Rabu, 09 Desember 2020

FR Soal TWK CPNS 2019 (Bagian Dua)

FR Soal TWK CPNS 2019 (Pancasila)

1. Ari adalah orang kaya yang senang menghambur-hamburkan uang pribadi miliknya. Tindakan Ari tidak sesuai dengan Pancasila, yaitu sila ke….

a. satu

b. dua

c. tiga

d. empat

e. lima


Pembahasan Jawaban

Tindakan Ari yang senang menghambur-hamburkan uang pribadi miliknya, tidak sesuai dengan Pancasila yaitu sila kelima. Alasannya, karena salah satu butir pengamalan sila kelima Pancasila adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e, yaitu lima.


FR Soal TWK CPNS 2019 (Pancasila)

2. Berikut ini yang merupakan tindakan yang sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila, yaitu….

a. tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

b. suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.

c. membeli dan menggunakan produk dalam negeri.

d. mengakui persamaan derajat, persamaan hak tanpa membedakan suku agama dan ras.

e. menghormati hak orang lain.


Pembahasan Jawaban

Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut merupakan salah satu butir pengamalan sila keempat Pancasila.


Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut merupakan salah satu butir pengamalan sila kelima Pancasila.


Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut merupakan salah satu contoh pengamalan butir sila ketiga Pancasila, yaitu mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.


Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut merupakan salah satu butir pengamalan sila kedua Pancasila.


Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang tidak tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut merupakan salah satu butir pengamalan sila kelima Pancasila.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c, yaitu membeli dan menggunakan produk dalam negeri.


FR Soal TWK CPNS 2019 (Bahasa Indonesia)

3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!

1. Rina membeli obat ke ….

2. Mobil …. membawa pasien ke rumah sakit.

3. Ibu membeli baju berwarna ….

4. Ayah mendapatkan …. dari pimpinannya.

Kata baku yang tepat untuk mengisi kalimat kalimat-kalimat tersebut, yaitu….

a. apotik, ambulan, coklat, cenderamata.

b. apotek, ambulans, cokelat, cendera mata.

c. apotik, ambulans, coklat, cenderamata.

d. apotek, ambulan, cokelat, cendera mata.

e. apotik, ambulan, cokelat, cenderamata.


Pembahasan Jawaban

Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu mengetahui kata-kata baku dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah kata-kata baku dan tidak baku berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

1) Apotek = toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis; rumah obat.

2) Apotik = bentuk tidak baku dari apotek.

3) Ambulans = kendaraan (mobil dan sebagainya) yang dilengkapi peralatan medis untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan, dan sebagainya.

4) Ambulan = bentuk tidak baku dari ambulans.

5) Cokelat = merah kehitam-hitaman seperti warna sawo matang.

6) Coklat = bentuk tidak baku dari cokelat.

7) Cendera Mata = pemberian (sebagai kenang-kenangan, sebagai pertanda ingat, dan sebagainya); tanda mata.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b, yaitu apotek, ambulans, cokelat, cendera mata.

 

FR Soal TWK CPNS 2019 (UUD 1945)

4. Apabila Presiden dan/atau Wakil Presiden terbukti melakukan korupsi, maka lembaga negara yang berwenang untuk memberhentikan Presiden dan/atau Wakil Presiden tersebut, yaitu….

a. Majelis Permusyawaratan Rakyat

b. Dewan Perwakilan Rakyat

c. Mahkamah Agung

d. Mahkamah Konstitusi

e. Komisi Pemberantasan Korupsi


Pembahasan Jawaban

Berdasarkan pasal 3 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa Majelis Permusyawaratan Rakyat hanya dapat memberhentikan Presiden dan/atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya menurut Undang-Undang Dasar. 


Adapun menurut Undang-Undang Dasar, hal-hal yang membuat Presiden dan/atau Wakil Presiden diberhentikan dari masa jabatannya yaitu apabila terbukti telah melakukan pelanggaran hukum berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden, hal ini sebagaimana tercantum dalam pasal 7A Undang-Undang Dasar 1945.


Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a, yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat.


FR Soal TWK CPNS 2019 (Pancasila)

5. Melakukan pembajakan karya milik orang lain, baik berupa karya tulis maupun karya seni merupakan pelanggaran terhadap sila Pancasila, yaitu….

a. sila kesatu

b. sila kedua

c. sila ketiga

d. sila keempat

e. sila kelima


Pembahasan Jawaban

Melakukan pembajakan karya milik orang lain merupakan tindakan yang melanggar sila Pancasila yaitu sila kelima. Alasannya, karena salah satu butir pengamalan sila kelima Pancasila adalah suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.


Salah satu contoh tindakan menghargai hasil karya orang lain dapat dilakukan dengan cara tidak melakukan pembajakan. Oleh sebab itu, tindakan pembajakan karya milik orang lain merupakan pelanggaran sila kelima Pancasila, jawaban e. 


Demikian pembahasan singkat yang dapat kami sampaikan terkait FR Soal TWK CPNS 2019 bagian dua. Apabila terdapat kekeliruan, saran, dan pertanyaan dapat diajukan pada kolom komentar, terima kasih.

Baca juga artikel kami lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar