Sabtu, 21 Desember 2019

Latihan Soal TKP CPNS HOTS 2019 - Sosial Budaya

Soal TKP CPNS HOTS 2019 sosial budaya - pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu aspek penilaian kepribadian yang dijadikan tema soal dalam tes karakteristik pribadi (TKP) CPNS 2019 yaitu tentang sosial budaya.

Adapun aspek penilaian kepribadian ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya).

Bila kita perhatikan tujuan dari aspek penilaian kepribadian tersebut, ada beberapa hal penting yang dapat kita uraikan, yaitu :
1. Aspek penilaian kepribadian tentang sosial budaya bertujuan untuk menilai kemampuan peserta untuk beradaptasi dalam masyarakat majemuk. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan sikap menghormati, toleransi, tenggang rasa atau tepa selira dalam menghadapi keragaman agama, suku, budaya, dan sebagainya.

2.  Aspek penilaian kepribadian tentang sosial budaya bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam bekerja secara efektif pada lingkungan masyarakat majemuk. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan kemampuan untuk menyaring nilai-nilai sosial budaya yang ada di masyarakat dan nilai-nilai sosial budaya asing yang masuk akibat globalisasi serta mengimplementasikan nilai-nilai positifnya melalui perilaku sehari-hari agar dapat beraktivitas dan bekerja secara efektif.
Soal HOTS TKP CPNS - Sosial Budaya
Latihan Soal TKP HOTS – Sosial Budaya
1. Anda baru saja membeli rumah dan menetap di suatu daerah yang baru. Untuk mengenal tetangga dan masyarakat sekitar, Anda ingin mengadakan pentas musik sebagai sarana silaturahmi. Namun, seorang tetangga mengingatkan Anda bahwa budaya di daerah tersebut menganggap pentas musik merupakan sesuatu yang kurang baik. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Membatalkan rencana pentas musik tersebut.
b. Tetap mengadakan pentas musik tersebut.
c. Tetap mengadakan pentas musik tersebut dengan menyisipkan acara disesuaikan selera tetangga dan masyarakat daerah tersebut.
d. Mengganti acara pentas musik dengan acara lain yang lebih cocok untuk daerah tersebut.
e. Menjelaskan kepada tetangga yang memberitahu Anda, bahwa pentas musik adalah acara yang menyenangkan.

Pembahasan Jawaban
Bila kita analisis uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai warga baru di suatu daerah tertentu. Sebagai warga baru, Anda ingin bersilaturahmi dengan tetangga dan masyarakat sekitar dengan cara mengadakan pentas musik. 

Adapun, Anda mendapatkan informasi dari tetangga, bahwa budaya di daerah tersebut menganggap pentas musik merupakan sesuatu yang kurang baik. Bagaimana tindakan Anda ketika mengetahui hal tersebut?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 4). Alasannya, karena menurut budaya di daerah tersebut, pentas musik merupakan sesuatu yang kurang baik, sehingga suatu hal yang masuk akal apabila Anda membatalkan rencana pentas musik tersebut.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 1). Alasannya, karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda kurang menghormati budaya yang ada di daerah tersebut. Di daerah tersebut, pentas musik dianggap sesuatu yang kurang baik.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 2). Alasannya, meskipun Anda menyisipkan acara yang dapat diterima di daerah tersebut, tetapi Anda tetap menyelenggarakan pentas musik yang menurut budaya di daerah tersebut dianggap sesuatu yang kurang baik.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena tindakan tersebut menunjukkan bahwa Anda menghormati budaya yang ada di daerah tersebut, dengan mengganti acara yang lebih cocok dalam rangka silaturahmi kepada tetangga dan masyarakat sekitar. 

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, karena acara pentas musik itu menyenangkan dalam pandangan Anda, namun dalam pandangan tetangga dan masyarakat sekitar acara tersebut merupakan sesuatu yang kurang baik.

Berdasarkan uraian tersebut, terdapat dua pilihan jawaban yang tepat yaitu pilihan jawaban a dan d. Adapun pilihan jawaban yang lebih tepat adalah pilihan jawaban d. Alasannya, karena pada pilihan jawaban d, Anda tidak hanya menghormati budaya daerah tersebut, tetapi tetap menjalankan tujuan Anda yang ingin bersilaturahmi dengan tetangga dan masyarakat sekitar, melalui acara yang lebih cocok dengan budaya daerah setempat.

Jawaban d-a-e-c-b.

Latihan Soal TKP HOTS – Sosial Budaya
2. Anda sedang berkunjung ke rumah saudara di suatu daerah. Pada saat memberikan jamuan makan, saudara Anda tersebut memberikan hidangan makanan khas daerah yang tidak Anda suka. Bagaimana sikap Anda?
a. Tidak menyantap hidangan makanan tersebut, serta membeli makanan sendiri di rumah makan terdekat.
b. Meminta maaf kepada saudara Anda untuk mengganti hidangan makanan khas daerah tersebut dengan makanan yang Anda suka.
c. Menyantap hidangan makanan khas daerah tersebut untuk menghargai saudara Anda.
d. Tidak menyantap hidangan makanan tersebut serta beralasan Anda sudah kenyang.
e. Menyantap hidangan makanan khas daerah tersebut secara lahap.

Pembahasan Jawaban
Bila kita analisis uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai tamu yang berkunjung ke rumah saudara di suatu daerah. Pada saat memberikan jamuan makan, Saudara tersebut memberikan hidangan makanan khas daerahnya kepada Anda. 

Adapun yang menjadi permasalahan, Anda tidak suka dengan makanan yang diberikan tersebut. Penggunaan kata tidak suka, memiliki kecenderungan bahwa orang tidak menyukai suatu makanan karena makanan tersebut karena selera (kesukaannya). 

Permasalahan selera memang sesuatu hal yang wajar, namun dalam keadaan tertentu selama makanan tersebut tidak membahayakan kesehatan, atau dilarang oleh agama, sebaiknya Anda tetap menyantap makanan tersebut, untuk menghargai pihak yang memberikan makanan.

Apabila suatu makanan dapat membahayakan kesehatan, atau dilarang oleh agama biasanya dalam soal dijelaskan secara spesifik, namun pada soal tersebut, alasan tidak suka tidak dijelaskan secara spesifik, sehingga kecenderungannya karena masalah selera.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 1). Alasannya, karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak menghormati hidangan makanan khas daerah yang disajikan oleh saudara Anda tersebut, bahkan Anda malah meninggalkan makanan yang diberikan dan membeli makanan sendiri di rumah makan.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 3). Alasannya, selama makanan khas daerah tersebut tidak membahayakan kesehatan, atau dilarang oleh agama, sebaiknya Anda tetap menyantap makanan tersebut, untuk menghargai pihak yang memberikan makanan.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena tindakan tersebut menunjukkan bahwa Anda menghargai serta menghormati keanekaragaman sosial budaya dalam bentuk hidangan makanan khas daerah serta menghargai pemberian saudara Anda.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 2). Alasannya, karena Anda kurang jujur dalam mengungkapkan sesuatu hal dengan beralasan sudah kenyang, walaupun memang tujuannya baik. Bila kita perhatikan, masih ada solusi lain yang lebih tepat yaitu menyantap makanan tersebut selama tidak membahayakan kesehatan, atau dilarang oleh agama.

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tepat (Nilai 4). Alasannya, karena tindakan tersebut menunjukkan bahwa Anda menghargai serta menghormati keanekaragaman sosial budaya dalam bentuk hidangan makanan khas daerah serta menghargai pemberian saudara Anda.

Berdasarkan uraian tersebut, terdapat dua pilihan jawaban yang tepat, yaitu pilihan jawaban c dan e. Adapun pilihan jawaban yang lebih tepat adalah pilihan jawaban c. Alasannya, karena pada pilihan jawaban c dijelaskan motif Anda menyantap makanan tersebut, yaitu untuk menghargai saudara Anda, sedangkan pada pilihan jawaban e tidak dijelaskan motif Anda menyantap makanan tersebut.

Jawaban c-e-b-d-a.

Latihan Soal TKP HOTS – Sosial Budaya
3. Suasana di daerah tempat Anda tinggal memanas karena sebentar lagi ada pemilihan kepala desa. Perbedaan dukungan serta pandangan politik menyebabkan terjadinya perdebatan antar warga yang membuat suasana bertetangga menjadi tidak nyaman. Bagaimana sikap Anda ketika mengalami hal tersebut?
a. Berusaha mengubah dukungan serta pandangan politik masyarakat yang berbeda dengan Anda.
b. Mencari cara supaya suasana di daerah Anda kembali kondusif.
c. Tidak terpengaruh dan tetap fokus pada kehidupan pribadi Anda.
d. Menahan diri untuk tidak terlibat dalam perdebatan-perdebatan yang terjadi.
e. Melaporkan kejadian di daerah tersebut kepada pihak kepolisian.

Pembahasan Jawaban
Bila kita analisis uraian yang terdapat dalam soal, Anda berada pada posisi sebagai warga suatu daerah yang sebentar lagi ada pemilihan kepala desa. Adapun permasalahan yang terjadi, yaitu karena perbedaan dukungan serta pandangan politik yang dimiliki antar warga, sehingga menyebabkan suasana bertetangga memanas dan tidak nyaman. Bagaimana sikap Anda ketika mengalami hal tersebut?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat (nilai 2). Alasannya, karena dukungan dan pandangan politik merupakan hak warga yang wajib dihormati meskipun berbeda dengan Anda. Selain dari itu, berusaha mengubah dukungan serta pandangan politik masyarakat yang berbeda dengan Anda, tidak efektif untuk menyelesaikan permasalahan sebagaimana tercantum dalam soal.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 5). Alasannya, karena tindakan tersebut sesuai dengan konteks permasalahan yang tercantum dalam soal. Apabila permasalahan yang terjadi adalah suasana bertetangga memanas dan tidak nyaman, maka solusi yang tepat adalah mencari cara supaya suasana di daerah Anda kembali kondusif. Misalnya dengan cara mengusulkan kepada pemerintah setempat untuk melaksanakan deklarasi damai, memasang spanduk yang berkaitan dengan pemilihan kepala desa yang tertib, dan lain-lain.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 3). Alasannya, karena dengan melakukan tindakan tersebut, Anda tidak memperkeruh suasana, meskipun tindakan Anda cenderung kurang aktif dalam menyelesaikan permasalahan sebagaimana tercantum dalam soal.

Pilihan jawaban d hampir sama dengan pilihan jawaban c yang merupakan pilihan jawaban yang tepat (nilai 4). Alasannya, karena dengan melakukan tindakan tersebut, Anda tidak memperkeruh suasana, meskipun tindakan Anda cenderung kurang aktif dalam menyelesaikan permasalahan sebagaimana tercantum dalam soal.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat (nilai 1). Alasannya, karena Anda melakukan hal yang berlebihan, masih ada solusi yang lebih baik untuk menyelesaikan permasalahan sebagaimana tercantum dalam soal.

Berdasarkan uraian tersebut, terdapat tiga pilihan jawaban yang tepat, yaitu pilihan jawaban b, c, dan d. Adapun pilihan jawaban yang lebih tepat adalah pilihan jawaban b. Alasannya, karena pada pilihan jawaban b Anda bertindak aktif dalam menyelesaikan permasalahan, sedangkan pada pilihan jawaban c dan d Anda bertindak pasif.

Jawaban b-d-c-a-e. 

Demikian contoh latihan soal TKP HOTS yang berkaitan dengan sosial budaya. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

6 komentar:

  1. trimakasih. ditunggu kelanjutannya 👍

    BalasHapus
  2. makasih banyak mimin, sangat bermanfaat sekali, ditunggu pembahasan tkp teknologi informasi&komunikasi dan profesionalisme nya min, barakallahu fiik

    BalasHapus
  3. @Dedystenoguster : Iya siap Mas Dedystenoguster, terima kasih telah mengunjungi website kami.

    @Nila : Iya siap Mba Nila, Insya Allah tema soal TKP lainnya akan diupdate secepatnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. makasih banyak min. sangat membantu. ditunggu update an terbarunya :)

    BalasHapus
  5. iya siap Mas Nicky, insya Allah update TKP tentang teknologi informasi dan komunikasi akan kami posting pada hari Kamis tanggal 2 Januari 2020, terima kasih.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah membantu sekali websitenya min, kalau boleh saran, contoh soalnya ditambah lagi ya min.
    Terimakasih min, semoga dilancarkan segala urusan

    BalasHapus