Sabtu, 29 Oktober 2022

Latihan Soal Wawancara PPPK Terbaru #2

Latihan Soal Wawancara PPPK Terbaru
1. Apabila Anda telah diterima sebagai PPPK, apa target jangka pendek yang ingin dicapai? 
a. membangun rumah tinggal dengan menjaminkan SK PPPK ke Bank. Hal ini saya lakukan agar kehidupan keluarga menjadi tenang. Ketika kehidupan keluarga tenang, maka saya dapat bekerja secara tenang pula. 
b. belajar maksimal di waktu luang, agar pada saatnya nanti dapat mengikuti serta lulus CPNS. Hal ini saya lakukan, karena CPNS lebih besar penghasilannya dari PPPK. 
c. bekerja secara maksimal dan terus belajar agar dapat memberikan kontribusi yang optimal terhadap instansi tempat bekerja. 
d. menjadi pemimpin di instansi tempat saya bekerja. Alasannya, karena saya ingin menjadikan instansi tempat saya bekerja memiliki prestasi yang terbaik. 

Pembahasan Jawaban
Pilihan jawaban a merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun tujuan yang ingin dicapai baik, namun tujuan tersebut cenderung mengarah ke tujuan pribadi dan kurang memiliki kontribusi yang nyata terhadap kemajuan instansi tempat bekerja maupun penyelesaian target kinerja yang ditetapkan (nilai 2).

Pilihan jawaban b merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena hal tersebut mencerminkan bahwa Anda hanya menjadikan PPPK sebagai batu loncatan saja untuk menjadi PNS (nilai 1).

Pilihan jawaban a lebih baik dari pilihan jawaban b, alasannya karena pada pilihan jawaban a terdapat sedikit kecenderungan bahwa Anda memiliki kepedulian terhadap instansi tempat bekerja (hal ini tercermin dari kata: dapat bekerja secara tenang pula), dibandingkan dengan pilihan jawaban b yang murni untuk kepentingan pribadi saja (meskipun pilihan jawaban b tidak sepenuhnya salah, tetapi tidaklah tepat untuk menjawab pertanyaan ini). 

Pilihan jawaban c merupakan pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut mencerminkan bahwa Anda merupakan orang yang memiliki integritas yang baik (nilai 4).

Pilihan jawaban d merupakan pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, meskipun tujuan yang ingin dicapai baik, tetapi tidak realistis. Dalam jangka pendek (kisaran 1 tahun), seorang PPPK (jabatan fungsional) pada umumnya belum bisa dipromosikan atau memiliki masa kerja yang cukup untuk menjadi pimpinan suatu instansi (nilai 3).

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: