Kamis, 30 April 2020

LATIHAN SOAL SKB CPNS PRANATA HUMAS #3

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
1. Instansi Pembina dari Jabatan Fungsional Pranata Humas, yaitu….
a. Dinas Komunikasi dan Informatika
b. Kementerian Komunikasi dan Informatika
c. Sekretariat Negara
d. Dinas Perhubungan  
e. Kementerian Perhubungan

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, pada bab III tentang instansi pembina dan tugas instansi pembina, pasal 5 ayat (1) disebutkan bahwa instansi pembina Jabatan Fungsional Pranata Humas adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b
Latihan SKB CPNS Pranata Humas 3 
Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
2. Menurut Cutlip dan Center terdapat empat tahapan yang menggambarkan proses dari public relations. Berikut ini yang merupakan tahapan-tahapan dimaksud, kecuali….
a. fact finding
b. evaluation
c. constructing
d. planning
e. communication

Pembahasan Jawaban
Menurut Cutlip dan Center terdapat empat tahapan yang menggambarkan proses dari public relations, yaitu sebagai berikut:
1). fact finding (pencarian fakta/bukti)
2). planning (perencanaan)
3). communication (komunikasi)
4). evaluation (evaluasi)

Berdasarkan uraian tersebut, maka yang bukan tahapan dari proses public relations menurut Cutlip dan Center adalah pilihan jawaban c.

Jawaban c

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
3. Setiap Jabatan Fungsional memiliki rumpun jabatan. Adapun rumpun Jabatan Fungsional Pranata Humas, yaitu….
a. manajemen
b. pengawas kualitas dan keamanan
c. ilmu sosial dan yang berkaitan
d. penerangan dan seni budaya
e. pendidikan lainnya

Pembahasan Jawaban
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, pada bab II tentang rumpun jabatan, kedudukan, dan tugas pokok, pada pasal 2 disebutkan bahwa Jabatan Fungsional Pranata Humas termasuk pada rumpun penerangan dan seni budaya.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
4. Public Relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. Pengertian sebagaimana dimaksud, merupakan pengertian public relations menurut….
a. International Public Relations Association
b. Institute of Public Relations
c. Rex Harlow
d. Frank Jefkins
e. Cutlip dan Center

Pembahasan Jawaban
Berikut ini beberapa pengertian tentang public relations menurut para ahli.
1. Menurut International Public Relations Association, public relations merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi, dipergunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik mereka, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas.

2. Menurut Institute of Public Relations, public relations adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak.

3. Menurut Rex Harlow, public relations adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan manajemen dalam menghadapi persoalan/permasalahan, membantu manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian secara teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.

4. Menurut Frank Jefkins, public relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

5. Menurut Cutlip dan Center, public relations adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian dan dukungan publik.

Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban d.

Jawaban d

Latihan Soal SKB CPNS Pranata Humas
5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, terdiri dari 16 bab dan …. 
a. 45 pasal
b. 40 pasal
c. 35 pasal
d. 30 pasal
e. 25 pasal

Pembahasan Jawaban
Peraturan Menteri sebagaimana dimaksud pada soal, terdiri dari 16 bab dan 45 pasal. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban a.

Jawaban a

Demikian latihan soal SKB CPNS tentang Pranata Humas yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami, dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru
Channel Telegram SKB CPNS Terbaru
Grup Telegram SKB CPNS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar