Kamis, 16 Januari 2020

Latihan Soal TKP CPNS HOTS 2019 (Profesionalisme)

Soal TKP CPNS HOTS 2019 profesionalisme - pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu aspek penilaian kepribadian yang dijadikan tema soal dalam tes karakteristik pribadi (TKP) CPNS 2019 yaitu tentang profesionalisme.

Aspek penilaian kepribadian tentang profesionalisme ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

Bila kita perhatikan tujuan dari aspek penilaian kepribadian tersebut, ada beberapa hal penting yang dapat kita uraikan, yaitu :
1. Aspek penilaian kepribadian tentang profesionalisme bertujuan untuk menilai pengetahuan peserta tentang tugas dan fungsi pada suatu jabatan, serta mengimplementasikan nya dalam pelaksanaan kerja sehari-hari. 
Contoh :
- Customer Service memiliki tugas dan fungsi sebagai pegawai yang membantu pelanggan dalam merespon keluhan, atau memberikan informasi tentang produk dan layanan perusahaan secara ramah dan sopan.
- Petugas loket pelayanan memiliki tugas dan fungsi sebagai pegawai yang memproses permohonan layanan yang diajukan pelanggan, serta memberikan pelayanan secara adil dan responsif.
- Pegawai bidang kehumasan memiliki tugas dan fungsi sebagai pegawai yang mempublikasikan informasi kepada masyarakat/pelanggan/publik, secara jelas dan mudah dipahami.      

2.  Aspek penilaian kepribadian tentang profesionalisme bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam menampilkan sikap-sikap profesionalisme dalam bekerja, seperti bertanggung jawab, cepat tanggap, ataupun tidak menyalahgunakan wewenang jabatan yang dimiliki.
Latihan Soal TKP CPNS HOTS 2019 - Profesionalisme
Latihan Soal TKP HOTS - Profesionalisme
1. Anda adalah seorang pegawai pada sebuah perusahaan swasta. Pada suatu hari, Anda dan rekan kerja berencana untuk makan siang di luar kantor pada jam istirahat. Namun, atasan Anda memanggil serta meminta tolong kepada Anda untuk menangani klien yang sangat penting yang akan datang di jam istirahat. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Meminta izin kepada atasan karena sudah memiliki rencana dengan rekan kerja.
b. Meminta bantuan kepada teman untuk menangani klien tersebut sampai Anda kembali setelah jam istirahat.
c. Melaksanakan rencana untuk makan siang bersama rekan kerja, dan meminta atasan Anda untuk menelpon apabila klien telah datang.
d. Menerima permintaan atasan untuk menangani klien serta membatalkan rencana dengan rekan kerja.
e. Menolak permintaan atasan dengan sopan karena jam istirahat adalah hak pegawai.

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan uraian yang terdapat dalam soal, permasalahan yang terjadi yaitu Anda memiliki rencana bersama rekan kerja untuk makan siang di luar kantor pada jam istirahat, namun atasan Anda memanggil, serta meminta tolong kepada Anda untuk menangani klien yang sangat penting yang akan datang di jam istirahat. Bagaimana tindakan Anda dalam situasi tersebut?

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, karena rencana makan siang bersama rekan kerja sebagaimana dijelaskan dalam soal, bukan sesuatu hal yang sifatnya mendesak. Oleh sebab itu, meminta izin kepada atasan dengan alasan tersebut menunjukkan Anda kurang profesional dalam bekerja.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 2). Alasannya, karena yang dipercaya oleh atasan untuk menangani klien penting tersebut yaitu Anda, bukan teman Anda. Tindakan melemparkan tanggung jawab kepada teman, padahal Anda sendiri sebenarnya bisa menangani, merupakan tindakan yang menunjukkan bahwa Anda kurang profesional dalam bekerja.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 1). Alasannya, karena hal tersebut merupakan tindakan yang tidak sopan serta tidak menunjukkan sikap profesionalisme dalam bekerja.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena rencana Anda untuk makan siang bersama rekan kerja bukan merupakan sesuatu hal yang mendesak, dan dapat direncanakan di lain waktu.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 4). Alasannya, meskipun jam kerja merupakan hak setiap pegawai, namun pada saat tertentu, ketika Anda diberikan kepercayaan untuk menangani klien yang sangat penting, sebaiknya Anda menerima tugas tersebut.

Jawaban d-e-a-b-c.

Latihan Soal TKP HOTS - Profesionalisme
2. Anda mendapatkan tugas dinas luar oleh atasan dengan menggunakan transportasi udara. Pada saat Anda sedang di bandara, dan pengumuman keberangkatan pesawat yang akan Anda tumpangi sudah terdengar, Anda melihat seorang nenek-nenek yang kebingungan. Bagaimana sikap Anda?
a. Membantu nenek-nenek tersebut menyelesaikan masalahnya.
b. Meminta bantuan satpam untuk membantu nenek-nenek tersebut.
c. Bergegas menuju pesawat dan berharap ada orang lain yang menolongnya.
d. Bertanya terlebih dahulu kepada nenek-nenek tersebut, jika sangat penting Anda akan membantunya.
e. Menyewa jasa orang lain yang profesional untuk membantu nenek-nenek tersebut.

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai yang mendapatkan tugas dinas luar oleh atasan dengan menggunakan transportasi udara. Adapun permasalahan nya, ketika Anda berada di bandara, dan pengumuman keberangkatan pesawat sudah terdengar, Anda melihat seorang nenek-nenek yang kebingungan serta membutuhkan pertolongan. Bagaimana sikap Anda?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 2). Alasannya, meskipun membantu nenek-nenek tersebut adalah suatu hal yang baik, namun posisi Anda yang harus segera naik pesawat, membuat Anda kurang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, serta masih ada alternatif solusi yang lebih baik, untuk menyelesaikan permasalahan sebagaimana tercantum dalam soal.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena Anda harus segera naik pesawat, sehingga meminta bantuan satpam untuk membantu nenek-nenek tersebut adalah cara yang cocok dengan kondisi sebagaimana dijelaskan pada soal.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, meskipun Anda harus segera bergegas naik ke pesawat, namun Anda bisa melakukan sesuatu untuk membantu nenek-nenek tersebut.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 4). Alasannya, meskipun bertanya terlebih dahulu kepada nenek-nenek tersebut merupakan suatu hal yang baik, namun dalam kondisi sebagaimana dijelaskan pada soal, sebaiknya Anda meminta bantuan petugas yang berada di sekitar bandara untuk menangani permasalahan nenek-nenek tersebut. 

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 1). Alasannya, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut, karena ada petugas yang berada di sekitar bandara yang bersedia membantu customer termasuk nenek-nenek tersebut dalam menangani permasalahan yang dihadapi.

Jawaban b-d-c-a-e.

Latihan Soal TKP HOTS - Profesionalisme
3. Pada suatu hari, di perusahaan tempat Anda bekerja, terdengar isu bahwa salah seorang pegawai telah menggelapkan uang penjualan untuk kepentingan pribadi nya. Isu ini sangat cepat menyebar, sehingga menjadi buah bibir di perusahaan. Pegawai yang diisukan melakukan penggelapan tersebut, sudah tidak masuk beberapa hari. Bagaimana menurut Anda?   
a. Pihak perusahaan harus memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku.
b. Anda akan menanyakan kebenaran informasi tersebut kepada rekan kerja Anda.
c. Kabar tersebut belum pasti, sehingga Anda memilih untuk tidak berkomentar lebih jauh.
d. Sifat pegawai yang menggelapkan uang perusahaan tersebut sangat diluar batas, dan menyebabkan kerugian besar kepada perusahaan.
e. Anda akan mendatangi rumah pegawai yang diisukan menggelapkan uang perusahaan tersebut.

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan uraian yang terdapat dalam soal, permasalahannya yaitu Anda mendengar isu bahwa salah seorang pegawai telah menggelapkan uang penjualan untuk kepentingan pribadinya, dan pegawai yang diisukan melakukan penggelapan tersebut, sudah tidak masuk beberapa hari. Bagaimana sikap Anda?

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 2). Alasannya, karena berdasarkan soal, kasus tersebut baru sebatas isu. Isu adalah kabar yang belum dapat ditentukan kebenarannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bersikap profesional dan mengendalikan diri Anda untuk tidak menghakimi pegawai yang diisukan tersebut, sebelum terbukti secara fakta.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang cukup tepat (nilai 4). Alasannya, karena secara naluri manusia selalu ingin tahu. Begitu pula dengan Anda, yang secara wajar ingin mengetahui kebenaran kasus tersebut. Namun dalam dunia kerja, Anda harus berhati-hati karena kasus tersebut baru sebatas isu, sebaiknya Anda bisa lebih mengendalikan diri.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, salah satu sikap profesional dalam bekerja yaitu mampu mengendalikan diri dari tindakan-tindakan yang tidak efektif. Dalam situasi tersebut, sebaiknya Anda memilih untuk tidak berkomentar lebih jauh mengingat kasus tersebut baru sebatas isu yang belum tentu kebenarannya. 

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, karena kasus tersebut masih sebatas isu, sebaiknya Anda mampu mengendalikan diri dan bersikap profesional untuk tidak menghakimi, sebelum pegawai sebagaimana tercantum dalam soal terbukti melakukan penyimpangan tersebut.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 1). Alasannya, karena hal tersebut dapat memicu konflik dan masalah untuk Anda.

Jawaban c-b-d-a-e.

Demikian contoh latihan soal TKP HOTS yang berkaitan dengan profesionalisme. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

3 komentar:

  1. mas koq tidak pernah update materi/soal lagi? padahal belajar disini enak TKPnya ada penjelasan rinci mengapa pilih opsi a,b,c dstnya

    BalasHapus
  2. @Unknown : Terima kasih, Mas/Mba atas perhatiannya. Silahkan, ada update soal terbaru + pembahasan, berdasarkan FR yang disampaikan oleh peserta yang telah mengikuti SKD CPNS.

    BalasHapus
  3. artikel nya luar biasa bagus. pikiran jadi terbuka, Dan sedikit2 jadi terbiasa menganalisa jawaban dg berbagai sudut pandang. terimkasih banyak pak atas artikelnya. mohon ditambah soalnya pak:)

    BalasHapus