Sabtu, 04 Januari 2020

Soal TKP CPNS HOTS 2019 (Teknologi Informasi & Komunikasi)

Soal TKP CPNS HOTS 2019 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) - pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu aspek penilaian kepribadian yang dijadikan tema soal dalam tes karakteristik pribadi (TKP) CPNS 2019 yaitu tentang TIK.

Adapun aspek penilaian kepribadian ini, bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

Bila kita perhatikan tujuan dari aspek penilaian kepribadian tersebut, ada beberapa hal penting yang dapat kita uraikan, yaitu :
1. Aspek penilaian kepribadian tentang teknologi informasi dan komunikasi bertujuan untuk menilai pengetahuan peserta tentang TIK tersebut. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk memiliki wawasan umum tentang kegunaan alat/sarana/media yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, komputer, alat komunikasi seluler, dan lain-lain.

2. Aspek penilaian kepribadian tentang TIK bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk mampu melihat peluang dan memanfaatkan secara bijaksana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil kerja. 
Soal TKP CPNS HOTS - Teknologi Informasi dan Komunikasi

Latihan Soal TKP HOTS - TIK
1. Anda adalah seorang pegawai pada suatu perusahaan swasta. Perusahaan tersebut meminta para pegawainya untuk mengisi laporan harian kegiatan secara online melalui aplikasi web. Namun, jenis pekerjaan Anda yang sering di lapangan, membuat terkadang pengisian laporan harian kegiatan terkendala sinyal. Bagaimana tindakan Anda?
a. Meminta kelonggaran pada atasan untuk membuat laporan harian kegiatan secara manual.
b. Meminta teman yang berada di lokasi yang memiliki bagus untuk mengisi laporan harian kegiatan milik Anda.
c. Saat Anda berada di tempat dengan sinyal yang kurang baik, Anda menunda pengisian laporan harian kegiatan keesokan harinya.
d. Berusaha mencari tempat dengan sinyal yang baik untuk dapat mengisi laporan kegiatan harian.
e. Meminta kelonggaran pada atasan untuk mempertimbangkan kebijaksanaan pembebasan pengisian laporan kegiatan harian bagi pegawai lapangan agar pekerjaan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien.     

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai perusahaan swasta. Adapun perusahaan tersebut, meminta para pegawai untuk mengisi laporan harian kegiatan secara online melalui aplikasi web sebagai bentuk pengawasan kegiatan yang dilakukan oleh para pegawai.

Namun, permasalahannya Anda merupakan pegawai yang sering di lapangan, sehingga terkadang terkendala sinyal dalam mengisi laporan harian tersebut. Apa tindakan yang akan Anda lakukan dalam situasi tersebut?

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 2). Alasannya, karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda kurang memiliki wawasan yang memadai tentang teknologi informasi dan komunikasi. 

Apabila alasannya sinyal, maka Anda bisa mencari lokasi yang sinyalnya bagus. Kemudian, apabila Anda berpikir bagaimana jika lokasi ketika Anda berada di lapangan terpencil jauh dari sinyal telekomunikasi? 

Jawabannya, apabila kita perhatikan secara seksama uraian yang terdapat dalam soal, terdapat kata kunci yaitu kata terkadang, artinya sinyal yang kurang bagus tidak selalu Anda alami, sehingga apabila meminta kelonggaran kepada atasan untuk membuat laporan harian kegiatan secara manual kurang tepat.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, karena Anda terlalu bergantung pada orang lain. Pada uraian soal terdapat kata kunci terkadang, artinya Anda tidak selalu mengalami sinyal yang kurang bagus, sehingga masih alternatif solusi lain yang lebih baik dalam mengatasi permasalahan tersebut, yaitu mencari tempat yang memiliki sinyal yang cukup bagus.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 4). Alasannya, karena solusi yang tepat ketika berada ditempat yang sinyal kurang bagus, yaitu mencari tempat yang memiliki sinyal yang cukup bagus untuk mengisi laporan harian, bukan menunda pengisian laporan harian keesokan harinya.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena hal tersebut menunjukkan Anda memiliki wawasan yang baik tentang teknologi informasi dan komunikasi. Apabila permasalahan yang terjadi yaitu terkadang Anda terkendala sinyal, maka solusi yang tepat adalah mencari tempat yang memiliki sinyal yang cukup bagus untuk mengisi laporan harian.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 1). Alasannya, karena dalam soal terdapat kata kunci terkadang, sehingga Anda tidak selalu mengalami sinyal yang kurang bagus. Oleh sebab itu, meminta kelonggaran agar diberikan kebebasan dalam mengisi laporan harian adalah tindakan yang tidak tepat.

Jawaban d-c-b-a-e.

Latihan Soal TKP HOTS - TIK
2. Anda merupakan seorang pegawai junior di sebuah perusahaan swasta. Pada era saat ini, setiap perusahaan diharuskan mengubah sistem kerja yang semula jarang menggunakan IT menjadi menerapkan IT di setiap bidang termasuk perusahaan Anda. Namun, para pegawai senior yang sudah nyaman dan terbiasa masih tetap menggunakan non-IT dalam pelaksanaan kerja, meskipun pimpinan perusahaan sudah menginstruksikannya. Bagaimana tindakan Anda?
a. Anda sangat berharap para pegawai senior mulai menggunakan IT agar pelaksanaan kerja menjadi lebih optimal.
b. Anda menjaga perasaan para pegawai senior dan tidak pernah menyerah untuk berharap bahwa suatu saat mereka akan membutuhkan IT.
c. Memberikan penjelasan kepada para pegawai senior bahwa mereka harus menggunakan IT dalam pelaksanaan kerja.
d. Memberikan penjelasan kepada para pegawai senior bahwa mereka harus menggunakan IT dalam pelaksanaan kerja dan mengajarkan mereka tentang IT tersebut.
e. Membantu pegawai senior dalam bekerja yang mengharuskan penggunaan IT.

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai junior pada sebuah perusahaan swasta. Adapun permasalahan yang terdapat dalam soal, yaitu pegawai senior yang merasa nyaman dan terbiasa melaksanakan pekerjaan menggunakan non-IT, padahal pada era saat ini setiap perusahaan termasuk pegawainya mengubah sistem kerja dari dari menggunakan IT menjadi menggunakan IT demi meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja.

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 1). Alasannya, karena Anda hanya berharap saja, tanpa melakukan tindakan nyata untuk menyelesaikan permasalahan sebagaimana terdapat dalam soal.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 2). Alasannya, karena pada dasarnya pilihan jawaban b hampir sama dengan pilihan jawaban a, yaitu hanya berharap pegawai senior sadar tentang pentingnya IT, sehingga mereka menggunakan IT tersebut dalam melaksanakan tugas.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, karena dalam soal Anda bukan berada pada posisi sebagai pimpinan perusahaan yang memiliki kewenangan untuk mengharuskan penggunaan IT kepada para pegawai di perusahaan tersebut. Selanjutnya, bila kita perhatikan secara seksama dalam soal pun telah dijelaskan bahwa pimpinan perusahaan telah menginstruksikan kepada para pegawai untuk menggunakan IT.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 4). Alasannya, karena pada dasarnya jawaban d hampir sama dengan pilihan jawaban c. Anda bukan berada pada posisi sebagai pimpinan perusahaan yang memiliki kewenangan untuk mengharuskan penggunaan IT kepada para pegawai di perusahaan tersebut. Kemudian, dalam soal pun pimpinan perusahaan sudah mengambil tindakan, yaitu menginstruksikan kepada para pegawai untuk menggunakan IT.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena melakukan hal terbaik sesuai dengan posisi Anda sebagai pegawai junior di perusahaan tersebut. Anda dapat memperkenalkan manfaat penggunaan IT untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja dengan membantu pegawai senior dalam bekerja yang mengharuskan penggunaan IT.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban terbaik dari empat pilihan jawaban sebelumnya.

Jawaban e-d-c-b-a. 

Latihan Soal TKP HOTS - TIK
3. Anda adalah seorang pegawai pada sebuah perusahaan ternama. Anda sangat semangat dalam bekerja dan terkenal memiliki dedikasi tinggi dalam bekerja. Suatu hari, Anda tidak sengaja melakukan kesalahan fatal, sehingga merusak sistem dan database perusahaan. Bagaimana tindakan Anda? 
a. Berusaha memperbaikinya sendiri sebagai bentuk tanggung jawab kepada perusahaan.
b. Memanggil ahli IT untuk memperbaiki kerusakan sistem dan database perusahaan tersebut.
c. Melaporkan kejadian tersebut kepada atasan, dan bersedia untuk memberikan gaji Anda bulan ini sebagai bentuk tanggung jawab tanggungan biaya kerusakan sistem dan database perusahaan.
d. Bertanya kepada teman tentang cara memperbaiki kerusakan sistem dan database perusahaan.
e. Tetap tenang dalam bekerja dan berharap sistem dan database tersebut kembali normal.

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai pada perusahaan ternama. Adapun permasalahannya, Anda tidak sengaja melakukan kesalahan fatal, sehingga merusak sistem dan database perusahaan. Bagaimana tindakan Anda dalam kondisi tersebut?

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, karena pada soal dijelaskan bahwa kerusakan yang terjadi sangat berbahaya, yaitu sistem dan database perusahaan rusak. Apabila Anda sendiri yang memperbaikinya, dikhawatirkan akan menambah kerusakan tersebut, sehingga sebaiknya permasalahan ini diserahkan kepada ahlinya.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena bentuk tanggung jawab yang dapat Anda lakukan dalam kondisi tersebut, yaitu dengan memanggil ahli IT untuk memperbaikinya, mengingat kerusakan yang terjadi sangat berbahaya bila tidak ditangani oleh orang yang bukan ahlinya.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 2). Alasannya, meskipun sepintas terlihat seperti tindakan yang bertanggung jawab, tetapi memberikan gaji bukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan sebagaimana dimaksud dalam soal.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 4). Alasannya, karena kerusakan yang terjadi berbahaya, maka sebaiknya perbaikan tersebut diserahkan kepada ahlinya.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 1). Alasannya, karena tindakan tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak peduli dan tidak memiliki wawasan yang baik tentang teknologi informasi dan komunikasi.

Jawaban b-d-a-c-e.

Demikian contoh latihan soal TKP HOTS yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar