Kamis, 02 Juli 2020

PEMBAHASAN LENGKAP TENTANG UPDATE STATEMENT SQL

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang UPDATE statement dalam SQL. Untuk mempermudah proses pembelajaran, sebaiknya terlebih dahulu Anda membaca artikel berikut ini: Pengertian SQL dan Pembahasan Sintaksisnya.

UPDATE statement adalah blok kode yang berisi perintah untuk mengubah data pada suatu record. Untuk membuat UPDATE statement, maka kita harus menggunakan klausa UPDATE pada awal statement.
Sebelum membuat UPDATE statement, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui tabel yang akan kita ubah recordnya.
Perhatikan contoh tabel berikut ini!
CONTOH UPDATE STATEMENT SQL
Contoh UPDATE Statement
UPDATE data_mahasiswa
SET nama_mahasiswa = 'Rahmat Sanusi'
WHERE NIM='6110101003';

Pembahasan Statement
Statement tersebut berisi perintah untuk mengubah record pada tabel data_mahasiswa. Adapun record yang di ubah adalah record yang terdapat pada kolom nama_mahasiswa yang memiliki NIM 6110101003, sehingga record yang menyimpan data mahasiswa bernama Rahmat berubah datanya, menjadi Rahmat Sanusi.

Perhatikan tabel berikut! 
CONTOH UPDATE STATEMENT SQL 2
Mohon diperhatikan, UPDATE statement ini harus digunakan secara hati-hati. Alasannya, karena kelalaian dalam penggunaan statement ini, dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, pakailah klausa WHERE untuk menentukan record mana yang akan di ubah. Tanpa menggunakan klausa WHERE, maka UPDATE statement ini dapat mengubah data, yang sebenarnya tidak ingin kita ubah.

Pembahasan Elemen-Elemen Penyusun Statement
UPDATE : klausa yang digunakan untuk mengubah data di dalam suatu record.
data_mahasiswa : nama tabel yang berisi record yang ingin diubah datanya.
SET : klausa yang digunakan untuk menentukan kolom berisi record yang ingin diubah datanya.
nama_mahasiswa : nama kolom yang berisi record yang ingin diubah datanya.
'Rahmat Sanusi' : expression (nilai/data) yang berisi nilai untuk menjadi data pengubah dari record yang ingin diubah datanya. Mohon diperhatikan, apabila expression memuat tipe data berbentuk text atau kalimat (string), maka di awal dan di akhir text menggunakan tanda petik satu (bisa juga menggunakan tanda petik dua). Adapun, apabila expression memuat tipe data berbentuk angka untuk digunakan pada operasi perhitungan (integer), maka di awal dan di akhir angka tidak perlu menggunakan tanda petik.
WHERE : klausa yang digunakan untuk menyaring data sesuai dengan syarat yang ditetapakan
NIM : nama kolom yang memuat patokan data yang berisi record yang ingin diubah.
'6110101003' : expression yang menjadi patokan data yang berisi record yang ingin diubah.
Tanda titik koma : tanda untuk mengakhiri suatu statement.

Demikian pembahasan tentang UPDATE statement yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar