Jumat, 05 April 2019

Daftar Isi - Cara Membuat Laporan Prakerin

Cara Membuat Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) - Bagi siswa siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang melaksanakan prakerin, baik itu di lembaga pemerintah atau dunia industri (swasta) dibimbing untuk bisa menuangkan hasil prakerin tersebut kedalam suatu laporan yang dinamakan dengan Laporan Prakerin. Namun, yang menjadi pertanyaan bagaimana cara membuat laporan prakerin yang baik dan benar ?
Laporan prakerin yang baik dan benar adalah laporan yang dibuat sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Sekolah yang biasanya disusun dalam suatu Buku Pedoman Penyusunan Laporan Prakerin. Kalau cara membuat laporan prakerin telah dibuat oleh Sekolah, lalu apa manfaatnya saya membaca blog ini ?
Suatu pertanyaan yang bagus, adapun jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya sederhana, yaitu untuk membantu siswa-siswi yang sedang membuat laporan prakerin supaya mengetahui bagaimana cara membuat laporan sesuai ketentuan-ketentuan yang ada pada buku pedoman yang telah disediakan sekolah, terutama dalam pengetikan secara langsung dan pendalaman langkah-langkah pembuatan.
Selain dari itu, laporan prakerin yang baik dan benar adalah laporan yang dibuat dengan untaian kata yang berkesinambungan. Artinya, hubungan kalimat dengan kalimat atau paragraf dengan paragraf selanjutnya tepat dan serasi, tidak boleh ada disuatu kalimat atau paragraf menjelaskan tentang A tiba-tiba dikalimat atau paragraf selanjutnya langsung ke Z.
Kemudian, laporan prakerin yang baik dan benar adalah laporan yang dibuat sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Pengunaan tanda baca, huruf besar, huruf kecil, penulisan daftar pustaka dan penulisan kutipan yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat kita temukan dalam pedoman tersebut.
Cara membuat laporan prakerin yang baik dan benar
Cara membuat laporan prakerin yang baik dan benar
Dengan adanya panduan ini diharapkan, siswa-siswi SMK atau siswa-siswi lain yang melaksanakan kegiatan sejenis prakerin (contoh : BSM (Bakti Siswa Madrasah), Praktek Kerja Lapangan (PKL) dapat terbantu melalui panduan cara membuat laporan ini.
Berikut daftar isi cara membuat laporan prakerin secara lengkap :
1. Cara Membuat Cover Laporan Prakerin [Lengkap]

1 komentar: