Minggu, 09 Februari 2020

Latihan Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Bagian 1

Latihan Soal TWK (Pancasila)

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (2014-2019) melakukan penenggelaman terhadap kapal-kapal negara asing yang berusaha mencuri ikan di perairan negara Indonesia. Hal tersebut merupakan….
a. pelanggaran sila kedua Pancasila
b. pengamalan sila kedua Pancasila
c. pelanggaran sila ketiga Pancasila
d. pengamalan sila ketiga Pancasila
e. pengamalan sila kelima Pancasila

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, kapal-kapal negara asing telah melanggar kedaulatan teritorial negara Indonesia, sehingga dalam hal ini negara Indonesia berhak untuk menangkap kapal-kapal asing yang melakukan hal tersebut. Selanjutnya untuk memberikan efek jera, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memutuskan untuk menenggelamkan terhadap kapal-kapal asing yang tertangkap. 

Dalam tinjauan hukum Indonesia, berdasarkan pasal 69 ayat (4) Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, tindakan penenggelaman diperbolehkan berdasarkan bukti permulaan yang cukup. Oleh sebab itu berdasarkan hukum di Indonesia maka tindakan tersebut bukan merupakan pelanggaran.

Dalam tinjauan Pancasila, tindakan penenggelaman tersebut bertujuan untuk menyelamatkan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia dari pihak asing. Hal tersebut menjiwai pengamalan butir sila ketiga dalam Pancasila, yaitu “mampu menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan.”

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d, yaitu pengamalan sila ketiga Pancasila.

Jawaban d
Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya:


Untuk mendapatkan update informasi, silahkan bergabung di channel telegram :


Channel Telegram Sekolah Kedinasan


Channel Telegram Tes CPNS