Rabu, 13 Juli 2022

LATIHAN SOAL UJIAN PENGADAAN BARANG/JASA (UPDATED)

Berikut ini kami sampaikan latihan soal ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa yang telah diupdate per tanggal 20 Juli 2022. Semoga melalui latihan soal ini, para peserta dapat mempersiapkan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa secara lebih baik.


Latihan Soal Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa


1. Ruang lingkup pengadaan barang/jasa yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 dan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 mengatur hanya untuk pengadaan barang/jasa yang sumber dananya berasal dari APBN/APBD.

a. benar
b. salah


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Alasannya, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 dalam Pasal 2 huruf a, b dan c, dijelaskan bahwa ruang lingkup pengadaan barang/jasa yang diatur dengan peraturan presiden ini tidak hanya pengadaan barang/jasa yang sumber dananya berasal dari APBN/APBD saja.


Selain pengadaan barang/jasa yang bersumber dari APBN/APBD, dana yang bersumber dari pinjaman dalam negeri, pinjaman luar negeri, hibah dalam negeri dan hibah luar negeri juga diatur dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 ini.


Selanjutnya, berdasarkan hasil penelusuran di Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021, ruang lingkup pengaturan pengadaan barang/jasa ini tidak mengalami perubahan, sehingga masih tetap berlaku.


Latihan Soal Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa


2. Sanggahan yang berkaitan dengan ketidakpuasan pengumuman pemenang penyedia barang/jasa ditujukan kepada PPK (Pejabat Pembuat Komitmen).

a. benar
b. salah


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Alasannya, karena dalam Pasal 10 Ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 dijelaskan bahwa KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) yang memiliki kewenangan untuk menjawab sanggah banding peserta tender, sehingga sanggahan terkait ketidakpuasan pengumuman pemenang penyedia barang/jasa ditujukan kepada KPA bukan PPK.


Latihan Soal Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa


3. Pengguna anggaran berwenang mengusulkan penyedia untuk pengadaan dengan menggunakan metode pengadaan langsung jasa konsultasi.
a. benar
b. salah

Pembahasan Jawaban
Pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Alasannya, karena dalam Pasal 9 Ayat (1) huruf n angka 2 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 dijelaskan bahwa PA (Pengguna Anggaran) berwenang untuk menetapkan (bukan mengusulkan) pemenang penyedia dalam hal penunjukan langsung jasa konsultasi dengan nilai pagu anggaran minimal diatas Rp.10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah).

Latihan Soal Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa
4. Pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang dilakukan secara swakelola dilakukan melalui koperasi usaha kecil.
a. benar
b. salah

Pembahasan Jawaban
Pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Alasannya, karena swakelola adalah pengadaan barang/jasa yang cara memperoleh barang/jasanya dilakukan sendiri, sehingga tidak dilakukan oleh pihak luar diantaranya melalui koperasi usaha kecil.

Latihan Soal Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa
5. Berdasarkan ketentuan bahwa Anggota Pokja Pemilihan beranggotakan minimal 1 orang dan dapat ditambah sesuai dengan tingkat kompleksitas pekerjaan.
a. benar
b. salah

Pembahasan Jawaban
Pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b. Alasannya, karena berdasarkan Pasal 13 Ayat (2) dan Ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 dijelaskan bahwa Anggota Pokja Pemilihan beranggotakan 3 orang dapat dapat ditambah sesuai  dengan tingkat kompleksitas sepanjang berjumlah gasal (ganjil).



Silahkan klik nomor dibawah ini untuk melanjutkan membaca artikel: