Minggu, 14 April 2019

Cara Membuat Cover Laporan Prakerin Lengkap

Cara membuat laporan prakerin - Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat cover (halaman depan) laporan prakerin. Untuk membuat cover laporan prakerin hal pertama yang harus diperhatikan yaitu : apakah ada ketentuan khusus tentang pembuatan cover laporan prakerin berdasarkan buku pedoman penyusunan laporan yang diberikan pihak sekolah ? 

Jika jawabannya adalah ya, maka ikutilah ketentuan yang ada dalam pedoman tersebut, misalnya ketentuan mengenai ukuran huruf, jenis huruf, margin (batas kertas) serta ukuran kertas yang digunakan dalam pembuatan laporan. Jika jawabannya adalah tidak, maka kami akan memberikan contoh bagaimana cara membuat cover laporan prakerin, berdasarkan ketentuan salah satu SMK yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi microsoft word.
2. Klik tab page layout ---) kemudian klik size.
membuat laporan prakerin - mengatur ukuran kertas
3. Pilih ukuran kertas A4, pemilihan ukuran kertas harus dilakukan diawal karena jika sampai salah, maka akan mempengaruhi seluruh isi laporan yang akan diketik.
4. Setelah memilih ukuran kertas, hal yang harus dilakukan adalah menentukan margin (batas kertas). Margin berfungsi untuk menentukan batas tulisan yang kita ketik sehingga hasilnya tidak terlalu berada di ujung kertas baik ujung kertas atas, kiri, kanan dan bawah. Untuk menentukan margin caranya : pada tab page layout ---) klik margins ---) klik custom margins. Jika benar maka akan muncul tampilan berikut :
pada kotak isian :
top (margin atas) isi dengan angka 4 cm
left isi dengan angka 4 cm
bottom isi dengan 4 cm
right isi dengan angka 3 cm
jika sudah selesai klik tombol ok.
persiapan pengaturan kertas sudah selesai saatnya, kita melaksanakan pengetikan.

5. Klik tombol keyboard CTRL+E untuk membuat tulisan menjadi di tengah (rata tengah), kemudian tulis "LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI".
6. Huruf yang digunakan bisa dilihat pada buku pedoman yang dibagikan oleh sekolah masing-masing, atau jika tidak ada keterangan bisa menggunakan jenis huruf "Times New Roman" dengan ukuran huruf 16.
7. Kemudian tulis judul laporan prakerin sesuai yang telah Anda rencanakan, sebagai contoh pada kesempatan kali kita akan membuat laporan dengan judul "PELAKSANAAN PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT", maka hasilnya akan terlihat seperti berikut :
8. Bagian yang terpenting adalah jangan lupa simpan hasil ketikan dengan menekan CTRL+S (Save).
9. Silahkan simpan dulu file hasil ketikan dengan menekan tombol keyboard CTRL+S dan pilih lokasi dimana Anda akan menyimpan file ---) beri nama file tersebut dengan COVER LAPORAN PRAKERIN.
10. Ubahlah Save as type yang asalnya "Word Document (*.docx) menjadi Word 97-2003 document (*.doc) dengan cara menekan tulisan : "Word Document (*.docx) ---) kemudian pilih Word 97-2003 document (*.doc). Tujuan pengubahan jenis file ini yaitu untuk menghindari error yang sering terjadi yaitu dokumen tiba-tiba tidak ada spasinya (Biasanya ini terjadi jika file document yang asalnya diketik pada microsoft word 2010 dibuka di microsoft word 2007) dan klik tombol save.


11. Selanjutnya, dibawah tulisan judul masukan logo Sekolah Anda dengan cara : pilih tab insert ---) kemudian klik picture ---) cari file logo Sekolah yang akan dimasukan ---) kemudian klik tombol insert.
12. Hasilnya adalah sebagai berikut :
contoh pemasangan logo prakerin

13. Perhatikan bahwa logo yang kita masukan menimpa sebagian teks yang telah kita ketik, untuk mempermudah mengedit posisi logo tersebut gunakan wrap text : in front of text, dengan cara : klik kanan gambar logo tersebut ---) klik format picture dan akan muncul sebuah kotak dialog. Pada kotak dialog tersebut pilih menu tab layout ---) kemudian pilih in front of text.
14. Sekarang posisikan logo ditengah halaman kertas agar posisinya simetris lurus dengan judul.
15. Setelah posisi logo tepat, selanjutnya tekan tombol enter beberapa kali untuk menempatkan tulisan : "DISUSUN OLEH :" dan jangan lupa ketik nama Anda dibawah logo sekolah serta ketik juga Nomor Induk Siswa dibawah nama Anda.

16. Setelah mengetik nama dan nomor induk siswa, tekan tombol enter beberapa kali lagi untuk menempatkan posisi tulisan "JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN" ---) kemudian tekan tombol enter lagi dan ketik tulisan "SMK ASRI KENCANA KECAMATAN LEMBANG" kemudian "KABUPATEN BANDUNG BARAT" ---) tekan tombol enter dan sekarang ketik tulisan tahun laporan dibuat.
17. Blok semua tulisan yang ada dihalaman cover dengan menekan tombol CTRL+A kemudian buat semuat tulisan menjadi tebal dengan cara menekan tombol CTRL+B.
18. Sekarang halaman cover telah berhasil dibuat, jangan lupa simpan hasil pengerjaan Anda dengan menekan tombol save atau CTRL+S

Demikian tata cara membuat cover laporan prakerin, bila ada pertanyaan, saran dan kritik silahkan tulis dikolom komentar, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar