Jumat, 17 Juli 2020

Pembahasan Lengkap tentang Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cloud computing. Apa yang dimaksud dengan cloud computing? Secara bahasa, cloud computing berasal dari dua kata, yaitu sebagai berikut :
1. cloud (awan) yang merupakan metafora (perumpamaan) dari internet.
2. computing yang merupakan metafora dari proses pengelolaan data dan informasi.

Dengan menganalisis arti dari dua kata tersebut, maka secara bahasa cloud computing dapat diartikan sebagai proses pengelolaan data dan informasi dengan memanfaatkan teknologi internet. Dengan menggunakan teknologi internet tersebut, maka proses pengelolaan data dan informasi dapat di lakukan dimana saja melalui perangkat yang tersambung ke internet. 

Jenis-Jenis Layanan dalam Cloud Computing
Berdasarkan dari jenis layanan yang disediakan, cloud computing dapat dibagi menjadi beberapa macam.
1. Infrastructure as a service (IaaS)
Infrastructure as a service (IaaS) adalah salah satu jenis layanan yang dapat disediakan melalui cloud computing dalam bentuk infrastruktur IT (CPU, RAM, Hard Disk, dan perangkat keras lainnya), sehingga seolah-olah pengguna layanan memiliki server virtual dalam internet.

Dalam IaaS, pihak penyedia layanan menyediakan infrastruktur IT yang dapat diakses oleh pengguna layanan melalui internet. Semua hal berkaitan dengan penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur IT tersebut adalah tanggung penyedia layanan, sedangkan di luar hal itu merupakan tanggung jawab pengguna. 

2. Platform as a Service (Paas)
Platform as a service (PaaS) adalah salah satu jenis layanan yang dapat disediakan melalui cloud computing dalam bentuk platform (sarana) untuk pengembangan (membuat, mengembangkan, menjalankan serta mengelola) suatu aplikasi.

Dalam PaaS, pihak penyedia layanan menyediakan infrastruktur IT dan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna layanan yang dapat diakses secara virtual melalui internet. Dengan kata lain, dalam Paas pengguna layanan mendapatkan server virtual ditambah aplikasi yang dibutuhkan untuk pengembangan suatu aplikasi.

 3. Software as a Service (SaaS)
Software as a Service (SaaS) adalah salah satu jenis layanan yang dapat disediakan melalui cloud computing dalam bentuk aplikasi siap pakai. Pihak penyedia layanan bertanggung jawab penuh terhadap penyediaan dan pemeliharaan infrastruktur IT serta platform yang digunakan. Adapun pengguna layanan, hanya tinggal menggunakan aplikasi yang disediakan oleh pihak penyedia layanan.

Demikian pembahasan tentang cloud computing yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar