Senin, 06 September 2021

Latihan Soal Tes CPNS Tahun 2021 | TWK Bagian Satu

Latihan Soal TWK CPNS 2021 | Pancasila

1. Youtuber milenial yang membuat konten kreatif, sehingga melalui karyanya dapat membanggakan Negara Indonesia merupakan contoh implementasi pancasila, yaitu sila….

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat

e.  kelima


Pembahasan Jawaban

Kegiatan yang dilakukan oleh Youtuber sebagaimana dimaksud pada soal merupakan contoh implementasi Pancasila, yaitu sila ketiga. Alasannya, karena salah satu butir pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila sila ketiga, yaitu mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

 

Latihan Soal TWK CPNS 2021 | Pancasila

2. Kesediaan warga negara untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 yang bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok, sehingga Indonesia dapat menghadapi pandemi Covid-19 ini merupakan pengamalan pancasila, yaitu sila….

a. pertama

b. kedua

c. ketiga

d. keempat

e.  kelima


Pembahasan Jawaban

Kesediaan warga negara untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud pada soal merupakan contoh pengamalan Pancasila, yaitu sila ketiga. Alasannya, karena salah satu butir pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila sila ketiga, yaitu sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.


Latihan Soal TWK CPNS 2021 | Bahasa Indonesia

3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!

(1) Andi memang patut dijuluki sebagai ahli dalam permainan catur. 

(2) Alasannya, karena pada tahun 2020 dia menjadi juara 1 pada kejuaraan catur di tingkat provinsi. 

(3) Orang tuanya mengungkapkan bahwa Andi gemar dengan permainan catur sejak kecil. 

(4) Andi menyebutkan bahwa permainan catur adalah permainan yang paling baik diantara permainan lainnya. 

(5) Andi mengungkapkan karena permainan catur dapat mengasah otak serta meningkatkan ketelitian dalam berpikir 

Kalimat yang berupa fakta, yaitu kalimat nomor….

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)


Pembahasan Jawaban

Apabila kita analisis kalimat-kalimat yang terdapat pada soal, maka hasilnya yaitu sebagai berikut:

  • Kalimat (1) merupakan kalimat opini. Alasannya, karena berisi pendapat pembuat artikel yang menyatakan bahwa Andi patut dijuluki sebagai ahli dalam permainan catur.
  • Kalimat (2) merupakan kalimat fakta. Alasannya, karena berisi peristiwa yang benar-benar terjadi tanpa disisipi oleh pendapat dari siapapun.
  • Kalimat (3) merupakan kalimat opini. Alasannya, karena berisi pendapat orang tua Andi yang menyatakan bahwa Andi gemar dengan permainan catur sejak kecil.
  • Kalimat (4) merupakan kalimat opini. Alasannya, karena berisi pendapat dari Andi yang menyatakan bahwa permainan catur adalah permainan yang paling baik diantara permainan lainnya.
  • Kalimat (5) merupakan kalimat opini. Alasannya, karena berisi pendapat dari Andi yang menyatakan bahwa permainan catur dapat mengasah otak serta meningkatkan ketelitian dalam berpikir.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

 

Latihan Soal TWK CPNS 2021 | Bahasa Indonesia

4. Perhatikan artikel dibawah ini!

Orang Indonesia yang gemar berwisata ke luar negeri mungkin akan lebih kenal Singapura, Malaysia atau Eropa daripada daerah di negerinya sendiri. Penelitian Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pada Tahun 2008 mengungkapkan bahwa mereka yang gemar berwisata ke luar negeri rata-rata baru mengunjungi tiga dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Selain wisatawan asing, turis domestik sebetulnya dapat menjadi potensi pasar pariwisata untuk meningkatkan pendapatan. Namun, persoalannya faktor yang menarik bagi mereka untuk berwisata di negeri sendiri masih lemah. Objek wisata di luar Bali, rata-rata kurang terawat karena keterbatasan dana. Selain dari itu, karena sarana transportasi yang ada terbatas, maka untuk menjangkau lokasinya pun tidak mudah.

Topik yang tepat untuk artikel tersebut, yaitu….

a. berwisata ke mancanegara

b. kecenderungan orang Indonesia berlibur ke luar negeri.

c. daya tarik wisata ke mancanegara.

d. berkunjung ke negara tetangga

e. tujuan orang berlibur ke luar negeri


Pembahasan Jawaban

Berdasarkan hasil analisis terhadap artikel dalam soal tersebut, topik yang tepat, yaitu kecenderungan orang Indonesia berlibur ke luar negeri. Alasannya, karena kalimat-kalimat dalam artikel tersebut berisi penjelasan terkait topik sebagaimana dimaksud pada pilihan jawaban b.


Latihan Soal TWK CPNS 2021 | Undang-Undang Dasar 1945

5. Perhatikan artikel berikut ini!

Pusat Studi Hukum dan Kebijakan mendesak anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk menggunakan haknya dalam rangka meminta keterangan terkait terkendalanya pengusutan kasus penyerangan Novel Baswedan (Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi) dengan menggunakan air keras.


Peneliti PSHK Rizky Argama mengungkapkan bahwa kegagalan tim gabungan pencari fakta yang telah dibentuk Polri dan diinstruksikan Presiden dalam mengusut kasus penyerangan tersebut layak dimintai keterangan. Oleh sebab itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam hal ini dapat menggunakan fungsi pengawasan untuk menagih penyelesaian kasus tersebut agar tidak berlarut-larut.

Berdasarkan artikel tersebut, hak anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang direkomendasi oleh Pusat Studi Hukum dan Kebijakan adalah….

a. Hak Interpelasi

b. Hak Angket

c. Hak Menyatakan Pendapat

d. Hak Imunitas

e. Hak Protokoler  


Pembahasan Jawaban

Berdasarkan artikel yang terdapat dalam soal, Pusat Studi Hukum dan Kebijakan merekomendasikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk menggunakan hak dalam rangka meminta keterangan terkait terkendalanya pengusutan kasus penyerangan Novel Baswedan (Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi) dengan menggunakan air keras.


Adapun hak yang berkaitan dengan meminta keterangan untuk meminta keterangan kepada Pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, yaitu hak interpelasi.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Demikian latihan soal tes CPNS tentang tes wawasan kebangsaan (TWK) tahun 2021 yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat kekeliruan, saran, dan pertanyaan dapat diajukan pada kolom komentar, terima kasih.

Baca juga artikel kami lainnya:

Bergabung ke grup kami ditelegram:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar