Senin, 18 Mei 2020

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data #4

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
1. Dalam Microsoft Excel, untuk membuat sebuah array formula, dapat dilakukan dengan cara menulis formula yang diinginkan dan diakhiri dengan menekan tombol keyboard, yaitu…
a. Enter
b. Control + Enter
c. Control + Shift + Enter
d. Control + Alt + Enter
e. Alt + Enter

Pembahasan Jawaban
Array formula (dalam Microsoft Excel) adalah formula yang berfungsi untuk menyelesaikan perhitungan atau operasi function terhadap data berbentuk array. Data berbentuk array adalah data yang di dalamnya terkandung data-data lain. Array formula sering disebut juga dengan istilah formula CSE, yang merupakan singkatan dari Control + Shift + Enter. Untuk membuat, array formula dalam Microsoft Excel, dapat dilakukan dengan cara menulis formula tersebut dengan diakhiri menekan tombol keyboard Control + Shift + Enter.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Jawaban c
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data 4
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
2. Perhatikan gambar berikut ini!
Latihan soal VLOOKUP HLOOKUP Microsoft Excel
Formula yang harus dibuat, agar pada sel F3 muncul nama pangkat yang sesuai dengan golongan dari Ahmad, yaitu….
a. =VLOOKUP(E3;$A$2:$B$18;2;FALSE)
b. =HLOOKUP(E3;$A$2:$B$18;2;FALSE)
c. =VLOOKUP(F3;$A$2:$B$18;2;FALSE)
d. =HLOOKUP(F3;$A$2:$B$18;2;FALSE)
e. =HLOOKUP(D3$A$2:$B$18;2;FALSE)

Pembahasan Jawaban
Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kegunaan dari function HLOOKUP dan VLOOKUP.

HLOOKUP adalah function (rumus) dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan untuk mencari data (angka, huruf, simbol, text) dari suatu tabel referensi atau rentang sel tertentu dengan metode pencarian dari kiri ke kanan (secara horizontal). 

Sintaksis (aturan rumus) dari function HLOOKUP dalam suatu formula, yaitu sebagai berikut:
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;range_lookup)
Keterangan
lookup_value: data atau sel referensi berisi data yang akan dicari.
table_array: tabel referensi atau rentang sel tertentu yang akan dijadikan sebagai tempat pencarian data.
row_index_num: urutan baris yang memuat data yang ingin dijadikan sebagai hasil formula ini (data ouput).
range_lookup: Jika nilai dari argument range_lookup diisi dengan TRUE, maka apabila suatu data tidak ditemukan, pencarian akan dilanjutkan dengan mencari data yang hasilnya mendekati. Namun, jika nilai dari argument range_lookup diisi dengan FALSE, maka pencarian data harus sama persis. 

VLOOKUP adalah function (rumus) dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan hampir sama dengan HLOOKUP. Adapun perbedaannya, pada VLOOKUP metode pencarian data dimulai dari atas ke bawah (secara vertikal).

Sintaksis dari function VLOOKUP dalam suatu formula, yaitu sebagai berikut:
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;range_lookup)
Keterangan
lookup_value: data atau sel referensi berisi data yang akan dicari.
table_array: tabel referensi atau rentang sel tertentu yang akan dijadikan sebagai tempat pencarian data.
col_index_num: urutan kolom yang memuat data yang ingin dijadikan sebagai hasil formula ini (data output).
range_lookup: Jika nilai dari argument range_lookup diisi dengan TRUE, maka apabila suatu data tidak ditemukan, pencarian akan dilanjutkan dengan mencari data yang hasilnya mendekati. Namun, jika nilai dari argument range_lookup diisi dengan FALSE, maka pencarian data harus sama persis.

Setelah kita mengetahui kegunaan dari function HLOOKUP dan VLOOKUP, selanjutnya kita analisis data output yang diinginkan. Pada soal tersebut, data output yang diinginkan adalah nama pangkat sesuai golongan yang dimiliki Ahmad. 

Untuk mencari data output yang diinginkan, maka data yang dapat digunakan untuk pencarian (lookup_value) adalah golongan yang dimiliki Ahmad, yaitu III/a yang terdapat pada sel E3. Berdasarkan hal tersebut, maka pilihan jawaban c, d, dan e dapat langsung dieliminasi. 

Kemudian, kita perhatikan bahwa data golongan tersusun dari atas ke bawah (secara vertikal), maka function yang tepat digunakan adalah VLOOKUP. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a
 
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
3. Perhatikan formula berikut ini!
=CHOOSE(2,4135;"SD";"SLTP";"SLTA";"S1";"S2")
Hasil dari formula tersebut adalah….
a. SD
b. SLTP
c. SLTA
d. S1
e. S2

Pembahasan Jawaban
CHOOSE adalah function dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan untuk memilih data output sesuai dengan nomor indeks yang ditentukan.
Sintaksis lengkap untuk Function CHOOSE pada suatu formula, yaitu sebagai berikut:
=CHOOSE(index_num;value1;value2;…)
Keterangan
index_num: nomor indeks untuk menentukan data output yang muncul sebagai hasil formula ini. Jika nomor indeks berupa bilangan pecahan, maka bilangan akan dibulatkan ke bilangan bulat terkecil.
value: data output yang muncul sebagai hasil formula ini. Maksimal argument value yang dapat di input adalah 254 argument (value1…value 254).

Setelah kita mengetahui kegunaan dan sintaksis dari function CHOOSE, maka dapat kita terjemahkan formula yang terdapat dalam soal. Formula dalam soal, berisi instruksi untuk memilih data output sesuai dengan nomor indeks yang ditentukan. Adapun nomor indeks, yaitu 2 (karena 2,4315 berbentuk bilangan pecahan, maka dibulatkan ke bilangan bulat terkecil).

Data output urutan kedua dari formula tersebut adalah SLTP. Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b
 
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
4. Fitur baru Microsoft Excel 2013, yang berfungsi untuk mengisi data secara cepat dan otomatis dengan menggunakan pola tertentu, disebut….
a. sparklines
b. filter
c. speed input
d. data mining
e. flash fill

Pembahasan Jawaban
Fitur baru Microsoft Excel 2013 yang berfungsi untuk mengisi data secara cepat dan otomatis dengan menggunakan pola tertentu adalah flash fill. Untuk menggunakan fitur flash fill dapat diakses dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut:
1. klik tab Home ---) pada grup Editing, klik Fill ---) klik Flash Fill.
2. klik tab Data ---) pada grup Data Tools, klik Flash Fill.
3. tekan tombol Control + E.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban e.

Jawaban e  
 
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
5. Dalam pemrosesan dan pertukaran data di dalam database, dikenal istilah ACID yang merupakan singkatan dari….
a. Atomicity, Consistency, Isolation, Durability 
b. Atomicity, Consistency, Interconnected, Data Organizing 
c. Anonymous, Credible, Isolation, Durability
d. Atomicity, Credible, Interconnected, Data Organizing
e. Anonymous, Consistency, Interconnected, Durability

Pembahasan Jawaban
Dalam pemrosesan dan pertukaran data di dalam database, dikenal istilah ACID yang merupakan singkatan dari Atomicity, Consistency, Isolation, Durability. Adapun penjelasannya, yaitu sebagai berikut.
1. Atomicity adalah kemampuan database untuk menjamin bahwa dalam suatu pemrosesan dan pertukaran data hanya menghasilkan satu output, yaitu perintah dilakukan sampai tuntas atau perintah dilakukan dengan hasil gagal total. Dengan adanya atomicity, maka tidak ada kerancuan dalam output yang diterima.

2. Consistency adalah kemampuan database untuk menjamin bahwa dalam suatu pemrosesan dan pertukaran data, data yang dikirim dan diterima bersifat konsisten. Bila terjadi gangguan yang menyebabkan error, maka data akan dikembalikan dalam bentuk semula tanpa ada perubahan apapun.

3. Isolation adalah kemampuan database untuk menjamin bahwa dalam suatu pemrosesan dan pertukaran data, tidak akan mempengaruhi data lain di luar transaksi yang dilakukan. 

4. Durability adalah kemampuan database untuk menjamin bahwa data yang disimpan sebagai hasil pemrosesan dan pertukaran data, apabila transaksi tersebut dilakukan sampai tuntas, data akan tetap terjaga, meskipun terjadi gangguan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a

Demikian latihan soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru
Channel Telegram SKB CPNS Terbaru
Grup Telegram SKB CPNS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar