Sabtu, 23 Mei 2020

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan #2

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
1. Dalam Open System Interconnection (OSI), terdapat 7 lapisan yang saling terkait untuk mentransmisikan data dalam rangkaian jaringan. Lapisan keempat (layer 4) OSI disebut….
a. Transport Layer
b. Session Layer
c. Application Layer
d. Network Layer
e. Data-Link Layer

Pembahasan Jawaban
OSI (Open System Interconnection) adalah standar acuan (referensi) yang memuat cara kerja protokol di dalam transmisi data pada rangkaian jaringan. Terdapat 7 lapisan (layer) di dalam OSI, yaitu sebagai berikut:
Layer 7: Application Layer
Layer 6: Presentation Layer
Layer 5: Session Layer
Layer 4: Transport Layer
Layer 3: Network Layer
Layer 2: Data-Link Layer
Layer 1: Physical Layer
Untuk mempermudah hapalan, 7 lapisan OSI tersebut bisa dibuat mnemonic dari huruf awal tiap layer, yaitu sebagai berikut: All People Should Talk Near Doctor Peter.

Berdasarkan uraian tersebut, maka layer 4 dalam OSI adalah Transport Layer, sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Sistem dan Jaringan 2
Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
2. Perhatikan kode berikut ini!
print(“Hello World”);
Kode tersebut bila dijalankan akan menghasilkan output berupa tulisan Hello World. Bahasa Pemrograman yang digunakan untuk menulis kode dimaksud, sehingga muncul output sebagaimana diinginkan adalah…
a. Java
b. C
c. Python 3
d. Pascal
e. C++

Pembahasan Jawaban
Bila kita perhatikan, kode sebagaimana dimaksud dalam soal berisi perintah untuk mencetak tulisan Hello World. Berikut ini cara-cara mencetak tulisan Hello World dalam beberapa bahasa pemrograman, yaitu sebagai berikut.
1. Bahasa Pemrograman Java
public class MyClass {
  public static void main(String[] args) {
    System.out.println("Hello World");
  }
}

Penjelasan Kode
public class MyClass: kode untuk membuat sebuah class bernama MyClass. Class (dalam Java) adalah sebuah wadah untuk membuat blueprint (desain dasar) dari sebuah objek. Di depan class ditambahkan access modifier (pengubah level akses), yaitu public agar class ini dapat diakses oleh class lain. 

static: kode untuk menentukan bahwa suatu method dapat digunakan tanpa membuat class terlebih dahulu. Method (dalam Java) adalah blok kode yang berisi instruksi untuk melakukan suatu tindakan.

void: kode untuk menentukan bahwa suatu method tidak menghasilkan return value.

main: method yang harus ada pada setiap program yang dibuat dalam bahasa pemrograman Java.

String[] args: parameter dari main method yang berfungsi untuk menampung array string.
System.out.println: kode untuk mencetak suatu tulisan.

2. Bahasa Pemrograman C
#include <stdio.h>
int main() {
   printf("Hello, World!");
   return 0;
}

Penjelasan Kode
#include: kode yang berfungsi untuk menambahkan konten dalam suatu file ke dalam program yang sedang dibuat.
stdio.h: file yang berisi function dasar dalam membuat program dengan bahasa pemrograman C. Stdio singkatan dari standar input output. 
int: salah satu jenis tipe data dalam bahasa pemrograman C yang berfungsi untuk menyimpan data berbentuk angka.
main: function yang harus ada dalam setiap program yang dibuat dengan bahasa pemrograman C. Function (dalam bahasa pemrogram C) blok kode yang berisi instruksi untuk melaksanakan suatu tindakan
printf: function yang terdapat dalam file stdio.h yang berfungsi untuk mencetak suatu tulisan.
return 0: pada baris akhir suatu program, return 0 memiliki arti bahwa semua kode dalam program berhasil dijalankan.

3. Bahasa Pemrograman Python 3
print (“Hello World”)

Penjelasan Kode
print: function dalam python yang berfungsi untuk mencetak suatu tulisan.

4. Bahasa Pemrograman Pascal
program HelloWorld;
uses crt;

begin
   writeln('Hello, World!');
   readkey;
end.

Penjelasan Kode
Program HelloWorld; : kode yang berfungsi untuk membuat program dengan nama HelloWorld.
uses crt; : kode yang berfungsi untuk memasukan crt pada program yang akan kita buat. Crt berisi function yang dibutuhkan dalam membuat program dengan bahasa pemrograman Pascal. Salah satu function dalam crt adalah readkey.
begin: blok kode pembuka dalam bahasa pemrograman Pascal.
writeln: function yang berfungsi untuk menampilkan tulisan.
readkey; : salah satu function yang terdapat dalam crt yang berfungsi untuk menghentikan sementara eksekusi program sampai salah satu tombol keyboard ditekan.
end. : blok kode penutup dalam bahasa pemrograman Pascal. 

5. Bahasa Pemrograman C++
#include <iostream>

int main() {
    std::cout << "Hello World!";
    return 0;
}

Penjelasan Kode
#include <iostream> : kode yang berfungsi untuk menambahkan konten file yang bernama iostream ke dalam program yang sedang dibuat. Dengan menambahkan iostream ke dalam program yang sedang dibuat, maka kita bisa menggunakan function cout.
int : salah satu jenis tipe data dalam bahasa pemrograman C yang berfungsi untuk menyimpan data berbentuk angka.
main() : function yang harus ada dalam setiap program yang dibuat oleh bahasa pemrograman C++.
std : kode yang berfungsi untuk membuat namespace bernama std. Std adalah kependekan dari Standard. Pada namespace terdapat tanda :: (scope operator)
cout : function dalam C++ yang berfungsi untuk menampilkan tulisan. Function cout harus diikuti dengan tanda <<.
return 0: pada baris akhir suatu program, return 0 memiliki arti bahwa semua kode dalam program berhasil dijalankan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Jawaban c
 
Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
3. Sub bahasa dari Structured Query Language (SQL) yang berisi perintah-perintah berkaitan dengan pembuatan, pengaturan struktur, dan penghapusan database serta tabel disebut….
a. Data Manipulation Language
b. Data Control Language
c. Data Create Language
d. Data Definition Language
e. Data Build Language

Pembahasan Jawaban  
Data Manipulation Language (DML) adalah sub bahasa dalam SQL yang berisi perintah-perintah berkaitan dengan manipulasi data. Contoh perintah dari DML, yaitu INSERT INTO, UPDATE, DELETE dan SELECT.

Data Control Language (DCL) adalah sub bahasa dalam SQL yang berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan hak akses terhadap database. Contoh perintah dari DCL adalah GRANT dan REVOKE.

Data Definition Language (DDL) adalah sub bahasa dalam SQL yang berisi perintah-perintah berkaitan dengan pembuatan, pengaturan struktur, dan penghapusan database serta tabel. Contoh perintah dari DDL, yaitu CREATE, ALTER, dan DROP.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d
 
Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
4. Perangkat lunak yang secara khusus ditanam pada suatu perangkat keras (hardware) dengan tujuan untuk manajemen serta kontrol perangkat keras tersebut adalah…
a. framework
b. plug-in
c. Java Applet
d. Laravel
e. firmware

Pembahasan Jawaban
Framework adalah perangkat lunak yang berisi komponen-komponen siap pakai, untuk digunakan para developer dalam membuat dan mengembangkan program atau aplikasi secara lebih cepat. Dengan adanya framework, para developer tidak harus bekerja dari nol, karena komponen-komponen dasar pembuatan dan pengembangan program atau aplikasi, sudah tersedia di dalam framework.

Plugin adalah komponen tambahan dari suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk menambah fitur baru pada suatu perangkat lunak.

Java Applet adalah perangkat lunak mini yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java dan di desain untuk dapat bekerja pada suatu halaman web.

Laravel adalah salah satu framework PHP yang berfungsi untuk mempermudah developer dalam mengembangkan aplikasi web. 

Firmware adalah perangkat lunak yang secara khusus ditanam pada suatu hardware computer dengan tujuan untuk mengontrol fungsi dari hardware computer tersebut.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e.

Jawaban e

Latihan Soal SKB CPNS Pengelola Sistem dan Jaringan
5. Salah satu protokol dalam transport layer yang berfungsi untuk mentransmisikan data dengan menggunakan mekanisme protokol yang sederhana dan seminimal mungkin (connectionless dan unreliable) adalah….
a. TCP
b. UDP
c. HTTP
d. SMTP
e. FTP

Pembahasan Jawaban
TCP (Transmission Control Protocol) adalah salah satu protokol dalam transport layer yang berfungsi untuk mentransmisikan data dengan menggunakan mekanisme protokol yang menjamin bahwa data yang dikirimkan tidak ada yang hilang.

UDP (User Datagram Protocol) adalah satu protokol dalam transport layer yang berfungsi untuk mentransmisikan data dengan mekanisme protokol yang sederhana dan seminimal mungkin (connectionless dan unreliable).

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah salah satu protokol dalam application layer yang berfungsi dalam pengaturan akses komunikasi antara klien (web browser) dan server web (komputer yang terdapat dalam cloud).

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah salah satu protokol dalam application layer yang berfungsi sebagai protokol komunikasi untuk pengiriman pesan elektronik.

FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol dalam application layer yang berfungsi sebagai protokol untuk pengiriman file antara klien dan web server dalam suatu jaringan internet.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b

Perhatian
Mohon diperhatikan, bahwa jabatan pengelola sistem dan jaringan adalalah jabatan pelaksana yang memiliki rumpun jabatan yang berkaitan dengan ilmu komputer.

Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan serta kesiapan diri dalam menghadapi SKB CPNS dimaksud, sangat disarankan untuk mempelajari juga latihan soal SKB CPNS jabatan pelaksana yang memiliki rumpun jabatan yang sama dengan jabatan pengelola sistem dan jaringan, yaitu berkaitan dengan ilmu komputer.

Alasannya, karena berdasarkan hasil tanya jawab kami dengan salah satu peserta yang mengikuti SKB CPNS tahun 2018 pada jabatan pengelola sistem dan jaringan, soal-soal yang didapatkan pada saat mengikuti tes, tidak hanya berkaitan dengan sistem dan jaringan saja, melainkan berkaitan juga dengan istilah-istilah dalam bidang IT terkini, bahasa pemrograman, pengelolaan database, pengembangan website, dan hal-hal lain berkaitan dengan komputer.

Demikian latihan soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Sistem dan Jaringan yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar