Jumat, 06 Maret 2020

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data #1

Berikut ini kami sampaikan latihan soal SKB CPNS untuk jabatan pengelola data. Jabatan Pengelola data (tanpa ada tambahan nama apapun) termasuk kedalam jabatan pelaksana (bisa dilihat di Permenpan RB Nomor 41 Tahun 2018, pada urusan pemerintahan 1.2 tentang sistem informasi dan dokumentasi, posisi jabatan nomor urut ke 5). 

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
1. Dalam rangka memudahkan pengelolaan data, perangkat lunak Microsoft Excel menyediakan beragam formula yang dapat digunakan oleh pengguna komputer. Adapun formula yang berfungsi untuk menyatukan dua kata dalam sel berbeda agar menjadi satu kalimat adalah….
a. sum.
b. hlookup.
c. vlookup.
d. concatenate.
e. len

Pembahasan Jawaban
Microsoft Excel menyediakan beragam formula yang dapat digunakan untuk memudahkan pengelolaan data. Adapun fungsi-fungsi yang disediakan oleh Microsoft excel diantaranya, yaitu sebagai berikut:
a. sum, berfungsi untuk menjumlahkan angka-angka yang ada pada suatu rentang sel tertentu;
b. hlookup (singkatan dari horizontal lookup), berfungsi untuk melihat data yang ada pada tabel referensi secara horizontal, kemudian memasukan nilai sesuai dengan indeks baris yang ditentukan; 
c. vlookup (singkatan dari vertikal lookup), berfungsi untuk melihat data yang ada pada tabel referensi secara vertikal, kemudian memasukan nilai sesuai dengan indeks kolom yang ditentukan;
d. concatenate, berfungsi menggabungkan beberapa kata yang ada pada sel berbeda menjadi satu kalimat;
e. len, berfungsi untuk menghitung jumlah karakter (huruf, angka, bahkan spasi pun dihitung) pada suatu sel yang ditentukan.
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data 1
Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
2. Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang dapat membuat lembar kerja (worksheet/spreadsheet) dengan mudah dan cepat. Untuk membuat lembar kerja baru pada Microsoft Excel, dapat dilakukan dengan cara….
a. file - new - blank workbook.
b. home - insert - insert sheet.
c. insert - new - blank workbook.
d. page layout - new - blank workbook.
e. data - new – insert sheet.

Pembahasan Jawaban
Perlu diperhatikan, bahwa dalam Microsoft Excel terdapat lembar kerja (worksheet/spreadsheet) dan buku kerja (workbook). Untuk membuat lembar kerja baru dalam Microsoft Excel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: home - insert - insert sheet.    

 Jawaban b

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
3. Untuk membedakan jenis suatu file yang ada dalam komputer, maka setiap file memiliki ekstensi tertentu. Adapun ekstensi file .docx merupakan ciri khas file yang dibuat oleh perangkat lunak…. 
a. Corel Draw.
b. Microsoft Word.
c. Adobe Photoshop.
d. Gimp.
e. Inkscape.

Pembahasan Jawaban
Ekstensi file digunakan untuk membedakan jenis suatu file yang ada dalam komputer. Berikut ini beberapa ekstensi file yang populer, yaitu sebagai berikut:
  1. .cdr = file yang berisi gambar vektor dan merupakan ciri khas ekstensi file dari perangkat lunak Corel Draw;
  2. .doc = file yang berisi dokumen dan merupakan ciri khas ekstensi file dari perangkat lunak Microsoft Word;
  3. .docx = sama seperti .doc, namun .docx hanya bisa dibuat dan dibuka oleh perangkat lunak Microsoft Word versi 2007 keatas;
  4. .jpg = file yang berisi gambar dan bersifat umum karena bisa dibuka oleh semua perangkat lunak yang berkaitan dengan pengolahan gambar; 
  5. .psd = file yang berisi gambar dan merupakan ciri khas ekstensi file dari perangkat lunak Adobe Photoshop;
Berdasarkan beberapa ekstensi file populer tersebut, maka dapat kita ketahui bahwa jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban b.

Jawaban b  

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
4. Dalam rangka memudahkan pertukaran informasi, komputer dapat dihubungkan antar satu sama lain dengan menggunakan topologi jaringan. Adapun topologi jaringan yang mana kedudukan tiap komputer setara (sebagai server sekaligus client), dan hanya membutuhkan satu buah kabel untuk menghubungkan dua buah komputer, dinamakan topologi jaringan….
a. topologi jaringan ring.
b. topologi jaringan star.
c. topologi jaringan peer to peer.
d. topologi jaringan mesh.
e. topologi jaringan bus

Pembahasan Jawaban
Topologi jaringan adalah suatu metode untuk menghubungkan dua komputer atau lebih agar terbentuk jaringan komputer yang saling terhubung. Terdapat beberapa macam topologi jaringan, yaitu sebagai berikut.

A. Topologi Jaringan Ring
Topologi jaringan ring adalah metode untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya, yang mana setiap rangkaiannya terhubung secara seri dengan 2 titik sambungan lain, sehingga antar sambungan komputer seolah-olah membentuk sebuah cincin. Berikut ini ilustrasi dari topologi jaringan ring.
Topologi Jaringan Ring
B. Topologi Jaringan Star
Topologi jaringan star adalah metode untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya, yang mana setiap komputer terhubung ke titik sambungan pusat (hub, switch, multipoint repeater atau multi-access unit), sehingga antar komputer ke titik sambungan pusat seolah-olah membentuk seperti bintang. Berikut ini ilustrasi dari topologi jaringan star.
Topologi Jaringan Star
C. Topologi Jaringan Peer to Peer
Topologi jaringan peer to peer adalah metode untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya, yang mana antara satu komputer dengan komputer lainnya memiliki kedudukan setara (bertindak sebagai server sekaligus client). Biasanya topologi jaringan ini digunakan pada dua komputer dengan cara menghubungkannya melalui satu buah kabel. Berikut ini ilustrasi dari topologi jaringan peer to peer tersebut.
Topologi Jaringan Peer to Peer
D. Topologi Jaringan Mesh
Topologi jaringan mesh adalah metode untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya, yang mana antara satu komputer dengan komputer lainnya saling terhubung secara langsung, sehingga seolah-olah membentuk sebuah jala.

Berbeda dengan topologi jaringan ring, yang mana data harus bergerak berurutan melalui tiap komputer (misalnya terdapat 4 buah komputer yang dihubungkan dengan topologi jaringan ring, maka apabila komputer 1 ingin mengirimkan data ke komputer 3, data terlebih dahulu harus melalui komputer 2 atau komputer 4).

Adapun dengan menggunakan topologi jaringan mesh, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Alasannya, komputer-komputer tidak dihubungkan secara seri, melainkan dihubungkan secara langsung ke komputer tujuan. Berikut ini ilustrasi dari topologi jaringan mesh.
Topologi Jaringan Mesh
E. Topologi Jaringan Bus
Topologi jaringan bus adalah metode untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya, dengan cara menggunakan satu kabel utama sebagai pusat lalu lintas data, dan konektor T dan BNC (Bayonet Neill-Concelman) untuk menghubungkan komputer-komputer ke kabel utama dimaksud, sehingga seolah-olah membentuk ruangan pada mobil bus

Pada topologi jaringan bus, juga diperlukan terminator pada setiap ujung kabel utama, yang berfungsi untuk menyerap sinyal agar tidak terpantul kembali.  Berikut ini ilustrasi dari topologi jaringan bus.
Topologi Jaringan Bus
Berdasarkan uraian tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban c.

Jawaban c  

Latihan Soal SKB CPNS Jabatan Pengelola Data
5.  Jika isi dari sel A1 adalah 5, sel A2 adalah 6, sel A3 adalah 10, sel A4 adalah 4, sel A5 adalah 5, dan sel A6 adalah 6, maka berapakah hasil dari =average(A1:A6) adalah….
a. 6
b. 14
c. 25
d. 31
e. 36

Pembahasan Jawaban   
Formula average berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu rentang bilangan. Rumus dari nilai rata-rata adalah jumlah nilai dibagi dengan banyak bilangan. Berdasarkan soal tersebut, maka: 
5 + 6 + 10 + 4 + 5 + 6 = 36
36 : 6 = 6

Jawaban a 

Demikian latihan soal SKB CPNS 2019 tentang Jabatan Pengelola Data yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan, saran, dan kritik akibat kekeliruan kami dapat disampaikan di kolom komentar, terima kasih.
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes CPNS Terbaru
Daftar Isi - Informasi dan Latihan Soal Lengkap Tes P3K Terbaru
  Channel Telegram Seleksi P3K dan CPNS Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar