Sabtu, 17 September 2022

[Update] Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Analis Kebijakan

Latihan Soal PPPK Kompetensi Teknis Analis Kebijakan Ahli Pertama

1. Menurut William Dunn, tahapan pembuatan kebijakan publik yang berisi proses identifikasi masalah-masalah prioritas publik yang nantinya akan dibahas serta dicari solusinya disebut....
a. penyusunan agenda
b. formulasi kebijakan
c. legitimasi kebijakan
d. evaluasi kebijakan
e. penetapan masalah

Pembahasan Jawaban
Menurut William Dunn terdapat 5 tahapan dalam pembuatan kebijakan publik, yaitu sebagai berikut.
1. Penyusunan Agenda
Penyusunan agenda adalah tahapan dalam pembuatan kebijakan publik yang berisi proses untuk mengidentifikasi masalah-masalah publik dan menentukan masalah yang akan menjadi prioritas, sehingga nantinya akan dibahas serta dicari solusinya. Nama lain dari tahapan ini disebut agenda setting.

2. Formulasi Kebijakan
Formulasi kebijakan adalah tahapan dalam pembuatan kebijakan publik yang berisi proses mencari alternatif-alternatif solusi dari permasalahan yang akan dibahas, serta menetapkan solusi terbaik sebagai kebijakan publik yang nantinya akan dilaksanakan. 

3. Legitimasi Kebijakan
Legitimasi kebijakan adalah tahapan dalam pembuatan kebijakan publik yang berisi proses untuk memberikan kekuasaan kepada pemerintah agar dapat melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan pada proses formulasi kebijakan.

Dengan adanya legitimasi kebijakan, maka kebijakan publik yang telah  ditetapkan akan mendapatkan dukungan dari stakeholders, sehingga nantinya pelaksanaan kebijakan dapat berjalan lancar. Tahapan ini disebut juga sebagai tahapan adopsi kebijakan.

4. Implementasi Kebijakan
Implementasi kebijakan adalah tahapan dalam pembuatan kebijakan publik yang berisi proses pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan dalam rangka menyelesaikan permasalahan.

5. Evaluasi Kebijakan
Evaluasi kebijakan adalah tahapan dalam pembuatan kebijakan publik yang  berisi proses untuk menilai keberhasilan kebijakan publik yang telah dilaksanakan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Silahkan klik nomor dibawah ini untuk menuju soal berikutnya: