Minggu, 18 September 2022

Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management)

Pengertian rantai pasok

Rantai pasok (supply chain) adalah serangkaian proses yang menghubungkan beberapa pihak dalam rangka pendistribusian barang atau jasa dari produsen kepada konsumen akhir (end user).

Terdapat tiga komponen (segmen) dalam rantai pasok, yaitu sebagai berikut:
1. Rantai Pasok Hulu (Upstream Supply Chain)
Sebagaimana diketahui, bahwa rantai pasok terdiri dari serangkaian proses. Salah satu proses dalam rantai pasok adalah rantai pasok hulu. Apa yang dimaksud dengan rantai pasok hulu?

Rantai pasok hulu adalah proses dalam rantai pasok yang didalamnya berisi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan/institusi/organisasi dengan vendor penyedia bahan baku (rekanan pemasok). Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi perencanaan, pencarian pemasok dan pengadaan barang/jasa.
 
2. Rantai Pasok Internal (Internal Supply Chain)
Rantai pasok internal adalah proses dalam rantai pasok yang didalamnya berisi kegiatan-kegiatan internal di perusahaan/institusi/organisasi tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi penerimaan barang ke gudang, proses produksi dalam rangka menghasilkan output, pengendalian persediaan barang serta manajemen mutu.

3. Rantai Pasok Hilir (Downstream Supply Chain)
Rantai pasok hilir adalah proses dalam rantai pasok yang didalamnya berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka transportasi, distribusi barang yang merupakan output dari rantai pasok internal kepada konsumen akhir, serah terima dan layanan purna jual (layanan pengaduan/keluhan konsumen setelah proses jual beli berakhir).

Pada rantai pasok hilir, distribusi dapat langsung disalurkan kepada konsumen akhir atau melalui perantara, misalnya agen, grosir atau pengecer.

Pengertian Manajemen Rantai Pasok

Agar pelaksanaan rantai pasok berjalan secara lancar, maka diperlukan pengelolaan secara baik. Pengelolaan rantai pasok disebut manajemen rantai pasok.

Menurut The Council of Supply Chain Management Professionals (CSCMP), manajemen rantai pasok (supply chain management) adalah manajemen yang meliputi perencanaan dan pengelolaan semua kegiatan yang terlibat dalam identifikasi sumber daya dan pengadaan (sourcing and procurement), konversi (conversion) dan semua kegiatan manajemen logistik.

Siklus Manajemen Rantai Pasok

Terdapat 4 tahapan dalam siklus manajemen rantai pasok, yaitu plan (perencanaan), source (pencarian bahan baku), make (pembuatan atau produksi) dan deliver (pengiriman atau pendistribusian).