Sabtu, 18 Juli 2020

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data #6

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
1. Perhatikan Spreadsheet Microsoft Excel berikut ini!
Contoh Penggunaan Function dalam Microsoft Excel
Untuk membuat angka pada sel A2 memiliki tanda pemisah sebagaimana terdapat pada sel B2, kita dapat menggunakan formula berikut ini, yaitu…. 
a. =VALUE(VALUE(A2;3;0;"-");6;0;"-")
b. =REPLACE(REPLACE(A2;3;0;"-");6;0;"-")
c. =TRIM(TRIM(A2;3;0;"-");6;0;"-")
d. =CONCATENATE(CONCATENATE(A2;3;0;"-");6;0;"-")
e. =REPT(REPT(A2;3;0;"-");6;0;"-")

Pembahasan Jawaban
Untuk membuat angka pada sel A2 memiliki tanda pemisah sebagaimana terdapat pada sel B2, sebenarnya dapat dilakukan secara manual dengan menambahkan tanda pemisah. Namun, apabila ingin menggunakan formula dalam Microsoft Excel (misalnya, jika angka yang ingin diubah banyak) dapat dilakukan dengan menggunakan function REPLACE. Apa yang dimaksud dengan function REPLACE? 

Function REPLACE adalah salah satu function (rumus) dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan untuk mengganti karakter (huruf, angka, simbol) pada suatu text.

Sintaksis (aturan rumus) dari function REPLACE dalam suatu formula, yaitu sebagai berikut:
=REPLACE(old_text;start_num;num_chars;new_text)

Keterangan
Tanda sama dengan : tanda untuk membuat formula dalam Microsoft Excel.
REPLACE : function dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan untuk mengganti karakter (huruf, angka, simbol) pada suatu text.
old_text : text atau sel referensi berisi text yang mana terdapat karakter (huruf, angka, simbol) yang ingin diganti.
start_num : urutan posisi dari karakter yang ingin diganti pada suatu text.
num_chars : jumlah karakter yang akan diganti pada suatu text.
new_text : karakter atau text yang digunakan sebagai pengganti old_text.

Berdasarkan hal tersebut, maka kita dapat membuat tanda pemisah diantara angka-angka yang terdapat pada sel dua dengan menggunakan formula berikut ini:
=REPLACE(REPLACE(A2;3;0;"-");6;0;"-")  

Keterangan
Pada dasarnya, formula tersebut adalah gabungan dari dua function REPLACE. Oleh sebab itu, agar mudah dipahami, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu function REPLACE yang posisinya berada di dalam:

REPLACE(A2;3;0;"-")
Function ini memberikan instruksi untuk mengganti karakter yang berada pada sel A2 dengan tanda pemisah. Adapun posisi karakter yang akan diganti, berada pada urutan ketiga (bila kita lihat sel A2, maka posisi karakter urutan ketiga, yaitu setelah angka 01). Agar tidak ada karakter yang hilang, maka kita masukan angka 0 (nol) sebagai isian pada num_chars.

Dengan menggunakan function ini, maka angka yang ada pada sel A2 akan berubah menjadi:
01-021994

Untuk menambahkan tanda pemisah pada karakter urutan keenam (karena tanda pemisah dihitung sebagai satu karakter), maka kita gabungkan function replace menjadi :
 =REPLACE(REPLACE(A2;3;0;"-");6;0;"-")  
 
Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
2. Dalam Microsoft Excel, tombol keyboard yang digunakan sebagai shortcut untuk membuat sel referensi pada formula menjadi absolut, yaitu….
a. F2
b. F4
c. Alt
d. Ctrl
e. Ctrl + Shift + Enter

Pembahasan Jawaban
Dalam Microsoft Excel, terdapat banyak shortcut (cara cepat) yang dapat digunakan untuk mempercepat dan mempermudah pengelolaan data. Adapun shortcut untuk membuat sel referensi pada formula menjadi absolut, yaitu dengan menekan tombol F4 pada keyboard. 

Sel referensi absolut adalah sel referensi yang tidak akan berubah nilainya, apabila di copy paste atau di drag ke sel lainnya. Secara manual, sel referensi absolut dapat dibuat dengan cara menambahkan tanda dollar ($) pada sel referensi yang ingin dibuat absolut.

Terdapat tiga kemungkinan sel referensi absolut yang dapat dibuat, yaitu sebagai berikut:
1). $A$4 : kolom dan baris semuanya bersifat absolut.
2) $A4 : hanya kolom saja yang bersifat absolut.
3) A$4: hanya baris saja yang bersifat absolut. 

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b
 
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
3. Dalam Microsoft Excel, cara cepat yang dapat digunakan untuk mengubah lebar kolom agar lebarnya sesuai dengan panjang data yang termuat dalam sel, yaitu….
a. tekan tombol Ctrl + Enter pada sel yang ingin disesuaikan lebarnya.
b. double klik kanan pada batas garis kolom sel yang ingin disesuaikan lebarnya (garis batas yang diklik adalah garis batas yang posisinya di sebelah kanan) 
c. tekan tombol Ctrl + klik kiri satu kali pada batas garis kolom sel yang ingin disesuaikan (garis batas yang diklik adalah garis batas yang posisinya di sebelah kanan) 
d. double klik kiri pada garis batas kolom sel yang ingin disesuaikan lebarnya (garis batas yang diklik adalah garis batas yang posisinya di sebelah kanan) 
e. tekan tombol Ctrl + klik kanan satu kali pada batas garis kolom sel yang ingin disesuaikan lebarnya (garis batas yang diklik adalah garis batas yang posisinya di sebelah kanan)

Pembahasan Jawaban
Untuk mengubah lebar kolom agar lebarnya sesuai dengan panjang data yang termuat dalam sel dapat dilakukan secara cepat, yaitu dengan double klik kiri pada garis batas kolom sel yang ingin disesuaikan lebarnya (garis batas yang diklik adalah garis batas yang posisinya di sebelah kanan).

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d
 
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
4. Fitur dalam Microsoft Excel yang berfungsi untuk mengunci kolom atau baris agar tidak hilang saat di scroll, yaitu….
a. print area
b. page break preview
c. protect sheet
d. protect workbook
e. freeze panes

Pembahasan Jawaban
Dalam Microsoft Excel, terdapat banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pengelolaan data. Adapun fitur yang berfungsi untuk mengunci kolom atau baris agar tidak hilang saat di scroll, yaitu freeze panes.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e.

Jawaban e
 
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
5. Shortcut dalam Microsoft Excel untuk menggunakan fitur Print Title, yaitu….
a. ALT + P + I
b. ALT + F + P
c. ALT + H + T
d. ALT + N + I
e. ALT + W + F

Pembahasan Jawaban 
Dalam Microsoft Excel, tombol keyboard yang digunakan sebagai shortcut untuk menggunakan fitur Print Title yaitu ALT + P + I. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a 

Demikian latihan soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Baca artikel kami lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar