Senin, 19 September 2022

Latihan Soal PPPK Terbaru | Kompetensi Teknis Perawat

Latihan Soal PPPK Terbaru | Kompetensi Teknis Perawat Ahli Pertama

1. Seorang ibu diantar oleh keluarganya datang ke puskesmas. Kondisi ibu tersebut, yaitu G1P0A0 sedang hamil 40 minggu, TFU 36 cm, merasakan mules dengan intensitas cukup tinggi sejak 5 jam yang lalu dan ada rasa ingin mengejan. Setelah dilakukan observasi HIS, didapatkan HIS 5x tiap 10 menit selama 48 detik. Selanjutnya, ibu tersebut mengatakan telah keluar lendir bercampur darah yang banyak dari alat kelaminnya. Saat Anda melakukan pemeriksaan dalam, pembukaan lengkap dan porsio tidak teraba. Berdasarkan kondisi yang telah dijelaskan, maka ibu tersebut berada pada....
a. kala I
b. kala II
c. kala III
d. kala IV
e. kala V

Pembahasan Jawaban
Untuk dapat menjawab soal tersebut secara cepat dan tepat, maka kita dapat langsung mengeliminasi pilihan jawaban c, pilihan jawaban d dan pilihan jawaban e. Alasannya, karena tahapan kala tersebut terjadi setelah ibu melahirkan bayi (kecuali kala V, karena tidak ada).

Bila kita analisis, kondisi ibu tersebut G1P0A0 = Gravid 1 (kehamilan pertama), Partus 0 (belum pernah melahirkan) dan Abortus 0 (belum pernah keguguran/aborsi) sedang hamil 40 minggu (kehamilan sudah cukup bulan untuk melahirkan), tinggi fundus uterus 36 cm, ada rasa ingin mengejan bersamaan terjadinya kontraksi uterus/HIS (ciri kala II), keluar lendir bercampur darah yang banyak dari alat kelamin (ciri kala II), pembukaan lengkap dan porsio tidak teraba (ciri kala II).


Berdasarkan analisis tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.