Minggu, 22 November 2020

FR Soal HOTS TKP CPNS 2019 #1

FR Soal HOTS TKP CPNS 2019 - Profesionalisme

1. Anda adalah seorang pegawai pada kantor cabang perusahaan terkemuka. Bulan depan akan terjadi pergantian atasan pada tempat kerja Anda tersebut. Menurut kabar, calon atasan Anda memiliki sikap sangat disiplin, kurang mentoleransi kesalahan kerja, serta menuntut bawahan untuk mengejar target dengan deadline terbatas. Hal tersebut bertolak belakang dengan atasan Anda saat ini. Apa yang akan Anda lakukan sebagai calon bawahannya?

a. Mengumpulkan kekuatan bersama-sama rekan kerja lainnya, agar kompak melawan calon atasan baru tersebut.

b. Menerima atasan baru sewajarnya, dan menyesuaikan perilaku kerja apabila diperlukan.

c. Menerima atasan baru tersebut dan menunjukkan kinerja sesempurna mungkin, walaupun terlihat dibuat-buat.

d. Menghadap pada atasan yang saat ini sedang menjabat ditempat kerja Anda dan mendorong beliau agar tidak pindah.

e. Mengajukan surat ke kantor pusat agar tidak jadi mengganti atasan pada tempat kerja Anda. 


Pembahasan Jawaban

Bila kita perhatikan soal tersebut, Anda berada pada posisi sebagai seorang pegawai yang akan mendapatkan atasan baru sekitar satu bulan lagi. Menurut kabar, calon atasan Anda tersebut memiliki sikap orang-orang perfeksionis. Apa yang akan Anda lakukan sebagai calon bawahannya?

Pilihan jawaban a bukan jawaban yang tepat dan bisa langsung dieliminasi. Alasannya, karena tindakan melawan calon atasan tersebut (dengan menjadi salah satu provokator) bukan solusi yang tepat dalam menghadapi situasi tersebut, serta tidak mencerminkan sikap profesionalisme dalam bekerja. (Nilai 1).


Pilihan jawaban b adalah pilihan jawaban yang paling tepat. Alasannya, karena tindakan tersebut mencerminkan sikap profesionalisme dalam bekerja serta realistis dengan menunjukkan kinerja tanpa terlihat dibuat-buat. (Nilai 5).


Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda menunjukkan kinerja sesempurna mungkin dengan cara yang kurang tepat (terlihat dibuat-buat), sehingga memberikan kesan negatif bagi yang melihat kinerja Anda. (Nilai 4). 


Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena pergantian kepemimpinan adalah suatu hal yang wajar dalam dinamika pekerjaan, sehingga Anda tidak perlu melakukan hal sebagaimana disebutkan pada pilihan jawaban tersebut. (Nilai 3).


Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang kurang tepat. Alasannya, karena Anda telah melakukan hal diluar kapasitas Anda sebagai seorang pegawai. Kemudian, pergantian kepemimpinan adalah suatu hal yang wajar dalam dinamika pekerjaan, sehingga tindakan sebagaimana terdapat pada pilihan jawaban tersebut kurang tepat. (Nilai 2).


FR Soal HOTS TKP CPNS 2019 - Profesionalisme

2. Anda pergi bekerja ke kantor dengan menggunakan kendaraan umum. Untuk menggunakan kendaraan umum biasanya Anda menunggunya di halte. Waktu tempuh dari halte ke kantor kurang lebih sekitar 30 menit. Tanpa diketahui sebelumnya, ketika Anda sedang menunggu kendaraan umum di halte, ada orang yang mengatakan bahwa hari ini terjadi aksi mogok kendaraan umum. Apa yang akan Anda lakukan?

a. Tetap masuk kerja dan berusaha menghentikan kendaraan yang lewat untuk mendapatkan tumpangan.

b. Kembali ke rumah dan menelepon pada atasan untuk mengajukan izin tidak masuk kerja karena terjadi aksi mogok kendaraan umum.

c. Tetap masuk kerja dan berjalan kaki agar sampai ke kantor sambil berusaha mencari tumpangan.

d. Tetap masuk kerja dan menunggu orang baik yang akan memberikan tumpangan.

e. Tetap masuk kerja dan berjalan secepat mungkin agar sampai ke kantor.


Pembahasan Jawaban

Bila kita perhatikan soal tersebut, Anda adalah seorang pegawai yang bekerja ke kantor dengan menggunakan kendaraan umum. Namun, permasalahannya terjadi aksi mogok, sehingga Anda tidak dapat ke kantor dengan menggunakan kendaraan umum sebagaimana biasanya. Apa yang akan Anda lakukan?


Pilihan jawaban yang dapat langsung dieliminasi adalah pilihan jawaban b. Alasannya, karena Anda tidak berusaha untuk mencari cara agar sampai ke kantor dan lebih menyerah pada keadaan yang sebenarnya masih dapat dicari solusinya. (Nilai 1).


Pilihan jawaban a adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena Anda memutuskan untuk tetap pergi bekerja. Namun, tindakan yang dilakukan kurang efektif karena posisi Anda diam (tidak bergerak mendekati kantor) sambil berusaha menghentikan kendaraan yang lewat untuk mendapatkan tumpangan. Kemudian, ada kemungkinan Anda butuh waktu yang relatif lama untuk mendapatkan kendaraan yang searah dengan tempat kerja dan mau memberikan Anda tumpangan. (Nilai 3).


Pilihan jawaban c adalah pilihan jawaban yang paling tepat. Alasannya, karena diantara semua pilihan jawaban yang ada pilihan jawaban c merupakan solusi yang efektif dalam menghadapi permasalahan tersebut. Anda berjalan kaki (bergerak mendekati kantor) sambil berusaha mencari tumpangan agar lebih cepat sampai tiba di kantor. (Nilai 5).


Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena Anda tetap memutuskan untuk bekerja, walaupun tindakan yang Anda lakukan sangat pasif (hanya menunggu saja) orang baik yang akan memberikan tumpangan. (Nilai 2).


Pilihan jawaban e adalah pilihan jawaban yang cukup tepat. Alasannya, karena Anda tetap pergi bekerja, walaupun tindakan yang dilakukan kurang efektif (meskipun bergerak mendekati kantor, tetapi membuat Anda kehilangan banyak tenaga). (Nilai 4).


FR Soal HOTS TKP CPNS 2019 - Jejaring Kerja

3. Rina dan Santi adalah teman satu kantor. Suatu hari, mereka terlibat konflik yang disebabkan oleh adanya kesalahpahaman. Rina menuduh Santi telah membocorkan rahasia pribadinya, sehingga membuat dia malu. Namun, sebenarnya Santi tidak pernah berniat membocorkan rahasia pribadi yang dimiliki Rina tersebut. Apa yang Anda akan lakukan bila menjadi Santi?

a. Menghindari Rina sampai rasa sakit hati hilang, karena telah dituduh membocorkan rahasia.

b. Menjelaskan kepada Rina kejadian yang sebenarnya, walaupun dalam hati masih merasa jengkel.

c. Meskipun merasa jengkel, saya akan meminta Rina untuk tenang, agar bisa menjelaskan permasalahan yang sebenarnya kepadanya

d. Berusaha tetap tenang dan menunggu Rina juga sampai tenang, agar dapat memberikan penjelasan dengan baik terkait masalah tersebut

e. Meminta Rina untuk memberikan penjelasan dan alasan mengapa dia menuduh saya membocorkan rahasia.


Pembahasan Jawaban
Bila kita analisis soal tersebut, permasalahannya yaitu adanya kesalahpahaman antara Rina dengan Santi. Rina menuduh Santi telah membocorkan rahasia pribadinya, padahal Santi tidak pernah berniat membocorkan rahasia pribadi yang dimiliki Rina. Bagaimana sikap Anda bila menjadi Santi?

Pilihan jawaban a bisa langsung dieliminasi. Alasannya, karena tindakan tersebut sangat pasif dan tidak efektif dalam menyelesaikan masalah. (Nilai 1).

Pilihan jawaban e juga bisa langsung dieliminasi. Alasannya, karena Anda sebagai Santi hanya ingin mengetahui dan memahami alasan mengapa Rina menuduh Anda, tanpa melakukan tindakan yang secara efektif dapat menyelesaikan masalah. (Nilai 2).

Pilihan jawaban b adalah pilihan yang cukup tepat. Alasannya karena Anda sebagai Santi telah berupaya untuk menjelaskan kepada Rina kejadian yang sebenarnya. (Nilai 3).

Pilihan jawaban c adalah pilihan yang cukup tepat. Alasannya, hampir sama dengan pilihan jawaban b. Adapun nilai tambahnya, yaitu pada pilihan jawaban c, Anda terlebih dahulu meminta Rina untuk tenang, sehingga penjelasan Anda lebih mudah diterima oleh Rina. (Nilai 4).

Pilihan jawaban d adalah pilihan jawaban yang paling tepat. Alasannya, karena Anda memberikan penjelasan pada saat yang tepat, yaitu ketika Anda berdua sudah tenang. Memberikan penjelasan pada saat yang tepat, membuat penjelasan Anda lebih mudah diterima, sehingga diharapkan lebih mudah untuk menyelesaikan kesalahpahaman yang menjadi permasalahan sebagaimana tercantum dalam soal. (Nilai 5).

Demikian pembahasan singkat yang dapat kami sampaikan terkait FR Soal HOTS TKP CPNS 2019. Apabila terdapat kekeliruan, saran, dan pertanyaan dapat diajukan pada kolom komentar, terima kasih.

Baca juga artikel kami lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar