Rabu, 25 Desember 2019

Latihan Soal TWK CPNS (UUD 1945)

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan salah satu tema soal dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) CPNS, yaitu tentang Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Latihan Soal TWK CPNS (UUD 1945)
1. Lembaga tinggi negara terdiri dari Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, dan Badan Pemeriksa Keuangan. Adapun lembaga negara yang memiliki kewajiban untuk bersidang sedikitnya satu kali dalam lima tahun di Ibu Kota Negara adalah….
a. Dewan Perwakilan Rakyat.
b. Majelis Permusyawaratan Rakyat.
c. Dewan Perwakilan Daerah.
d. Mahkamah Konstitusi.
e. Presiden.

Pembahasan Jawaban
Lembaga negara yang memiliki kewajiban untuk bersidang sedikitnya satu kali dalam lima tahun di Ibu Kota Negara adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat. Alasannya, karena hal ini sesuai dengan isi dari Pasal 2 ayat (2) UUD 1945, yaitu “Majelis Permusyawaratan Rakyat bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di Ibu Kota Negara.”
Jawaban b
 Latihan Soal TWK CPNS - UUD 1945 (2019)
Latihan Soal TWK CPNS (UUD 1945)
2. Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih dalam suatu pemilihan umum dilantik oleh….
a. Majelis Permusyawaratan Rakyat.
b. Mahkamah Konstitusi.
c. Mahkamah Agung.
d. Komisi Yudisial.
e. Dewan Perwakilan Daerah.

Pembahasan Jawaban
Kewenangan untuk melantik Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih dalam suatu pemilihan umum adalah kewenangan Majelis Permusyawaratan Rakyat. Alasannya, karena hal ini sesuai dengan isi dari Pasal 3 ayat (2) UUD 1945, yaitu “Majelis Permusyawaratan Rakyat melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden.
Jawaban a

Latihan Soal TWK CPNS (UUD 1945)
3. Berdasarkan Pasal 4 ayat (1) UUD 1945, Presiden adalah lembaga negara yang diberikan kewenangan sebagai pemegang kekuasaan pemerintahan. Adapun dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, yang menjabat sebagai Presiden ke-4 Indonesia adalah….
a. Susilo Bambang Yudhoyono. 
b. Ir. Joko Widodo.
c. K.H. Abdurrahman Wahid
d. B.J. Habibie
e. Megawati Sukarno Putri.

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan sejarah ketatanegaraan Indonesia, yang menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, yaitu
Presiden ke-1 : Ir. Soekarno.
Presiden ke-2 : H. Soeharto.
Presiden ke-3 : B.J. Habibie.
Presiden ke-4 : K.H. Abdurrahman Wahid.
Presiden ke-5 : Megawati Soekarno Putri.
Presiden ke-6 : Susilo Bambang Yudhoyono.
Presiden ke-7 : Ir. Joko Widodo

Berdasarkan daftar Presiden Republik Indonesia tersebut, maka Presiden Republik Indonesia ke-4 adalah K.H. Abdurrahman Wahid.
Jawaban c

Latihan Soal TWK CPNS (UUD 1945)
4. Berdasarkan Pasal 5 ayat (2) UUD 1945, untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya, Presiden memiliki kewenangan untuk….
a. Menetapkan Keputusan Presiden.
b. Menetapkan Instruksi Presiden.
c. Menetapkan Peraturan Presiden.
d. Menetapkan Peraturan Pemerintah.
e. Menetapkan Maklumat Presiden.

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Pasal 5 ayat (2) UUD 1945, yaitu “Presiden menetapkan Peraturan Pemerintah untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.
Jawaban d

Latihan Soal TWK CPNS (UUD 1945)
5. Ahmad adalah seorang pelajar berprestasi dari Indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Bakat dan kecerdasan Ahmad yang hebat, membuat pemerintah luar negeri ingin menjadikan Ahmad sebagai warga negaranya, agar dapat berkontribusi lebih banyak, dan Ahmad pun menerimanya. Setelah dua puluh tahun, Ahmad tiba-tiba berkeinginan pulang ke Indonesia untuk mengabdikan ilmu pengetahuan yang didapatkannya untuk kemajuan Indonesia, dengan berencana untuk menjadi Presiden Republik Indonesia. Bagaimana pendapat Anda tentang Ahmad?
a. Ahmad memenuhi syarat sebagai calon presiden, dan berpeluang untuk menjadi Presiden Republik Indonesia karena memiliki bekal ilmu pengetahuan luas.
b. Ahmad tidak memenuhi syarat sebagai calon presiden, sehingga tidak dapat menjadi Presiden Republik Indonesia.
c. Ahmad dapat mencalonkan diri menjadi presiden lewat partai politik setelah mendapatkan kembali status kewarganegaraannya.
d. Ahmad tidak memenuhi syarat sebagai calon presiden, sehingga tidak dapat menjadi Presiden Republik Indonesia karena pernah kuliah di luar negeri.
e. Ahmad dapat mencalonkan diri menjadi presiden lewat partai politik setelah lima tahun menetap di Indonesia.

Pembahasan Jawaban
Bila kita analisis uraian yang terdapat dalam soal, meskipun Ahmad adalah seseorang yang berbakat, memiliki kecerdasan yang hebat, serta memiliki ilmu pengetahuan luas, tetapi Ahmad tidak dapat mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia.

Alasannya, karena syarat untuk menjadi calon Presiden Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pasal 6 ayat (1), yaitu “Calon Presiden dan calon Wakil Presiden harus seorang warga negara Indonesia sejak kelahirannya dan tidak pernah menerima kewarganegaraan lain karena kehendaknya sendiri, tidak pernah mengkhianati negara, serta mampu secara rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Presiden dan Wakil Presiden.” 
Jawaban b

Demikian latihan soal TWK CPNS tentang UUD 1945 yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan dan kesiapan dalam menghadapi tes CPNS. Bila terdapat kekeliruan dalam artikel yang kami buat, pertanyaan, saran dan kritik, mohon untuk disampaikan pada kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

2 komentar:

  1. Mas ... Kasih materi nya dong tentang UUD 45 ..Aku mau belajarTWK pilar negara yang UUD 45 masih bingung. Trimakasih 😘

    BalasHapus