Sabtu, 21 Desember 2019

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Analogi)

Latihan Soal TIU CPNS kemampuan verbal - berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019, disebutkan bahwa salah satu jenis soal dalam kemampuan verbal adalah analogi.

Jenis soal ini, bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu, kemudian menggunakan konsep tersebut pada situasi yang lain. Berdasarkan uraian tersebut, berikut ini kami sampaikan contoh latihan soal TIU CPNS kemampuan verbal yang tergolong ke dalam jenis soal analogi.
Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Analogi)
Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Analogi)
1. Meninggal : Wafat = 
a. Dendam : Sedih
b. Naik Pitam : Marah 
c. Acuh : Tidak Peduli
d. Senang : Masam
e. Memori : Amnesia 

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, kata meninggal dan wafat memiliki hubungan yaitu persamaan kata (sinonim). Alasannya, karena kedua kata tersebut merujuk pada pengertian yang sama, yaitu merujuk pada keadaan makhluk hidup yang sudah tidak bernyawa. 

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena dendam bukan merupakan sinonim dari sedih. Dendam adalah keinginan untuk membalas suatu perbuatan, sedangkan sedih adalah perasaan duka yang dirasakan oleh hati karena mengalami sesuatu yang tidak enak.
Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena naik pitam dan marah merujuk pada pengertian yang sama (sinonim), yaitu merujuk pada keadaan hati yang ingin meluapkan kekesalan.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena acuh bukan merupakan sinonim dari tidak peduli. Justru sebaliknya, acuh adalah antonim (kebalikan kata) dari tidak peduli, karena acuh memiliki arti peduli.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena senang bukan merupakan sinonim dari masam. Senang adalah perasaan bahagia yang dialami karena mendapat sesuatu yang enak, sedangkan masam adalah ekspresi wajah yang tidak ramah. 

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena memori dan amnesia bukan merupakan sinonim. Memori memiliki arti ingatan, sedangkan amnesia adalah keadaan seseorang yang kehilangan daya ingat pada hal/kejadian masa lalu.

Jawaban b 

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Analogi)
2. Kipas : Angin =
a. Kompor : Listrik 
b. Lampu : Cahaya
c. Sepeda : Motor 
d. Komputer : Printer
e. Oven : Suhu

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, kata kipas dan angin memiliki hubungan yaitu alat yang menghasilkan. Hal ini bisa kita buktikan dengan merangkaikan dua kata tersebut ke dalam sebuah kalimat, yaitu kipas adalah alat yang menghasilkan angin. 

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut ke dalam sebuah kalimat, yaitu kompor adalah alat yang menghasilkan listrik, maka pernyataan tersebut tidak tepat.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut ke dalam sebuah kalimat, yaitu lampu adalah alat yang menghasilkan cahaya, maka pernyataan tersebut tepat dan memiliki hubungan yang sama dengan perbandingan kata sebagaimana terdapat dalam soal.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut ke dalam sebuah kalimat, yaitu sepeda adalah alat yang menghasilkan motor, maka pernyataan tersebut tidak tepat.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut ke dalam sebuah kalimat, yaitu komputer adalah alat yang menghasilkan printer, maka pernyataan tersebut tidak tepat.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut ke dalam sebuah kalimat, yaitu oven adalah alat yang menghasilkan suhu, maka pernyataan tersebut kurang tepat. Seharusnya, oven adalah alat yang menghasilkan suhu panas.  

Jawaban b

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Analogi)
3. Telur : Butir =
a. Baju : Kodi
b. Gelas : Lusin
c. Kertas : Lembar
d. Bawang : Kilogram 
e. Tahun : Windu

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, hubungan antara telur dan butir yaitu telur memiliki satuan eceran butir. Hal ini bisa dibuktikan, karena pada kenyataannya telur memang memiliki satuan eceran yaitu butir, sehingga kata kunci untuk menemukan hubungan yang sama dengan soal adalah A memiliki satuan eceran yaitu B.

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi baju memiliki satuan eceran yaitu kodi, maka pernyataan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Satuan eceran untuk baju adalah potong/stel.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi gelas memiliki satuan eceran yaitu lusin, maka pernyataan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Satuan eceran untuk gelas adalah buah.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi kertas memiliki satuan eceran yaitu lembar, maka pernyataan tersebut memang sesuai dengan kenyataan. Berdasarkan hal tersebut, maka hubungan antara kertas dan lembar sama dengan hubungan antara telur dan butir sebagaimana terdapat dalam soal.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi bawang memiliki satuan yaitu kilogram, maka pernyataan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Satuan eceran untuk bawang adalah siung.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi tahun memiliki satuan yaitu windu, maka pernyataan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan.

Jawaban c

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Analogi)
4. Berlatih : Mahir =
a. Belajar : Pandai
b. Bijaksana : Berpikir  
c. Berperilaku Santun : Berakhlak Mulia
d. Arif : Bijaksana
e. Istirahat : Lelah

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, hubungan antara berlatih dan mahir yaitu mahir adalah penyebab seseorang menjadi mahir. Untuk menemukan hubungan yang sama dengan soal, maka kata kunci yang dapat digunakan yaitu, A adalah penyebab seseorang menjadi B.

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi belajar adalah penyebab seseorang menjadi pandai, maka pernyataan tersebut merupakan hal yang tepat. Berdasarkan hal tersebut, maka hubungan antara belajar dan pandai sama dengan hubungan antara berlatih dan mahir sebagaimana terdapat dalam soal.

Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi bijaksana adalah penyebab seseorang menjadi berpikir, maka pernyataan tersebut tidak tepat. Alasannya, karena A bukan penyebab terjadinya B, tetapi justru terbalik B adalah penyebab terjadinya A.

Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua tersebut menjadi berperilaku santun adalah penyebab seseorang menjadi berakhlak mulia, maka pernyataan tersebut tidak tepat. Alasannya, karena A bukan penyebab terjadinya B, melainkan B adalah penyebab terjadinya A.

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi jika sering arif maka bijaksana, maka pernyataan tersebut tidak tepat. Alasannya, karena A bukan penyebab terjadinya B. Hubungan A dan B pada pilihan jawaban c adalah persamaan kata (sinonim).

Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi istirahat adalah penyebab seseorang menjadi lelah, maka pernyataan tersebut tidak tepat dan tidak sesuai kenyataan.

Jawaban a

Latihan Soal TIU CPNS Kemampuan Verbal (Analogi)
5. Sopir : Mobil =
a. Kerani : Perahu
b. Bosun : Kereta Api
c. Syahbandar : Lokomotif
d. Pilot : Pesawat Terbang 
e. Kernet : Bus

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, hubungan antara sopir dan mobil yaitu sopir adalah pengemudi dari mobil. Untuk menemukan pilihan jawaban yang memiliki hubungan yang sama dengan soal, maka kita bisa gunakan kata kunci A adalah pengemudi dari B.

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi kerani adalah pengemudi dari perahu, maka pernyataan tersebut tidak tepat. Kerani adalah pegawai yang mengurusi administrasi sederhana (misalnya mencatat, mengetik, menerima dan mengirimkan surat)

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi bosun adalah pengemudi dari kereta api, maka pernyataan tersebut tidak tepat. Bosun adalah awak kapal yang tugasnya memimpin awak kapal bawahan bagian dek.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi syahbandar adalah pengemudi dari lokomotif, maka pernyataan tersebut tidak tepat. Syahbandar adalah kepala pelabuhan.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua tersebut menjadi pilot adalah pengemudi dari pesawat terbang, maka pernyataan tersebut merupakan hal yang tepat. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka hubungan antara pilot dan pesawat terbang sama dengan hubungan antara sopir dan mobil.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena bila kita rangkai dua kata tersebut menjadi kernet adalah pengemudi dari bus, maka pernyataan tersebut tidak tepat. Kernet adalah pembantu sopir.

Jawaban d

Demikian latihan soal TIU CPNS yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan dan kesiapan dalam menghadapi tes CPNS. Bila terdapat kekeliruan dalam artikel yang kami buat, pertanyaan, saran dan kritik, mohon untuk disampaikan pada kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar