga mengusulkan kepada pimpinan agar menugaskan pegawai lain (nilai 1).

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang paling tepat adalah pilihan jawaban c.


Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: