Minggu, 09 Februari 2020

FR Soal TWK CPNS 2019 (Bagian Satu)

Berdasarkan informasi yang kami himpun dari berbagai grup telegram sejak hari pertama tes SKD CPNS 2019, yaitu tanggal 27 Januari 2020, terdapat beberapa peserta yang memberikan informasi terkait soal-soal TWK yang muncul pada saat mereka tes. Berikut ini kami sampaikan field report (FR) beberapa peserta tes, untuk memberikan gambaran terkait soal yang muncul tersebut.

FR Soal TWK CPNS (Pancasila)
1. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (2014-2019) melakukan penenggelaman terhadap kapal-kapal negara asing yang berusaha mencuri ikan di perairan negara Indonesia. Hal tersebut merupakan….
a. pelanggaran sila kedua Pancasila
b. pengamalan sila kedua Pancasila
c. pelanggaran sila ketiga Pancasila
d. pengamalan sila ketiga Pancasila
e. pengamalan sila kelima Pancasila

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, kapal-kapal negara asing telah melanggar kedaulatan teritorial negara Indonesia, sehingga dalam hal ini negara Indonesia berhak untuk menangkap kapal-kapal asing yang melakukan hal tersebut. Selanjutnya untuk memberikan efek jera, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memutuskan untuk menenggelamkan terhadap kapal-kapal asing yang tertangkap. 

Dalam tinjauan hukum Indonesia, berdasarkan pasal 69 ayat (4) Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, tindakan penenggelaman diperbolehkan berdasarkan bukti permulaan yang cukup. Oleh sebab itu berdasarkan hukum di Indonesia maka tindakan tersebut bukan merupakan pelanggaran.

Dalam tinjauan Pancasila, tindakan penenggelaman tersebut bertujuan untuk menyelamatkan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia dari pihak asing. Hal tersebut menjiwai pengamalan butir sila ketiga dalam Pancasila, yaitu “mampu menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan.”

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d, yaitu pengamalan sila ketiga Pancasila.

Jawaban d
FR Soal TWK CPNS 2019 (Bagian Satu)
FR Soal TWK CPNS (Nasionalisme)
2. Pada masa pergerakan nasional, banyak bermunculan organisasi-organisasi yang bertujuan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Adapun organisasi yang muncul pada pergerakan nasional, salah satunya adalah Sarekat Islam yang sebelumnya bernama Sarekat Dagang Islam. Adapun tokoh yang mengubah nama dari Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam adalah….
a. K.H. Hasyim As’ari
b. K.H. Ahmad Dahlan
c. H.O.S. Tjokroaminoto
d. H. Samanhudi
e. H. Agus Salim

Pembahasan Jawaban
- K.H. Hasyim As’ari adalah pendiri dari Nahdlatul Ulama.
- K.H. Ahmad Dahlan adalah pendiri dari Muhamadiyah.
- H.O.S. Tjokroaminoto adalah tokoh yang mengubah nama Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam. Adapun alasan pengubahan nama tersebut, yaitu untuk memperluas ruang lingkup organisasi yang semula hanya bidang ekonomi menjadi ekonomi dan politik.
 - H. Samanhudi adalah pendiri dari Sarekat Dagang Islam.
- H. Agus salim salah satu tokoh dalam Panitia Sembilan yang bertugas dalam perumusan dasar negara.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c, yaitu H.O.S. Tjokroaminoto.

Jawaban c

FR Soal TWK CPNS (Pancasila)
3. Pemerintah Indonesia mengadakan hubungan bilateral dengan negara lain dalam bidang ekonomi. Hal tersebut merupakan pengamalan pancasila, yaitu….
a. sila kesatu.
b. sila kedua.
c. sila ketiga.
d. sila keempat.
e. sila kelima.

Pembahasan Jawaban
Tindakan Pemerintah Indonesia tersebut, bila kita identifikasi dari sudut pandang Pancasila, maka tindakan tersebut menjiwai butir pengamalan sila kedua Pancasila, yaitu “mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain”

Jawaban b

FR Soal TWK CPNS (Pancasila)
4. Organisasi yang muncul pada masa pergerakan nasional dan memiliki semboyan, yaitu “Indonesia berparlemen” adalah….
a. Indische Partij.
b. Gabungan Politik Indonesia.
c. ISDV.
d. Perhimpunan Indonesia.
e. Partai Nasional Indonesia.

Pembahasan Jawaban
Organisasi yang memiliki semboyan “Indonesia berparlemen” adalah Gabungan Politik Indonesia (GAPI).

Jawaban b

FR Soal TWK CPNS (Bahasa Indonesia)
5. Perhatikan kalimat berikut ini!
a. Ismail adalah seorang lulusan sarjana ekonomi. 
b. Dalam rapat koordinasi itu hadir para camat dari seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat. 
c. Murid-murid Sekolah Dasar Cipta Harapan sedang berlatih membuat corak batik Cirebon.
d. Setiap Hari Minggu, Ibu selalu pergi ke pasar.
e. Rumah Andi berada di Jalan Kenanga.
Berdasarkan lima kalimat tersebut, kalimat yang tidak sesuai dengan ketentuan ejaan bahasa Indonesia yang tepat adalah….
a. kalimat a
b. kalimat b
c. kalimat c
d. kalimat d
e. kalimat e

Pembahasan Jawaban
Bila kita analisis, pada kalimat d terdapat kekeliruan penulisan, sehingga tidak sesuai dengan ketentuan ejaan bahasa Indonesia. 

Alasannya, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia disebutkan bahwa huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya.

Pada kalimat d, seharusnya huruf awal pada kata hari tidak ditulis kapital, karena yang seharusnya ditulis dengan huruf awal kapital hanya nama harinya saja, yaitu Minggu. 

Jawaban d

Demikian FR TWK CPNS 2019 yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar