Minggu, 05 Juli 2020

PEMBAHASAN LENGKAP TENTANG HLOOKUP DALAM EXCEL

PENGERTIAN HLOOKUP
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang HLOOKUP dalam Microsoft Excel. Apa yang dimaksud dengan HLOOKUP? HLOOKUP adalah salah satu function (rumus) dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan untuk mencari data (angka, huruf, simbol maupun text) dari suatu tabel referensi atau rentang sel tertentu dengan metode pencarian dari kiri ke kanan (horizontal).

Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat beberapa hal penting yang dapat kita gunakan untuk memahami tentang HLOOK dimaksud.
1. HLOOKUP adalah salah satu function dalam Microsoft Excel. Dalam microsoft excel, function adalah rumus yang memiliki nama dan kegunaan tertentu. Nama dari suatu function, biasanya mencerminkan kegunaan dari function dimaksud. 

Misalnya, HLOOKUP yang merupakan singkatan dari horizontal lookup. Secara bahasa, dapat diartikan, yaitu mencari secara horizontal. Nama function tersebut, sesuai dengan kegunaan yang dimiliki oleh HLOOKUP, yaitu untuk mencari data secara horizontal.

2. HLOOKUP memiliki kegunaan untuk mencari data dari suatu tabel referensi atau rentang sel tertentu. Artinya, sumber rujukan (referensi) dari data yang dicari berasal dari suatu tabel referensi atau rentang sel tertentu. Misalnya rentang sel A1:C10.

3. Metode pencarian HLOOKUP dari kiri ke kanan. Artinya, HLOOKUP akan melakukan pencarian data yang dibutuhkan dimulai dari kiri ke kanan. 
SINTAKSIS HLOOKUP
Sintaksis (aturan rumus) dari HLOOKUP dalam suatu formula, yaitu sebagai berikut:
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;range_lookup)
Keterangan
lookup_value : data atau sel referensi berisi data yang akan dicari.
table_array : tabel referensi atau rentang sel tertentu yang akan dijadikan sebagai tempat pencarian data.
row_index_num: urutan baris yang memuat data yang ingin dijadikan sebagai hasil formula ini (data ouput).
range_lookup: Jika nilai dari argument range_lookup diisi dengan TRUE, maka apabila suatu data tidak ditemukan, pencarian akan dilanjutkan dengan mencari data yang hasilnya mendekati. Namun, jika nilai dari argument range_lookup diisi dengan FALSE, maka pencarian data harus sama persis.
 
CONTOH PENGGUNAAN HLOOKUP 
Perhatikan tabel jumlah siswa kelas IX berikut ini!  
Contoh dan Pembahasan HLOOKUP Microsoft Excel 1

Kemudian, perhatikan pula tabel pengadaan seragam sekolah kelas IX berikut ini!
Contoh dan Pembahasan HLOOKUP Microsoft Excel 2
Untuk mengisi jumlah siswa kelas IX di sel L4 sampai dengan L10, kita dapat menggunakan data pada tabel jumlah siswa kelas IX yang terdapat pada sel A3 sampai dengan H4. Adapun langkah-langkahnya, yaitu sebagai berikut:
1. tempatkan kursor di sel L4.
2. ketik formula berikut ini:
=HLOOKUP(K4;$A$3:$H$4;2;FALSE)
3. ketik tombol enter. 
4. Pada sel L4 akan terisi data jumlah siswa kelas IX A yaitu 40. 
5. Untuk mengisi Sel L5 sampai L10, drag formula yang ada pada sel L4 sampai dengan L10. 
6. Setelah di drag, maka sekarang semua jumlah siswa kelas IX telah terisi pada tabel pengadaan seragam sekolah kelas IX. 

 Penjelasan formula
=HLOOKUP(K4;$A$3:$H$4;2;FALSE)
Keterangan
Tanda sama dengan : tanda yang digunakan dalam Microsoft Excel untuk membuat sebuah formula.
HLOOKUP : function dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan untuk mencari data secara horizontal.
K4 : sel berisi data yang akan dicari dalam suatu tabel referensi atau suatu rentang sel.
$A$3:$H$4 : rentang sel yang berisi tabel referensi untuk dijadikan rujukan dalam mencari data. Mohon diperhatikan, pada awal nama rentang sel terdapat tanda dollar ($). Tanda tersebut bertujuan agar rentang sel dimaksud tidak berubah nilainya (bersifat absolut), apabila melakukan copy paste formula atau drag formula pada sel lain.
2 : perhatikan tabel jumlah siswa kelas IX, data jumlah siswa berada pada baris kedua, sehingga kita menginput angka 2 pada nilai row_index.
FALSE : menentukan bahwa data yang dicari (data pada sel K4) harus sama persis dengan data pada tabel jumlah siswa kelas IX agar menghasilkan data output. Jika pada tabel jumlah siswa kelas IX tidak ada yang cocok, maka data output akan error #N/A (error not available).

Demikian pembahasan materi tentang HLOOKUP dalam excel yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Baca Juga artikel kami lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar