Senin, 04 Juli 2022

Pembahasan Lengkap Dasar-Dasar Aljabar (Updated)

Apa yang dimaksud aljabar?

Aljabar adalah cabang dari ilmu matematika yang mempelajari tentang penggunaan huruf-huruf sebagai alat bantu dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. 

Jika biasanya dalam matematika hanya menggunakan angka-angka saja, maka dalam aljabar huruf digunakan untuk membantu angka dalam menyelesaikan masalah matematika. 

Materi ini telah diupdate pada tanggal 17 Juli 2022.

Apa yang dimaksud variabel?

Sebelumnya telah dijelaskan, bahwa dalam aljabar kita menggunakan huruf-huruf untuk membantu angka dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. Huruf-huruf yang digunakan untuk membantu angka dalam menyelesaikan suatu masalah matematika disebut sebagai variabel.

Huruf-huruf alfabet (dari huruf a sampai dengan huruf z) sebenarnya dapat digunakan sebagai simbol untuk variabel. Namun, pada umumnya huruf-huruf alfabet yang sering digunakan untuk variabel adalah huruf a, b, c, x, y dan z. 

Apa yang dimaksud dengan suku, koefisien dan konstanta?

Perhatikan contoh aljabar berikut ini!
5x + 3y + 7

Bila kita analisis, contoh aljabar tersebut memiliki tiga suku, yaitu suku pertama (nilainya 5x), suku kedua (nilainya 3y) dan suku ketiga (nilainya 7). Dalam aljabar, suku adalah huruf, angka atau gabungan keduanya (gabungan huruf dan angka) yang dipisahkan oleh operasi aritmetika (penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian).

Setelah kita mengetahui tentang suku, kita perlu mengetahui pula tentang koefisien dan konstanta. Koefisien adalah angka yang dibelakangnya memiliki variabel. Pada contoh sebelumnya, angka 5 (pada 5x) dan angka 3 (pada 3y) adalah koefisien.

Adapun konstanta adalah angka yang dibelakangnya tidak memiliki variabel. Pada contoh sebelumnya, angka 7 adalah konstanta karena dibelakangnya tidak memiliki variabel.

Latihan Soal 1

12x + 4y + 8

1. Berapa banyak suku dalam aljabar tersebut?
2. Suku mana yang memiliki koefisien?
3. Suku mana yang berisi konstanta saja?
4. Ada berapa variabel dalam aljabar tersebut?
  1. Dalam aljabar tersebut, terdapat tiga suku, yaitu suku pertama (nilainya 12x), suku kedua (nilainya 4y) dan suku ketiga (nilainya 8).
  2. Suku yang memiliki koefisien adalah suku pertama dan suku kedua.
  3. Suku yang berisi konstanta saja adalah suku ketiga.
  4. Terdapat dua variabel dalam aljabar tersebut, yaitu variabel x dan variabel y.

Silahkan klik tombol dibawah ini untuk melanjutkan membaca artikel: