Selasa, 14 Juli 2020

Pembahasan Lengkap tentang ROM (Read Only Memory)

PENGERTIAN ROM
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang ROM (Read Only Memory). Apa yang dimaksud ROM? ROM adalah salah satu perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data-data dan informasi yang bersifat permanen dan tidak boleh diubah sembarangan.

ROM termasuk ke dalam jenis non-volatile memory. Non Volatile memori adalah memori (tempat penyimpanan) yang mana data-data dan informasi yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang, meskipun daya dimatikan. Dengan keunggulannya tersebut, ROM digunakan untuk menyimpan Firmware, dan program-program dasar pengaturan pabrik. Firmware adalah perangkat lunak yang ditanamkan pada suatu hardware yang berfungsi untuk mengontrol kinerja hardware tersebut.

Contoh firmware pada komputer, yaitu BIOS. BIOS (Basic Input Output System) adalah firmware yang memuat perintah-perintah dasar berkaitan dengan proses menghidupkan komputer dan memeriksa kondisi hardware dalam proses booting.
Pembahasan Lengkap tentang ROM
JENIS-JENIS ROM
1. Mask ROM
Mask ROM adalah salah satu jenis ROM yang mana ketika data-data dan informasi dimasukan ke dalam ROM tersebut, data-data dan informasi tersebut tidak dapat diubah dengan cara apapun. Mengapa tidak dapat diubah dengan cara apapun? Alasannya, karena data-data dan informasi tersebut ditanamkan secara langsung ke sirkuit elektronik pada saat pembuatan ROM.
 
Istilah mask, pada Mask ROM berasal dari proses pembuatan ROM tersebut, yaitu dibuat dengan cara menutupi (mask) papan sirkuit dengan suatu cetakan yang berisi lubang dan pola tertentu melalaui proses photolithography.

2. Programmable ROM (PROM)
PROM adalah salah satu jenis ROM yang berfungsi untuk menyimpan data-data dan informasi yang bersifat permanen dan tidak boleh diubah sembarangan. Perbedaan antara PROM dan Mask ROM, yaitu data-data dan informasi yang disimpan pada PROM dimasukkan setelah proses produksi (berbeda dengan Mask ROM yang dimasukkan pada saat proses produksi).

Untuk memasukkan data-data dan informasi pada PROM dapat dilakukan dengan alat khusus yang disebut PROM Programmer dan arus listrik bertegangan tinggi. 

3. Erasable PROM (EPROM)
EPROM adalah salah satu bentuk pengembangan dari PROM yang mana data-data dan informasi yang disimpan di dalamnya dapat dihapus dengan cara khusus, yaitu dengan cara membiarkan EPROM terpapar sinar ultraviolet (semakin tinggi kekuatan sinar ultraviolet yang digunakan, maka semakin cepat proses penghapusan data-data dan informasi dilakukan).

4. Electrically EPROM (EEPROM)
EEPROM adalah salah satu bentuk pengembangan dari EPROM yang mana data-data dan informasi yang disimpan di dalamnya dapat dihapus dengan cara memberikan tegangan listrik melebihi normal ke EEPROM tersebut.

5. Flash Memory
Flash Memory adalah salah satu bentuk pengembangan dari EEPROM yang mana data-data dan informasi dapat secara cepat dihapus maupun dimasukkan dibandingkan dengan EEPROM. Sebagaimana EEPROM, data-data dan informasi dalam flash memory dapat dihapus dengan memberikan tegangan listrik melebihi normal ke dalam flash memory.

Demikian pembahasan tentang ROM yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar