Sabtu, 07 Desember 2019

Latihan Soal TKP CPNS HOTS 2019 - Jejaring Kerja

Soal TKP CPNS HOTS 2019 jejaring kerja - pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu aspek penilaian kepribadian yang dijadikan tema soal dalam tes karakteristik pribadi (TKP) CPNS 2019 yaitu tentang jejaring kerja.

Adapun aspek penilaian kepribadian ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

Bila kita perhatikan tujuan dari penilaian kepribadian tersebut, ada beberapa hal penting yang dapat kita uraikan, yaitu :
1. Aspek penilaian kepribadian tentang jejaring kerja bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam membangun dan membina hubungan. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan sikap mau berhubungan dengan orang lain, membina hubungan yang harmonis secara berkelanjutan, dan memiliki empati (memahami pikiran dan  perasaan orang lain).

2.  Aspek penilaian kepribadian tentang jejaring kerja bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif. Artinya, dalam aspek ini peserta dituntut untuk bisa memilih jawaban yang menunjukkan kemauan untuk bekerja sama dengan orang lain, memiliki jaringan informasi yang luas serta kekompakan tim dalam menyelesaikan permasalahan secara efektif.
Soal HOTS TKP CPNS - Jejaring Kerja
Latihan Soal TKP HOTS - Jejaring Kerja
1. Anda sedang melakukan diskusi bersama rekan kerja sesama divisi. Ketika diskusi berlangsung, ada seorang rekan kerja Anda memberikan usulan yang menurutnya sangat baik dalam meningkatkan hasil kerja, namun menurut Anda usulan tersebut memiliki resiko yang besar dan merugikan perusahaan jika tetap dilakukan. Ketika Anda memberikan tanggapan, rekan kerja tersebut terlihat tidak terima dengan sanggahan Anda. Bagaimana sikap yang akan Anda lakukan?
a. Memintanya untuk memberikan gagasan yang memiliki resiko kecil dan realistis.
b. Memintanya untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan.
c. Diam saja dan mengikuti semua gagasan rekan kerja.
d. Mengajaknya berbicara dengan bahasa yang santai dan ringan serta fokus pada tujuan awal.
e. Keluar dari ruang diskusi dan memberitahukannya kepada atasan.

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan uraian soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai yang sedang melakukan diskusi bersama rekan kerja satu divisi. Adapun permasalahannya, ada seorang rekan kerja yang memiliki suatu usulan yang menurut Anda memiliki resiko besar serta dapat merugikan perusahaan jika tetap dilakukan. Rekan kerja Anda terlihat tidak terima sanggahan dari Anda. Bagaimana sikap yang akan Anda lakukan?

Pilihan jawaban a dan b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena dalam soal telah dijelaskan bahwa rekan kerja tersebut terlihat tidak terima sanggahan yang Anda berikan, sehingga perlu cara lain agar sanggahan Anda dapat diterima dengan tetap membina hubungan baik dengan rekan kerja tersebut.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda terlalu pasif dalam menyampaikan pendapat yang sangat penting bagi perusahaan. Meskipun, niat Anda diam saja dan mengikuti gagasan rekan kerja tersebut demi menjaga hubungan baik, namun menjaga hubungan baik itu harus dibangun berlandaskan dasar saling memahami, adil, tidak merugikan satu sama lain, dan tidak bertentangan dengan tujuan perusahaan.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena mengemas komunikasi dengan cara yang baik adalah solusi untuk menyampaikan pendapat dan mencairkan suasana. 

Apabila rekan kerja Anda terlihat tidak menerima sanggahan yang Anda berikan, Anda dapat mengajaknya berbicara dengan bahasa yang santai dan ringan serta fokus pada tujuan awal agar suasana diskusi tidak terlalu tegang dan menjadi lebih cair, sehingga sanggahan yang Anda berikan lebih mudah diterima oleh rekan kerja tersebut dan tidak terkesan menggurui atau frontal.  

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Anda terlalu berlebihan dalam bertindak dan dapat memicu konflik dengan rekan kerja Anda tersebut.

Jawaban d.

Latihan Soal TKP HOTS - Jejaring Kerja
2. Anda dipercaya oleh atasan untuk menjadi seorang ketua tim dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan penting. Pekerjaan tersebut menuntut Anda dan rekan kerja untuk bekerja secara cepat, cermat, efektif, efisien dan berpegang pada SOP. Namun, dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut ada seorang rekan kerja Anda melakukan kesalahan yang cukup fatal karena tidak berpegang pada SOP yang telah ditetapkan. Bagaimana sikap Anda?
a. Membicarakannya dengan atasan tentang permasalahan tersebut.
b. Berdiskusi dengan rekan kerja lain untuk mengambil keputusan.
c. Memintanya untuk mempertanggung jawabkan kesalahan kepada atasan.
d. Mengeluarkannya dari tim serta menuntut pertanggungjawaban.
e. Menganalisis kesalahan yang telah diperbuat oleh rekan kerja Anda tersebut.

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan uraian soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai seorang ketua tim yang dipercayai oleh atasan untuk memimpin pelaksanaan pekerjaan yang penting. Adapun permasalahannya, terdapat rekan kerja tim Anda yang melakukan kesalahan yang cukup fatal karena melanggar ketentuan sebagaimana tercantum dalam SOP. Bagaimana sikap Anda sebagai ketua tim?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena atasan telah mempercayakan pekerjaan tersebut kepada Anda sebagai ketua tim, sehingga Anda dituntut untuk dapat mengambil keputusan terkait permasalahan tersebut.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, walaupun Anda adalah ketua tim, dalam mengambil keputusan sebaiknya tetap berdiskusi dengan rekan kerja lainnya agar keputusan yang dihasilkan lebih baik dan tidak menimbulkan permasalahan baru yang lebih besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan mampu bekerjasama dengan tim.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda seorang ketua tim sehingga Anda pun tidak lepas dari pertanggungjawaban dari kesalahan yang dilakukan oleh rekan kerja Anda. 

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena Anda tidak menunjukkan kemampuan untuk mengendalikan diri yang sangat diperlukan oleh seorang ketua tim dalam rangka menjaga kekompakkan tim. Sebagai ketua tim, sebaiknya Anda berdiskusi terlebih dahulu dekan rekan kerja lainnya dalam mengambil keputusan, agar keputusan yang dihasilkan lebih baik dan tidak menimbulkan permasalahan baru yang lebih besar.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena menganalisis kesalahan yang telah diperbuat oleh rekan kerja Anda, merupakan salah satu cara untuk mengetahui dan mencari solusi permasalahan dari kesalahan yang dilakukan oleh rekan kerja tersebut.

Berdasarkan analisis tersebut, terdapat dua jawaban yang tepat yaitu pilihan jawaban b dan pilihan jawaban e. Adapun jawaban yang lebih tepat adalah pilihan jawaban b, alasannya karena pada pilihan jawaban b Anda menganalisis permasalahan dan mendiskusikan solusinya bersama-sama rekan kerja lainnya, sedangkan pada pilihan jawaban e Anda lebih cenderung menganalisis permasalahan dan solusinya seorang diri sebagai seorang ketua tim.

Mendiskusikan solusi bersama-sama rekan kerja lainnya lebih besar berpeluang menemukan solusi yang lebih baik dan tidak menimbulkan permasalahan baru yang lebih besar serta menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan dalam menjaga kekompakkan tim.

Jawaban b

Latihan Soal TKP HOTS - Jejaring Kerja
3. Anda bersama rekan kerja telah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Untuk merayakan keberhasilan tersebut, rekan kerja Anda mengajak untuk berpesta. Namun, saat itu kondisi badan Anda kurang sehat. Bagaimana sikap Anda?
a. Menerima ajakan rekan kerja Anda tersebut.
b. Meminta maaf dan segera pulang untuk beristirahat.
c. Mengikuti kegiatan tersebut sebentar, kemudian pulang lebih awal.
d. Menolak ajakan tersebut dan pulang ke rumah.
e. Mengikuti kegiatan tersebut sebentar, kemudian meminta izin untuk pulang lebih awal.   

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan uraian soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai yang telah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik bersama rekan kerja Anda. Adapun permasalahannya, rekan kerja Anda mengajak berpesta untuk merayakan keberhasilan tersebut, namun disisi lain kondisi badan Anda kurang sehat. Bagaimana sikap yang akan Anda lakukan?

Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun tujuan Anda menerima ajakan tersebut untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, tetapi Anda pun harus memperhatikan kondisi badan yang kurang sehat.

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena kondisi badan yang kurang sehat membuat Anda harus segera pulang dan beristirahat. Selanjutnya, Anda pun telah meminta maaf karena dengan menjelaskan penyebabnya kepada rekan kerja yang merupakan suatu tindakan yang menghargai ajakan rekan kerja tersebut.

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun Anda menghargai ajakan rekan kerja Anda untuk ikut , tetapi Anda pulang lebih awal begitu saja dari acara tersebut.

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut menunjukkan Anda kurang menghargai ajakan rekan kerja Anda karena menolak tanpa menyampaikan alasan yang jelas kepada mereka.

Pilihan jawaban e merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena Anda menghargai ajakan rekan kerja dengan mengikuti kegiatan tersebut dan Anda pun peduli terhadap kondisi tubuh Anda dengan meminta izin pulang lebih awal karena kondisi badan kurang sehat.

Berdasarkan analisis tersebut, terdapat dua pilihan jawaban yang tepat yaitu pilihan jawaban b dan e. Adapun pilihan jawaban yang lebih tepat adalah pilihan jawaban e.

Alasannya, karena pada pilihan jawaban b Anda hanya menuntut rekan kerja untuk mengerti kondisi tubuh Anda yang kurang sehat, walaupun alasannya memang dapat diterima dan masuk akal. Adapun pada pilihan jawaban e ada proses saling pengertian dari dua pihak, Anda menghargai ajakan rekan kerja untuk mengikuti kegiatan tersebut, dan rekan kerja pun mengerti bahwa Anda harus pulang lebih awal karena kondisi tubuh kurang sehat dan membutuhkan istirahat.

Jawaban e

Demikian contoh latihan soal TKP HOTS yang berkaitan dengan jejaring kerja. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

10 komentar:

  1. sangat membantu dalam belajar. semoga soal2nya diperbanyak 🙏

    BalasHapus
  2. Iya mas Dedystenoguster,
    alhamdulillah apabila artikel ini dapat membantu mas dalam belajar
    insya Allah soal akan diupdate dengan tema soal TKP lainnya, terima kasih.

    BalasHapus
  3. ditunggu soal tkp aspek sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi & profesionalisme min ^^

    BalasHapus
  4. Sangat membantu makasih bahasan soalnya ,,, semoga dibalas Tuhan kebaikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya siap mas Kristian Adinata. Alhamdulillah apabila artikel ini dapat membantu mas, terima kasih.

      Hapus
  5. Mantap, menjadi amal baik yg berkelanjutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya siap mas Mridwan, aamiin yaa robbal alaamiin.

      Hapus
  6. Ijin saya review di youtube

    BalasHapus
  7. @Unknown : Silahkan Mas/Mba, mohon cantumkan juga link website kami di deskripsi videonya, terima kasih.

    BalasHapus
  8. Terimakasih sangat membantu

    BalasHapus