Sabtu, 11 Juli 2020

Pembahasan Lengkap tentang RAM (Random Access Memory)

Pengertian RAM
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Random Access Memory (selanjutnya disebut RAM). Apa yang dimaksud dengan RAM? RAM adalah salah satu perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menampung data-data dan informasi yang sedang digunakan dalam komputer. Data-data dan informasi yang disimpan dalam RAM dapat diakses secara cepat oleh komputer, bila dibandingkan dengan data-data dan informasi yang disimpan pada hard disk.
Pembahasan Lengkap tentang RAM
Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat beberapa kalimat penting untuk membuat kita lebih memahami terkait RAM.
1. RAM adalah tempat penyimpanan sementara. Oleh sebab itu, RAM termasuk ke dalam volatile memory. Apa yang dimaksud dengan volatile memory?  Volatile memory adalah memori yang hanya dapat menyimpan data dan informasi selama terdapat daya. Apabila daya dimatikan, maka semua data-data dan informasi yang tersimpan dalam RAM akan hilang.

2. RAM dapat diakses secara cepat oleh komputer. Dengan adanya keunggulan ini, maka RAM adalah salah satu perangkat keras yang menentukan kecepatan komputer dalam beroperasi.

JENIS-JENIS RAM
1. Dynamic RAM (DRAM)
DRAM adalah salah satu jenis RAM yang memiliki ciri khas, yaitu harus di refresh secara berkala agar data dan informasi yang terkandung di dalamnya tidak menghilang. Proses refresh ini disebut memory refresh. Memory refresh adalah proses pembaharuan memori dengan cara membaca data dan informasi pada suatu area memori, kemudian menulis ulang data dan informasi yang dibaca pada area memori tersebut tanpa modifikasi apapun, dengan tujuan agar informasi yang terkandung di dalamnya tidak menghilang. Pada saat melakukan memory refresh, selain melakukan pembaharuan memori juga melakukan pembaharuan daya dari DRAM (daya di isi kembali ke dalam keadaan semula).

Mengapa DRAM harus di refresh secara berkala? Alasannya, karena desain dari DRAM ini yang mana setiap bit data dalam sel memori tersusun dari sebuah kapasitor dan sebuah transistor. Seiring berjalan waktu (dalam hitungan milisekon), daya yang terdapat dalam sel memori keluar, oleh sebab itu untuk mempertahankan daya agar data dan informasi yang terkandung di dalamnya tidak hilang, maka diperlukan pengisian ulang daya yang dilakukan melalui memory refresh dimaksud.

DRAM tipe pertama ini dapat disebut juga dengan asynchronous DRAM untuk membedakan dengan generasi penerusnya, yaitu synchronous DRAM.

2. Synchronous DRAM (SDRAM)
SDRAM pada dasarnya adalah pengembangan dari DRAM yang mana operasi nya disinkronisasikan (diatur/diselaraskan) dengan menggunakan sinyal elektronik yang disebut clock signal. Apa yang dimaksud dengan clock signal?

Clock signal adalah sinyal elektronik yang berfungsi untuk mengatur waktu operasi yang terjadi dalam suatu sirkuit elektronik. Dengan adanya pengaturan ini, maka operasi dalam suatu sirkuit elektronik dapat berjalan secara selaras. Bila kita ibaratkan, clock signal bekerja seperti metronom (sebuah alat mekanis yang berfungsi untuk mengatur tempo secara tepat).

3. Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)  
DDR SDRAM adalah pengembangan dari SDRAM yang mana operasi nya sama-sama disinkronisasikan (diatur/ diselaraskan) dengan clock signal, namun dengan transfer data dua kali lebih cepat dari SDRAM.

DDR SDRAM ini disebut DDR 1 SDRAM untuk membedakan dengan generasi penerusnya, yaitu DDR 2 SDRAM, DDR 3 SDRAM dan DDR 4 SDRAM.

4.  Static RAM (SRAM)
Bila kita perhatikan, bahwa jenis-jenis RAM dari 1 sampai dengan 3 pada dasarnya adalah DRAM. Selain dari DRAM, terdapat pula jenis RAM lainnya yaitu SRAM. Apa yang dimaksud dengan SRAM?

SRAM adalah salah satu jenis RAM yang memiliki ciri khas yaitu tidak memerlukan memory refresh.

Demikian pembahasan tentang RAM yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar