Rabu, 06 Mei 2020

DAFTAR ISTILAH PENTING BAGI PENGELOLA DATABASE

Berikut ini kami sampaikan daftar istilah penting bagi jabatan pengelola database.

A

Alternate key adalah atribut unik yang telah menjadi candidate key, namun tidak dipilih sebagai primary key.



Atribut (dalam diagram entitas relasional) adalah sifat atau karakteristik yang menggambarkan suatu entitas.


Atribut (dalam database) adalah nama lain dari field atau kolom.

B

Basis data adalah kumpulan data yang saling berkaitan dan disusun dengan suatu metode tertentu serta tersimpan dalam bentuk elektronik.

C

Candidate key adalah atribut dalam suatu tabel database yang memiliki keunikan, sehingga dapat dipertimbangkan menjadi primary key.


Composite key adalah gabungan dua atribut atau lebih dalam tabel suatu database, yang dibuat dengan tujuan agar gabungan atribut tersebut memiliki keunikan, sehingga dapat menjadi candidate key atau primary key suatu tabel database.

D

Data adalah sesuatu yang di dapatkan dari hasil pengamatan suatu objek. Sesuatu tersebut, dapat berbentuk angka, huruf, maupun simbol-simbol yang dapat di olah untuk menghasilkan suatu informasi tertentu.


Database (lihat pengertian basis data).


Delete anomaly adalah anomali yang terjadi sebagai akibat dari desain database yang buruk atau database yang belum dinormalisasi. Anomali ini bisa dilihat pada proses penghapusan data di dalam database, maka akan ada data-data lain yang ikut terhapus, padahal data tersebut tidak ingin kita hapus.


Determinant adalah atribut penentu dalam suatu functional dependency.


Domain constraint adalah aturan pembatasan yang berfungsi untuk menjaga integritas data, dengan cara menentukan nilai-nilai yang dianggap sah, untuk dapat dimasukkan ke dalam record-record pada suatu atribut.  

E

Entitas (dalam diagram entitas relasional) adalah sesuatu yang memiliki wujud dan dapat digambarkan dengan sifat atau karakteristik tertentu. Sesuatu tersebut dapat berupa manusia, hewan, tumbuhan, maupun objek-objek lainnya di dunia nyata.


Entitas kuat adalah entitas yang keberadaannya tidak bergantung pada entitas lain.


Entitas lemah adalah entitas yang keberadaannya bergantung pada entitas lain.

F

Field adalah kolom yang berisi judul dari data yang akan disimpan dalam suatu record. Dalam aplikasi pengelola database, field biasanya tersusun secara horizontal (dari kiri ke kanan).


Foreign Key adalah primary key yang terdapat pada suatu tabel database lain. 


Functional Dependency adalah ketergantungan suatu atribut pada atribut lain. Artinya, nilai suatu atribut bergantung dari atribut lain. Misalnya, atribut nama mahasiswa bergantung dari atribut nomor induk mahasiswa.  
Daftar Istilah Penting Pengelola Database
I

Informasi adalah data yang telah diolah sehingga memiliki suatu arti tertentu.


Insert anomaly adalah anomali yang terjadi sebagai akibat dari desain database yang buruk atau database belum dinormalisasi. Anomali ini bisa dilihat pada proses penambahan data, apabila pengelola database menambahkan record baru, maka akan ada record yang tidak bisa di isi karena datanya tidak tersedia.


Integrity constraint adalah aturan-aturan yang dibuat, dengan tujuan agar data dalam suatu database terjaga integritasnya (kualitas datanya terjaga). 

K

Ketergantungan fungsional (lihat functional dependency).


Normalisasi (tentang database) adalah suatu metode yang berfungsi untuk mengurangi redundansi data (data-data duplikat yang tidak dibutuhkan) dan anomali (penyimpangan) di dalam suatu database.


Null adalah suatu nilai yang menerangkan bahwa pada suatu record tidak terdapat data apapun (tidak ada data sama sekali/blank). Null berbeda dengan angka nol atau record kosong yang mengandung spasi.

P

Primary key adalah kunci yang menjadi tanda pengenal (memberikan keunikan) dari tiap-tiap record database. Primary key dapat dipilih dari candidate key yang paling bagus dan paling unik. Dalam suatu tabel database hanya ada satu primary key.

R

RDBMS (Relational Database Management System) adalah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola database relasional. Dalam suatu database relasional, data disimpan dalam bentuk tabel yang terdiri dari kolom (field) dan baris (record). Contoh dari RDBMS adalah Microsoft Access, MySQL, PostgreSQL, dan lain-lain.


Record adalah baris yang berisi suatu data. Dalam aplikasi pengelola database, record biasanya tersusun secara vertikal (dari atas ke bawah).


Referential integrity constraint adalah aturan pembatasan yang berfungsi untuk menjaga integritas data, dengan cara menerapkan aturan, yaitu apabila foreign key yang terdapat pada tabel database 1 mereferensi (merujuk) pada primary key pada tabel database 2, maka semua nilai foreign key harus null atau semua nilai foreign key harus tersedia pada primary key.

S

Statement adalah sebuah pernyataan yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan berisi perintah untuk melakukan suatu tindakan atau kegiatan tertentu.


Sintaks adalah aturan penulisan kode atau tata bahasa dalam bahasa pemrograman.


SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang ditetapkan oleh American National Standards Institute (ANSI) dan International Organization for Standardization (ISO) sebagai bahasa standar untuk mengelola basis data.


Surrogate Key adalah primary key yang dibuat secara otomatis oleh RDBMS. Misalnya pada Microsoft Access, angka-angka yang dibuat secara otomatis sebagai penanda record, angka-angka tersebut adalah primary key yang berasal dari surrogate key.  

U

Update anomaly adalah anomali yang terjadi karena adanya pemutakhiran data yang hanya dilakukan pada sebagian data saja, tanpa memperdulikan data duplikat yang ada di dalam database. 

Anomali ini terjadi sebagai efek berantai dari redundansi data. Ketika terdapat banyak data yang duplikat di dalam database, sedangkan pengelola database hanya melakukan pemutakhiran data pada sebagian data saja, maka data duplikat yang tidak dimutakhirkan menyebabkan anomali.

Demikian daftar istilah penting bagi jabatan pengelola database yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru
Channel Telegram SKB CPNS Terbaru
Grup Telegram SKB CPNS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar